√ 5 Teknologi Dinilai Mampu Menangani Wabah Virus Corona

5 Teknologi Dinilai Mampu Menangani Wabah Virus Corona – Akhir-akhir ini di Indonesia sedang ramai mengenai virus yang sedang menjadi pandemi di dunia yakni Virus covid-19/ Virus Corona. Lantasnya virus ini begitu cepat sekali penyebarannya dikarenakan virus ini dapat menyebar melewati kontak fisik secara langsung maupun benda mati.

Dengan demikian begitu cepat penyebarannya, tak hanya itu saja di Indonesia kini sudah mulai banyak yang positif corona. Banyak di berbagai macam provinsi yang sudah mulai positif, maupun beberapa pasien mulai dari ODP ataupun PDP.

Hingga saat ini masih belum jelas mengenai obat maupun vaksin dari virus yang menjadi pandemi di dunia ini. Namun kini ada berita bagus dimana pemerintah amerika serikat beberapa perusahaan teknologi seperti facebook, google, bahkan hingga amazon untuk membahas mengenai solusi mengatasi virus covid-19 tersebut.

Bahkan di China sendiri , perusahaan raksasa seperti Huawei dan Xiaomi turut juga membantu mengatasi permasalahan virus ini. Bahkan tingkat kematian di setiap negara pun berbeda-beda. Saat ini pun sedang gencar-gencarnya gerakan sosial distancing, dimana jangan keluar rumah dahulu atau dengan kata lain stay at home saja.

Menurut GlobalData Disruptor Intelligence Center seperti dilansir dari katadata.co.id, terdapat 5 teknologi yang bisa digunakan untuk mengantisipasi penyebaran dari virus Corona ini. Yakni mulai dari analitik wabah, robot sterilisasi, pemrosesan klaim, pengiriman lewat udara, dan robot percakapan(chatbot).

Teknologi Yang Dinilai Mampu Menangani Wabah Virus Corona

1. Sistem AI (Artificial Intelligence)

Artificial Intelligence

Untuk perannya sendiri mulai dari analitik wabah, dimana itu menggunakan sistem AI atau kecerdasan buatan untuk mengidentifikasi mengenai pandemi virus corona ini serta untuk mengetahui sifat penyebaran virus corona ini.

Berikutnya sistem Ai ini mengumpulkan berbagai macam data seperti mulai dari laporan dari berita yang terpercaya, platform media sosial yang dianggap patut diacungi jempol guna memprediksi wabah ataupun pandemi virus corona tersebut.

2. Robot Sterilisasi

Berikutnya ada robot sterilisasi, sebenarnya ini juga digunakan di beberapa rumah sakit. Hal ini untuk menghindarkan dari tangan ataupun campur tangan manusia, yang terkadang masih membawa bakteri ataupun virus.

Apabila terdapat seorang pasien yang hendak dipindahkan ataupun dikarantina, maka tidak perlu campur tangan manusia dengan adanya robot sterilisasi ini dapat mensterilkan virus. Dan pengembang robot medis asal China, TMirob sudah mengerahkan 10 robot disinfeksi di rumah sakit besar di Wuhan.

3. Pemrosesan Klaim

blockchain

Berikutnya mengenai claims processing yang dimana ini menggunakan blockchain. Wow pastinya para pemain bitcoin, tidak asing lagi bukan dengan istilah blockchain. Dimana ini mampu mengurangi kontak langsung pada saat wabah pandemi virus corona yang sangat mudah sekali menularnya.

Baca Juga :

4. Pengirimpan Lewat Udara

Pesawat tanpa awak atau biasa disebut dengan drone memang saat ini memiliki banyak sekali manfaat. Mulai dari membantu mengirimkan kebutuhan medis rumah sakit dan membantu juga dalam mengirimkan barang, sehingga ini mampu mengurangi kontak langsung dan memiliki manfaat meminimalisir penyebaran virus corona.

Bahkan di Jogja, Drone digunakan untuk membantu menyemprotkan desinfektan, agar banyak wilayah yang sekira terhinggapi corona, bisa dibasmi menggunakan Drone dengan mudah.

5. Chatbot

Teknologi Yang Dinilai Mampu Menangani Wabah Virus Corona

Teknologi yang terakhir dimana mampu menangani wabah penyebaran virus corona yakni ada chatbot. Baidu dan Tencent juga sudah berhasil membuat platorm konsultasi dokter yang sangat luar biasa sekali. Serta platform tersebut tentu saja berbasis online.

Bahkan pihak Huawei menggunakan cloud untuk mengetahui susunan genetik dari biang kerok virus corona tersebut. Chatbot ini digunakan untuk menyaring informasi asli dan hoax mengenai virus corona. Jadi, jika ada berita hoax, chatbot ini bisa memfilternya.

Jadi itulah kira kira beberapa teknologi yang mampu menangani virus corona dan tentu saja terutama lebih ke meminimalisir penyebaran dari virus corona ini. Dimana jika kita lihat di Indonesia semakin harinya jumlahnya bertambah begitu cepat.

Hal ini dikarenakan penyebaran dari virus corona yang begitu mudah juga, dengan demikian muncullah lima teknologi seperti di atas. Semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih, jika ada tambahan, anda bisa menambahkannya pada kolom komentar.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *