8 Ciri Ciri Online Shop Penipu Atau Palsu, Ketahui Dari Sekarang!!!

Ciri Ciri Online Shop Penipu Atau Palsu, Ketahui Dari Sekarang!!! – Online shop atau toko online bukanlah suatu yang wah, karena saat ini semakin harinya online shop semakin menjamur dan berkembang. Banyak sekali produk-produk yang dijual di online shop seperti baju, tas, sepatu, dan masih banyak lagi. Mungkin diantara anda ada yang ingin berbelanja di online shop untuk pertama kalinya?.

Sebelum belanja, anda perlu mengetahui ciri-ciri online shop palsu ataupun penipuan. Agar nantinya anda tidak tertipu ataupun mengalami kerugian yang tidak diinginkan. Memang sih beli online dan barang tiba tiba sudah sampai rumah sangat menyenangkan. Disitu kita tidak capek berbelanja, hanya sekedar mengoperasikan hp saja bisa membeli barang keinginan kita.

Namun disisi itu tidak semua penjual ataupun pemilik online shop selalu memberikan service yang baik. Akan tetapi sering ditemukan juga online shop yang palsu. Entah itu barangnya tidak sesuai dengan aslinya padahal harganya itu mahal, ada juga yang status pengiriman tidak pernah sampai. Pasti anda tidak mau mengalami hal tersebut.

Maka dari itu, disini anda harus mengerti beberapa ciri mengenai online shop palsu agar anda tidak menyesal di kemudian hari. Langsung saja simak penjelasan berikut ini.

Ciri-Ciri Online Shop Penipu

1. Memiliki Followers Banyak Akan Tetapi Tidak Ada Yang Aktif

Ciri-ciri online shop yang palsu untuk poin pertama ada akun instagram online shop yang memiliki followers cukup banyak. Bisa dibilang itu puluhan ribu akan tetapi di setiap postingan ataupun unggahan foto tidak ada yang komentar sama sekali. Tentu saja ini sangat mencurigakan, jangan jangan hanya followers bot atau menggunakan auto followers. So kalian perlu mengetahui ini.

Untuk mengetesnya apakah followers tersebut bot atau bukan, lihat jumlah like dan komentar pada setiap statusnya. Jika komentar dan likenya sedikit, bisa dipastikan itu adalah online shop abal-abal.

2. Komentar Dinonaktifkan

ciri ciri online shop palsu - komentar dinonaktifkan

Ciri-ciri berikutnya yang begitu pekat dengan online shop abal abal yakni dinonaktifkannya setiap komentar di postingan. Hal ini tentu saja untuk mengurangi para pelanggan baru ataupun konsumen untuk berkomentar. Agar pembeli baru yang ingin beli, langsung kontak gmail ataupun lewat direct message. Jika sudah begini maka si penipu tersebut lebih mudah untuk menipu anda.

3. Ciri Ciri Online Shop Penipu – Tidak Ada Bukti Transfer (Testimoni)

Memang untuk membuat konsumen percaya, harus ada sebuah testimoni seperti bukti transfer, bukti barang sampai, dan sejenisnya. Untuk bukti transfer sih memang wajib, meskipun disensor, setidaknya yang disensor adalah nomor rekening saja, untuk namanya tidak perlu disensor.

Hubungkan juga dengan chat, apabila sebelumnya konsumen melakukan pemesanan via chat, misalnya wa, cantumkan juga chat wa agar percaya. Namun jika semua itu tidak ada, jangan sekali sekali mencoba berbelanja di online shop tersebut.

Baca Juga :

4. Menggunakan Testimoni Dan Bukti Transfer Palsu

komentar lebay

Perlu anda ketahui bahwa kedua hal tersebut sangat mudah sekali untuk ditiru, mengingat dunia pereditan sangat maju, hal semacam itu sangat bisa sekali dimanipulasi. Maka dari itu anda harus benar benar memperhatikan semua poin yang ada di atas, karena jika hanya mengandalkan kedua ini anda bisa saja ketipu oleh para penipu yang pro ini.

Jadi sebisa mungkin jangan gegabah untuk membeli barang, walaupun harganya miring ataupun lainnya. Untuk membuat calon pembeli percaya, cantumkan juga chat wa agar lebih terpercaya di mata pelanggan.

5. Harga Lebih Murah Dari Harga Aslinya

Pasti anda pernah melihat postingan online shop handphone, misalnya harga iphone yang aslinya 10 juta, di online shop A harganya 2 jutaan, ini perlu dipertanyakan, jangan-jangan online shop tersebut palsu. Untuk mengatasi hal tersebut, cobalah untuk menanyakan kepada semua member yang mengenal online shop tersebut, apakah olshop tersebut terpercaya atau tidak.

6. Tidak Mempunyai Alamat Toko Yang Jelas

lokasi palsu

Untuk olshop asli, kebanyakan mencantumkan alamat toko, agar nanti kalau calon pembeli ingin membeli langsung, maka langsung bisa datang ke tempatnya. Nah, untuk olshop palsu, biasanya tidak ada alamat yang jelas, atau jika ditanya mengenai lokasi toko, maka tidak akan berterus terang, dan akan dialihkan ke pembicaraan lain.

7. Tidak Mau Melakukan VideoCall

Nah, jika memang penjual serius menjual, maka ia berani mengangkat video call calon pembeli. Tetaoi jika sudah mencoba melakukan video call tapi tidak diangkat, saya saranin mundur deh dari olshop tersebut. Bisa-bisa uang anda melayang tanpa jejak.

8. Tanya Kepada Teman

tanya teman

Untuk ciri-ciri yang terakhir silahkan tanya-tanya kepada teman. Siapa tahu teman anda memiliki informasi yang luas dan sering melakukan transaksi jual beli di dunia maya. Tanya apakah toko online A atau online shop B ini kira kira terpercaya atau tidak.

Jika anda memang ragu untuk belanja di online shop yang tidak memiliki nama, berikut beberapa daftar online shop/toko jual beli online terpercaya :

  • Bukalapak
  • Shopee
  • JD id
  • Tokopedia
  • Blibli

Jadi itulah mengenai ciri ciri online shop yang palsu ataupun suka menipu. Saya rekomendasikan untuk anda yang ingin berbelanja dimana online shop tersebut sering banget diendorse oleh selebgram. Atau anda bisa melihat banyaknya sedikit komentar serta testimoni yang ada.

Namun kalau admin sendiri lebih mengutamakan ke komentarnya, dan keaktifan admin ig si pemilik online shop tersebut. Semoga bermanfaat untuk anda yang suka belanja di online shop. Sekian dan terima kasih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *