7 Home Industri Makanan Ringan Yang Populer Dan Menguntungkan

7 Home Industri Makanan Ringan Yang Populer Dan Menguntungkan – Banyak orang mengatakan mencari pekerjaan di era modern seperti ini susah. Persaingan yang tidak sehat dilakukan demi mendapatkan pekerjaan, maka dari itulah banyak warga Indonesia yang menganggur, bahkan yang memiliki title sarjana.

Akibat dari hal tersebut, banyak sekali warga Indonesia yang membuat terobosan usaha baru untuk menyambung hidup, dampaknya sekarang bisa dirasakan banyak sekali jenis usaha yang bertebaran baik usaha jenis lama maupun baru. Salah satu contoh usaha yang populer tersebut yakni industri rumahan (home industri).

Seperti namanya, usaha ini bisa dilakukan di rumah. Mengapa orang banyak yang memilih usaha ini?, karena usaha ini bisa dilakukan di rumah sendiri dan modal untuk memulai usaha ini tidaklah besar. Tergantung home industri apa yang anda ambil, jika modal anda pas-pasan, anda bisa memulai usaha rumahan makanan ringan.

Kelebihan lainnya dari home industri ini pemasarannya yang mudah melalui penitipan di toko, kios, warung kopi, tempat lesehan dan melalui media sosial. Untuk jenis home industri dengan modal kecil, anda bisa memulainya dengan home industri makanan ringan, berikut daftar usaha rumahan makanan ringan.

Home Industri Makanan Ringan

1. Keripik Pisang Manis

keripik pisang

Untuk memulai home industri keripik pisang, modal yang anda keluarkan tidaklah banyak karena bahan dan cara pembuatannya yang mudah. Hanya bermodalkan uang kurang lebih 200 ribu rupiah anda sudah bisa memulai usaha ini. Cara pembuatan keripik pisang yakni sebagai berikut :

  • Iris tipis pisang menjadi beberapa bagian, anda bisa menggunakan jenis pisang apapun. Usahakan pisang yang masih mentah.
  • Setelah itu cuci irisan pisang dengan air bersih, kemudian campurkan kapur sirih 1 sendok teh dan aduk hingga rata. Tunggu sekitar 1 jam.
  • Lalu tiriskan pisang dan siapkan wadah lain yang berisi gula sekitar 1 sendok makan. Campurkan irisan pisang dengan gula dan aduk hingga rata.
  • Setelah itu anda bisa menggoreng irisan pisang tersebut, tunggu minyak sampai panas dan goreng dengan api yang sedang.
  • Goreng pisang sampai keras seperti keripik, setelah itu tiriskan pisang.

2. Keripik Singkong

Hampir di semua toko seperti indomaret dan toko modern lainnya selalu ada olahan makanan ini. Bahan yang mudah didapat, murah meriah, serta pengolahannya yang mudah membuat banyak orang ingin mencoba jenis usaha ini. Untuk memulai usaha ini pun tidak membutuhkan modal yang besar.

Harga singkong per kilonya mungkin tidak sampai 5000 rupiah, belum lagi bumbu seperti garam dan bawang putih serta minyak dan plastik. Minimal dengan modal 100 ribuan anda sudah bisa memulai usaha ini dan mendapatkan untung yang besar. Anda bisa menjualnya di toko anda sendiri atau menitipkannya di tempat lain.

3. Usus Crispy

keripik usus

Usus merupakan salah satu jeroan ayam yang bisa dimanfaatkan menjadi banyak hal. Biasanya usus sering diolah menjadi sate usus, namun usus juga bisa digunakan menjadi keripik usus atau biasa kita sebut usus crispy. Untuk modalnya pun terbilang lumayan, harga usus sekarang juga semakin mahal.

Untuk mencoba home industri makanan ringan usus crispy, anda bisa memulainya dengan membuat sekitar beberapa bungkus usus, misalnya 1 kg usus. Selain itu anda juga butuh terigu, tepung beras, telur, dan bumbu seperti bawang putih dan kemiri serta minyak goreng dan plastik.

4. Peyek Kacang

Pernah makan nasi pecel?, ya saya rasa anda para pembaca setia dewa ilmu pernah makan nasi pecel. Ada satu makanan ringan yang biasanya tidak luput dari nasi pecel, yakni peyek. Makanan ini sering kita jumpai di warung makan dan digunakan sebagai camilan dan pengganti kerupuk.

Cara pembuatan peyek kacang juga sangat mudah, anda hanya perlu mencampurkan komposisi seperti tepung beras, kuning telur, santan, kacang, dan beberapa lembar daun jeruk. Anda juga bisa menambahkan bumbu pada adonan rempeyek menggunakan bawang putih, kemiri, maupun bawang merah.

5. Makaroni

makaroni

Makaroni sering dijumpai dalam berbagai versi, namun kita lebih sering menjumpai makanan ini dalam bentuk snack pedas. Sama seperti peyek kacang, biasanya makanan ini digunakan sebagai camilan di waktu luang dan juga bisa digunakan sebagai pengganti kerupuk.

Untuk membuat makanan ringan ini mudah sekali karena anda tidak perlu membuat makaroni nya. Anda bisa membeli makaroni mentah di pedagang pasar yang biasanya juga menjual aneka kerupuk. Cara pembuatannya yakni digoreng dengan minyak goreng ber api kecil, setelah itu anda bisa menambahkan bumbu sendiri.

6. Tahu Crispy

Mungkin anda tidak asing dengan makanan ringan yang satu ini, saya sering menjumpai makanan ringanĀ  ini dijual di sekolahan dan tempat-tempat umum lainnya. Jajanan ini sangat laris karena rasanya yang gurih dan bisa dicampur dengan berbagai macam bumbu bubuk seperti balado, ayam panggang, dan masih banyak lagi.

Untuk membuatnya sangat mudah dan tidak dibutuhkan banyak modal, anda cukup menyediakan tahu dan bahan lainnya seperti tepung tapioka, maizena, tepung beras dan bumbu seperti bawang putih, ketumbar, garam, cabai, serta air secukupnya. Berikut cara pembuatannya :

  • Haluskan bumbu bawang putih dan ketumbar, kemudian tambahkan air secukupnya.
  • Masukkan tahu yang telah dipotong kotak-kotak dalam bumbu tersebut, diamkan minimal 30 menit agar bumbu meresap.
  • Siapkan wadah lain dan campurkan tepung tapioka, maizena, dan tepung beras menjadi satu.
  • Masukkan potongan tahu ke campuran tepung tadi hingga semua bagian tahu tertutupi tepung dan tunggu sekitar 5 menit.
  • Sambil menunggu, anda bisa memanaskan minyak goreng. Setelah panas, anda bisa memasukkan tahu tersebut.
  • Tunggu sampai matang kemudian tiriskan. Selesai, tahu crispy siap dikemas.

7. Jamur Crispy

jamur crispy

Home industri terakhir yakni jamur crispy, mungkin tidak sepopuler makanan lainnya, namun usaha ini wajib anda coba. Salah satu hal yang membuat banyak orang tidak menyukai usaha ini yakni harga jamur yang mahal, harga bahannya yang mahal juga sebanding dengan rasanya yang enak.

Untuk memulai usaha ini, anda bisa menyiapkan sekitar 250 ribuan. Mungkin untuk pengeluaran terbanyak akan anda gunakan untuk membeli jamur. Bahan lainnya seperti tepung terigu, tapioka, dan tepung beras. Dan bumbu seperti bawang putih, garam, dan kemiri.

Baca Juga Bisnis UKM Yang Menjanjikan Dengan Modal Pas-Pasan Untung Jutaan.

Sebenarnya banyak sekali home industri yang bisa dilakukan, namun banyak sekali faktor yang membuat pihak yang menangguhkan niatannya membuka home industri. Untuk saya sendiri sebagai penulis, faktor yang menyebabkan saya tidak bisa membuka home industri karena rumah saya yang kecil (tidak cukup).

Mungkin anda pembaca setia dewa ilmu memiliki alasan sendiri. Oke, sekian artikel mengenai home industri makanan ringan modal kecil yang menjanjikan dan populer untuk masyarakat menengah ke bawah. Terima kasih kunjungan anda dan jangan lupa berkunjung kembali.

Add Comment

UA-101858990-1
error: Content is protected !!