oleh

9 Tempat Terpanas Di Bumi, Nomor 1 Ekstrim Banget

9 Tempat Terpanas Di Bumi, Nomor 1 Ekstrim Banget – Suhu panas memang diperlukan saat tubuh kedinginan, namun jika terlalu panas, justru akan membuat kita tidak betah, tidak nyaman, dan menghindarinya. Suhu panas yang berlebihan bahkan bisa membunuh makhluk hidup.

Beberapa tahun yang lalu India memiliki suhu udara yang ekstrim, bahkan banyak nyawa melayang akibat tragedi tersebut. Banyak orang pada waktu itu melakukan segala cara agar tubuh mereka tahan terhadap panas yang amat sangat mulai dari berbekal air kemana-mana, memasang AC di sudut-sudut rumah yang memungkinkan.

Di India mungkin terjadi hanya beberapa saat, namun ada beberapa tempat yang memang memiliki temperatur panas setiap harinya, dan itu adalah faktor alam. Banyak dari tempat-tempat tersebut memiliki temperatur lebih dari 40 derajat celcius, anda mungkin bisa membayangkannya. Langsung saja berikut lokasi-lokasinya.

Tempat Terpanas Di Bumi

9. Dallol, Ethiopia – 47°C

dallol ethiopia

Tempat ini merupakan salah satu tempat terpanas yang ada di Ethiopia. Suhu di tempat ini sangat stabil dan naik turunnya pun tidak begitu besar. Temperatur di tempat ini sekitar 47 derajat celcius setiap harinya. Selain panas dari matahari, tempat ini juga memiliki panas dari dalam bumi dan berada di jalur vulkanis aktif. Anda bisa bayangkan sendiri betapa panasnya tempat ini.

8. El-Azizia, Libya – 48,8°C

el azizia libya

Pada 1922, suhu di tempat ini pernah mencapai sekitar 58 derajat celcius. Namun, 90 tahun kemudian, tepatnya pada tahun 2012, WMO (World Meteorological Organization) menyatakan bahwa angka tersebut merupakan palsu/tidak nyata.

Meskipun salah, namun suhu disini setiap harinya selalu mencapai suhu di atas 45-48 derajat celcius, dan suhu sepanas ini tidak bisa anda remehkan begitu saja. Mungkin anda tidak akan betah walau hanya beberapa menit berdiam diri di tempat ini pada siang bolong.

7. Ahvaz, Iran – 53,5°C

ahvaz iran-

Memang iran ini menjadi negara terpanas di dunia, banyak sekali tempat-tempat di Iran yang memiliki suhu ekstrim. Ahvaz merupakan sebuah kota di tengah padang pasir yang gersang. Pada umumnya, suhu disini mencapai 45 derajat celcius, dan pada suatu ketika suhu di tempat ini pernah mencapai 53,5 derajat celcius.

6. Tirat Zvi, Israel – 53,8°C

Tirat_Tzvi
Picture By Wikipedia.org

Tirat Zvi merupakan salah satu kawasan di Israel yang terletak di lembah Beit She’am, 220 meter di bawah permukaan air laut. Meskipun dekat dengan sungai jordan, namun suhu di tempat ini tidak bisa dianggap remeh. Suhu tertinggi disini pernah mencapat sekitar 53,8 derajat celcius pada tahun 1942.

5. Timbuktu, Mali – 54,5°C

timbuktu mali

Pada masa jayanya, kota ini merupakan tempat penyebaran islam dan pendidikan islam yang sangat besar di Afrika. Selain itu, kota ini sangatlah ramai, hal ini dikarenakan tempat ini terletak di jalur perdagangan gurun sahara, jadi banyak sekali orang yang singgah di tempat ini untuk beristirahat.

Namun untuk sekarang ini, kota ini terus tergerus akibat proses desertifikasi dan degradasi. Dengan keadaan seperti ini, wajar saja jika temperaturnya mencapai 54 derajat celcius. Memang panas sekali untuk ditinggali manusia.

Baca juga : Tempat Misterius Di Dunia Yang Mendapat Penjagaan Ketat Super Maksimum.

4. Kebili, Tunisia – 55°C

kebili tunisia

Tempat ini adalah sebuah oasis di tengah padang pasir Tunisia, meskipun memiliki banyak pohon kurma dan tempat berteduh, suhu disini bisa mencapai 55 derajat celcius setiap harinya dan menjadi salah satu tempat terpanas di bumi dan daratan Afrika.

3. Rub Al’ Khali, Semenanjung Arab – 56,1°C

rub al khali

Jika gurun sahara merupakan gurun terluas, semenanjung arab merupakan gurun pasir terbesar. Luasnya mencakup sepertiga dari semenanjung arab dan mencakup Saudi Arabia, Yemen, Oman, dan Uni Emirat Arab. Untuk urusan panas, tempat ini pernah memiliki suhu 56,1 derajat celcius pada siang bolong.

2. Lembah Kematian, California – 56,7°C

death valley california

Urutan ke 2 yakni lembah kematian, mendengar namanya saja mungkin sudah membuat kita takut. Mengapa tempat ini dinamakan lembah kematian?, karena banyak sekali hal mengerikan di tempat ini seperti tidak adanya kehidupan karena tempatnya yang begitu panas.

Selain itu, tempat ini merupakan tempat terkering dan terpanas di amerika utara yang memiliki suhu sekitar 50 hingga 56 derajat celcius setiap harinya. Dengan suhu seperti ini, kecil sekali kemungkinan makhluk hidup dapat bertahan. Dengan suhu yang sangat ekstrim, tempat ini dinobatkan sebagai tempat terpanas di dunia abad ke-19.

1. Gurun Lut, Iran – 70,7°C

gurun lut

Nah, ini dia tempat di bumi yang memiliki suhu paling ekstrim dan merupakan gurun terpanas di dunia. Selain panas, iklim di sini juga sangat kering. Pada tahun 2005, pengukuran suhu dilakukan menggunakan satelit dan saat itu, gurun lut ini memiliki suhu sekitar 70 an derajat celcius.

Jangankan manusia, binatang sekecil bakteri pun musnah akibat panasnya suhu di gurun lut saat itu. Sebuah eksperimen dilakukan dengan menempatkan sebotol susu yang di dalamnya terdapat bakteri, selang beberapa jam, ternyata susu tersebut masih segar, ini menandakan bakteri tersebut mati dan tidak melakukan pembusukan pada susu.

Sebenarnya masih banyak tempat terpanas di bumi, seperti Ghadames di Libya, Wadi Halfa di Sudan, dan lainnya. Mungkin di Indonesia juga banyak sekali tempat yang panas, mengetahui letak Indonesia yang berada di jalur khatulistiwa. Anda bisa menambahkannya pada kolom komentar, sekian dan semoga bisa menghibur anda semua.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *