Tips Memilih Warna Logo Bisnis Yang Tepat Untuk Jangka Panjang

Kayeols

Tips Memilih Warna Logo Bisnis Yang Tepat Untuk Jangka Panjang – Logo merupakan komponen terpenting dalam sebuah branding. Sebab logo merupakan identitas sebuah produk. Logo akan memberikan persepsi bagi siapa saja yang melihatnya, misalnya saja seperti facebook, apple, windows, adidas, Samsung, dan berbagai logo lainnya yang akan menjelaskan sekilas produk apakah itu bagi yang meihatnya.

Terdapat dua komponen utama dalam sebuah logo, yaitu pada bentuk dan warna. Kedua komponen ini menjadi ciri khas dan memiliki makna tersendiri untuk menjelaskan sebuah brand. Oleh karenanya memilih bentuk logo harus tepat agar mudah dipahami namun juga tetap elegan dengan perpaduan warna yang ditampilkan.

Pentingnya menentukan bentuk dan warna ini juga tak kalah penting dengan memahami tips memilih warna logo agar menarik perhatian. Dalam membuat logo pemilihan warna memang tidak bisa dipilih sesuka hati. Pemilihan warna logo harus sesuai dengan produk.

Dari penelitian yang pernah dilakukan menyebutkan bahwa warna sangat mempengaruhi anggapan psikologis manusia. Bahkan hasil penelitian lain juga menyimpulkan bahwa setiap warna memiliki ciri dan emosi tersendiri. Berikut penjelasan mengenai tips memilih warna logo agar logo yang Anda buat maksimal.

Tips Memilih Warna Logo

1. Tips Memilih Warna Logo Dengan Memperhatikan Calon Pembeli

Dalam menentukan warna logo Anda juga harus jeli melihat siapa yang akan menjadi sasaran produk Anda. Perhatikan siapa calon pembeli Anda, apakah dari golongan usia remaja, tua, wanita, pria dan lain-lain. pilihlah warna yang cocok bagi calon pembeli Anda. Misalnya jika produk ditujukan untuk kalangan tua maka memilih warna yang mencolok tentu kurang tepat. Maka agar lebih mudah dan fleksibel Anda bisa memilih warna yang cocok semua kalangan.

Baca Juga:  Tips Menggunakan Media Sosial Untuk Hal Bermanfaat Bagi Para Millenial

2. Perhatikan Konteks Kultur Target Pasar

target pasar

Tips memilih warna logo selanjtnya yaitu perhatikan konteks kultur target konsumen Anda. Setiap wilayah atau negara memiliki kultur atau budaya tersendiri dalam memaknai sesuatu, termasuk warna. Jangan sampai logo produk Anda menyalahi kultur dimana Anda ingin memasarkan produk tersebut.

Misalnya saja, di negara Jepang warna pink terang berkaitan dengan pornografi. Oleh karenanya hindari penggunaan warna pink untuk sebuah logo perusahaan atau produk-produk seperti makanan, pakaian, sepatu, dan lain-lain.

3. Padukan Warna Agar Terlihat Menarik Dan Unik

Memang benar, sebagian besar logo hanya menggunakan satu warna seperti Facebook, Twitter, Skype, Adidas, dan lain-lain. Namun agar berbeda dengan yang lain Anda juga bisa memadukannya dengan beberapa warna lain. Sebut saja Instagram, logo instagram memili perpaduan warna yang menarik. Perpaduan warna ini membuatnya berbeda dari kebanyakan media sosial yang lain.

Baca Juga : Tips Menggunakan Media Sosial Untuk Hal Yang Bermanfaat.

4. Pilih Warna Yang Sesuai Dan Tidak Mencolok

Tips memilih warna logo yang terakhir yaitu jangan pilih perpaduan warna yang mencolok. Warna yang mencolok memang bisa mengundang perhatian sendiri, namun logo dengan warna yang mencolok juga kurang enak dilihat. Maka memadukan warna yang sesuai juga harus diperhtikan dengan baik.

Baca Juga:  Smartphone Terbaik Untuk Nonton Youtube, Kuat Hingga Ber Jam - Jam!

Jangan sampai perpaduan atau pemilihan warna menjadi norak dan justru tidak menarik konsumen. Pemilihan warna yang tepat dan sesuai juga bisa Anda lakukan dengan menentukan warna yang sesuai dengan psikis dan emosi almi manusia. Beberapa makna warna berikut bisa Anda pertimbangkan sebelum menentukan warna yang sesuai dengan logo Anda.

Makna Warna Berdasarkan Emosi Alami Manusia

emosi manusia

Tips Memilih Warna Logo Merah

Warna merah menggambarkan emosi cinta, kemarahan, sensualitas, passion dan intensitas. Merah merupakan warna yang sering digunakan pada logo karena memiliki banyak emosi yang menimbulkan intensitas. Warna ini dipercaya mampu membangkitkan gairah apapun.

Misalnya saja banyak sekali logo makanan maupun restoran yang menggunakan warna merah untuk menghiasi ruangan mereka. Warna merah sangat populer digunakan pada produk-produk seperti makanan, kendaraan, pakaian dan teknologi. Sebagai catatan jangan gunakan warna ini untuk property dan kesehatan.

Tips Memilih Warna Logo Ungu

warna ungu

Secara psikologis warna ungu termasuk warna yang dingin. Warna ini menggambarkan kecanggihan namun misterius. Banyak orang juga menggambarkan warna ini dengan kerajaan, spiritualitas, nostalgia, dan misteri. Ungu biasanya digunakan untuk produk-produk teknologi, keuangan, perhiasan, dan lain-lain. Salah satu tips memilih warna logo yang bisa Anda lakukan yaitu dengan menghindari penggunaan warna ini pada makanan dan kesehatan.

Biru

Biru termasuk warna yang cukup populer digunakan pada sebuah brand terkenal. Sebab warna ini adalah warna yang mudah diingat karena menggambarkan langit dan laut. Biru menggambarkan sifat terpercaya, sejuk, tenang, aman, dan ramah. Sama seperti warna ungu, biru juga termasuk dalam kategori warna yang dingin. Warna ini juga cocok untuk brand seperti penerbangan, teknologi, media sosial, elekronik, kesehatan, dan lain-lain.

Baca Juga:  Cara Login WA Dengan Nomor Yang Sudah Tidak Aktif Lagi

Hijau

tips memilih warna logo hijau

Warna hijau sering diidentikan dengan ketenangan, kesegaran, kecantikan, herbal dan kesehatan. Begitu pula warna ini dapat dibagi menjadi dua, yaitu hijau muda dan hijau tua. Warna hijau tua lebih mengambarkan kemakmuran, sementara hijau muda menggambarkan ketenangan. Warna ini juga bisa digunakan pada logo produk seperti kesehatan, kecantikan, teknologi, penerbangan makanan, agrikultur dan lain-lain.

Kuning

Kuning merupakan warna yang sering kita jumpai. Warna ini selain identic dengan matahari yang cerah juga menggambarkan kreatifitas, energy, ceria dan kehangatan. Motivasi juga ada pada warna ini. Penggunaan warna ini biasanya digunakann untuk logo dengan brand energy, makanan, media sosial, kendaraan dan lain-lain.

Hitam

warna hitam

Sama sepeti ungu, hitam juga menggambarkan misterius. Namun hitam banyak disukai karena dianggap netral, abadi namun elegan. Warna hitam juga sering dikaitkan dengan produk-produk mahal dan mewah. Warna ini juga bisa Anda gunakan untuk brand seperti teknologi, kendaraan, sepatu, tas dan lain-lain. Perlu diperhatikan juga bahwa warna ini tidak cocok untuk kesehatan, agrikultur, dan makanan.

Putih

Putih merupakan warna yang netral, sama seperti hitam. Warna ini merepresentasikan kemurnian karena warna ini berkaitan dengan air dan awan. Warna putih juga berkaitan dengan kebersihan seperti seragam dan kebanyakan warna yang ada di lingkungan kesehatan seperti rumah sakit dan puskesmas. Putih menjadi warna yang cocok untuk brand kesehatan dan pakaian. Namun kurang cocok digunakan untuk makanan, teknologi, dan kendaraan.

Itulah ulasan mengenai tips memilih warna logo yang telah kami berikan. Sebelum membuat logo memang sudah semsetinya untuk menyesuaikan warna yang ingin ditampilkan dengan makna di dalamnya. Jangan sampai logo yang dibuat malah menjadi norak dan tidak menarik perhatian sama sekali. Selain mempertimbangkan makna warnanya, logo juga harus memiliki makna di dalamnya. Semoga informasi ini bermanfaat. Selamat mencoba.

Bagikan:

Tags

Kayeols

Usaha dan Berdoa itu Sangat Penting, Berjuanglah Sekuat Tenaga, Niscaya Perjuanganmu akan membuahkan Hasil Yang Manis.

Tinggalkan komentar