10 Tips Membeli HP Android Baru dan Bekas Berkualitas

Kayeols

10 Tips Membeli HP Android Baru dan Bekas Berkualitas – Sebelum ingin membeli hp, pasti kita kebingungan membeli smartphone yang seperti apa dan merk apa. Baik itu ketika kita membeli hp baru ataupun bekas. Untuk saat ini sudah cukup banyak perusahaan besar memproduksi berbagai macam jenis smartphone.

Mereka seakan-akan berlomba mencari pengguna smartphone merk mereka sebanyak-banyaknya. Bisa kita lihat sekarang ini, mungkin kita baru membeli hp merk ini tipe ini, selang beberapa minggu sudah keluar lagi tipe yang baru. Selain itu, ponsel bekas juga banyak peminatnya karena harganya yang murah.

Karena banyaknya peredaran ponsel android, pada artikel ini saya akan menerangkan beberapa tips yang wajib anda ketahui untuk membeli ponsel android baru maupun bekas, baca sampai selesai!

Tips Membeli HP Android Baru dan Bekas

1. Processor

Processor atau biasa disebut dengan CPU merupakan otak sebuah smartphone. Untuk saat ini sudah banyak merk hp yang memiliki processor bagus. Apabila processor hp kalian bagus maka kinerja hp anda menjadi semakin cepat atau tidak lelet.

Baca Juga:  √ Cara Membuat Avatar Di Facebook Dengan Mudah Dan Cepat

Untuk memilih processor pilihlah merk yang sudah terkenal seperti Qualcomm Snapdragon, Exynos, MediaTek. Semakin banyak core sebuah Processor, maka kinerja ponsel bisa semakin cepat.

Baik untuk ponsel baru maupun bekas, sebelum membelinya anda wajib mengecek processor. Jika ponsel bekas, anda bisa mengunduh aplikasi CPU-Z untuk melakukan pengecekan.

2. RAM

RAM atau Random Access Memory berfungsi untuk menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan. Apabila kita membuka aplikasi terlalu banyak maka memory ram juga harus besar. Apabila kita memiliki RAM yang cukup besar maka kita tidak khawatir ketika membuka aplikasi dan smartphone kita lancar tidak akan lemot.

RAM juga merupakan hal yang harus kita perhatikan sebelum membeli smartphone. Tips untuk memilihnya adalah pilihlah kapasitas yang besar minimal ya 1 GB lebih besar lebih mantap, Pilih jenis RAM terbaru seperti LPDDR2, LPDDR3, LPDDR4, terakhir pilih RAM yang frekuensinya tinggi.

Sekarang ini, banyak ponsel baru dengan RAM besar dan murah. Sebelum membelinya, anda bisa memeriksa berapa GB RAM ponsel tersebut. Untuk ponsel bekas, anda juga bisa mengeceknya melalui aplikasi CPU-Z.

3. GPU

General Processing Unit berfungsi sebagai pemrosesan grafis maksudnya apabila grafisnya tinggi maka ketika kita menonton film atau main game tidak ngelag. Semakin tinggi sebuah GPU, maka gambar yang dihasilkan juga akan semakin jernih.

Baca Juga:  √ Cara Cek Denda Tilang Elektronik dan Pembayarannya

4. Layar

layar ponsel

Pemilihan layar dalam membeli ponsel ini sangat penting, karena kerusakan pada layar sering terjadi baik untuk pembelian ponsel baru maupun bekas.

Terutama ponsel bekas, jangan mudah ditipu mereka yang berkata layar ponselnya mulus, tidak ada minus. Cek secara detail, karena kerusakan setitik dot saja di layar, bisa semakin melebar seiring berjalannya waktu.

Lebih baik anda membeli ponsel baru yang memang sudah terjamin, meskipun harganya lebih mahal.

5. Penyimpanan Internal

Sesuaikan pemilihan memori internal dengan aktivitas dan budget yang anda miliki. Jika anda suka mengoleksi file-file dengan ukuran yang besar, maka pilih hp dengan penyimpanan internal yang besar.

Untuk anda yang tidak suka menyimpan file-file di ponsel, saya rasa ponsel dengan penyimpanan internal yang tidak terlalu besar cocok bagi anda.

6. Sistem Operasi

Pemilihan sistem operasi juga sangat penting, semakin tinggi OS sebuah ponsel android, maka akan semakin bagus. Anda bisa memilih ponsel-ponsel keluaran baru yang selalu update OS nya.

Bagi anda yang membeli ponsel bekas, beli ponsel dengan OS yang tidak jauh berbeda OS nya dengan ponsel-ponsel keluaran baru.

Baca Juga:  3 Cara Mengatasi Subtitle Video Tidak Muncul Di Laptop

7. Kamera

kamera ponsel

Bagi anda yang suka selfie, memilih kamera tidak bisa dianggap sebelah mata. Apalagi jika budget anda besar, anda bisa membeli ponsel dengan kamera yang bagus.

Untuk ponsel bekas, sebelum deal melakukan pembelian, cek kamera ponsel tersebut terlebih dahulu. Jika ada kerusakan pada kamera, lebih baik jangan beli.

8. Baterai

Ponsel baru sudah pasti memiliki daya baterai yang bagus, namun untuk hp second, sebelum membeli, cek terlebih dahulu apakah baterainya cepat ngedrop atau masih normal.

Apalagi jika baterai tersebut model tanam atau non-removable, anda harus sangat berhati-hati, jangan sampai anda tertipu.

9. Jaringan

Fitur yang satu ini juga sangatlah penting karena sekarang sudah tidak zaman lagi menggunakan ponsel dengan jaringan 3G/H+ sekarang sudah zamannya 4G LTE dan 5G.

Pastikan sebelum memilih ponsel yang ingin anda beli, lihat spesifikasi ponsel apakah sudah support jaringan 4G dan 5G atau belum.

10. Desain

Memang tidak terlalu penting ya, namun sebagian orang juga memilih bentuk ponsel dari desainnya yang kokoh, tahan banting, dan lainnya.

Jika anda seorang yang mementingkan desain ponsel, lebih baik beli ponsel dengan desain yang anda sukai.

Jadi itulah beberapa tips membeli hp android yang bisa anda jadikan bahan referensi sebelum melakukan pembelian. Ingat, selalu teliti dalam membeli ponsel, terutama ponsel bekas.

Bagikan:

Tags

Kayeols

Usaha dan Berdoa itu Sangat Penting, Berjuanglah Sekuat Tenaga, Niscaya Perjuanganmu akan membuahkan Hasil Yang Manis.

19 pemikiran pada “10 Tips Membeli HP Android Baru dan Bekas Berkualitas”

  1. thanks gan buat tipsnya, sangat bermanfaat ni kalo mau beli hp baru

  2. Nah ini nih yang saya cari. Makasih mas informasinya. Jadi tidak salah beli

  3. Terimakasih info bermanfaat sekali, saya juga lagi mau beli smartphone eh ketemu tips nya.
    makasih gan

  4. kalo saya suka ngeliat dari RAM nya, biar bisa menjalankan aplikasi lebih lancar dan download lebih banyak

  5. Sangat bermanfaat informasinya gan, bisa pakai perbandingan juga, lebih dominan ke Ram hehe

  6. sekarang memang banyak sekali yg sepesifikasinya tingga + harga mirah tp barang belum tentu kualitasnya, jadi harap hati” dengan barang murahan

  7. wah makasih gan infonya jadi tau mana kebutuhan yang cocok buat aku

  8. Wah gak sembarang juga ya , kalo ane beli hp asal liat spek ram doang kalo yang lainnya kaga hehe

  9. Banyak juga yah gan yang harus diperhatikan sebelum membeli Handpone yach gan tapi semua tetap tergantung kocek juga gan.

Tinggalkan komentar