oleh

4 Penyebab Laptop Tidak Mau Menyala Dan Cara Mengatasinya

4 Penyebab Laptop Tidak Mau Menyala Dan Cara Mengatasinya – Teman teman IT tentu punya permasalahan yang seringkali muncul dikala kita sedang memperbaiki komputer/laptop ataupun ketika kita merakitnya. Permasalahan itu juga yang membuat pekerjaan kita yang semula berjalan mulus akhirnya sedikit terhambat. Tapi perlu diperhatikan juga, tentu semua permasalahan yang muncul pasti akan dapat terselesaikan.

Berbicara tentang permasalahan pada komputer, pastinya akan beraneka ragam masalah yang bermunculan. Apalagi yang kita ketahui bahwa laptop memiliki komponen yang tidak sedikit. Pasti akan rumit jika kita tidak mengetahui apa saja penyebab komponen tersebut bermasalah, dan seterusnya.

Nah, pada artikel kali ini Dewailmu membagikan beberapa referensi tentang penyebab laptop tidak bisa menyala dan cara mengatasinya. Oh iya, sebelum kita membahas lebih jauh, pastikan terlebih dahulu untuk membedakan antara komputer/laptop lama dengan komputer/laptop yang baru.

Pasalnya, komponen yang terpasang jika bermasalah itu tentu akan berbeda cara mengatasinya. Dan penyebab nya pun bisa berbeda, entah itu karena usia dari komponen tersebut atau karena hal lain yang sekiranya bisa langsung diatasi tanpa mengganti komponen tersebut. Itulah maksud mengapa disarankan untuk membedakan antara laptop baru dengan laptop lama.

Penyebab Laptop Tidak Mau Menyala

1. Rusaknya Motherboard

Nah, kalau yang pertama ini tentu bisa dibilang komponen penentu apakah laptop tersebut bisa menyala atau tidaknya. Mengapa demikian?, karena Motherboard merupakan papan sirkuit tempat dimana semua komponen tersambung. Jadi kebayangkan betapa pentingnya peran komponen ini selain processor. Gampangnya, ini adalah inti laptop/komputer.

Untuk mengatasi kerusakan pada motherboard, kalian wajib menyediakan uang untuk mengganti komponen ini. Karena komponen ini sangat susah untuk diperbaiki tanpa mengganti. Maka dari itu, betapa pentingnya kita menjaga komponen ini agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Karena itu tadi, peran dari komponen ini tentu sangat vital sekali bagi kelangsungan hidup komputer kalian.

Baca Juga : Cara Membersihkan Cache Di Komputer Dengan Mudah.

2. Power Supply Bermasalah

power

Penyebab umum komputer tidak bisa menyala yang kedua adalah rusaknya Power Supply. Kalian mungkin sudah tidak asing lagi mendengar pentingnya komponen ini. Ya, power supply ini bisa dibilang perantara antara listrik dan komputer. Kalau komponen ini rusak, tentu kalian harus memutar otak bagaimana komponen ini bisa normal kembali.

Untuk mengatasinya, cukup kalian coba trik mengetes tegangan menggunakan kabel atau kawat. Lalu carilah kabel berwarna putih dan hijau, setelah itu sambungkan kedua kabel tersebut menggunakan kawat tadi. Jika kipas PSU tersebut menyala, hampir dipastikan power supply dalam keadaan normal, tinggal mencari komponen lain saja yang rusak.

Namun jika dengan cara tadi kondisi power supply tidak berubah sama sekali, hampir dipastikan komponen ini yang bermasalah dan bisa juga menjadi penyebab utama komputer tidak bisa menyala. Oh iya, penyebab lain yang masih berhubungan dengan power supply adalah bisa jadi antara motherboard dengan PSU ini tidak cocok satu sama lainnya. Itu juga yang membuat komputer kalian tidak bisa menyala.

3. Penyebab Laptop Tidak Mau Menyala – Perhatikan Kecocokan Komponen

Penyebab umum komputer tidak bisa menyala selanjutnya adalah kita harus memperhatikan juga apakah komponen satu cocok dengan komponen yang lain nya. Sehingga tidak menimbulkan masalah yang membuat komputer tidak bisa menyala.

Apa ini penting?, Tentu sangat penting, karena jika kita memaksakan untuk tetap memasang meski tidak cocok, itu akan berakibat komputer kalian bermasalah seperti overhead, terbakarnya komponen, dan yang paling parah tidak bisa menyala.

Maka dari itu kita harus lebih detail memperhatikan kecocokan komponen antara satu dengan yang lain. Tidak mungkin kan jika komputer dengan spek tinggi, dipasang komponen penyimpanan seperti harddisk dengan kapasitas kecil.

4. Perhatikan Juga Pemasangan Lan Card

lan card laptop

Pernah berfikir kalau Lan Card juga menjadi penyebab utama mengapa komputer tidak bisa menyala?, Untuk anak IT pasti sudah tidak kaget dengan referensi yang satu ini. Permasalahan ini biasanya terjadi dikala kita sedang merakit PC lalu mencocokan komponen yang terpisah. Untuk mengatasi nya cukup lepas Lan Card jika memang komputer tidak mau menyala, atau kalian bisa mengganti dengan Lan Card yang lain.

Ya, mungkin jika kita berbicara tentang permasalah utama mengapa komputer tidak bisa menyala, pasti banyak dan luas sekali apalagi kalau kita mencari di Google. Namun, beberapa list diatas merupakan permasalahan utama yang sering dialami ketika melakukan perakitan sebuah komputer. Semoga artikel ini dapat bermafaat.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *