oleh

Tradisi Natal Yang Unik Beberapa Negara Di Penjuru Dunia

Tradisi Natal Beberapa Negara Di Penjuru Dunia – Natal adalah moment berharga bagi Umat Kristiani di seluruh dunia. Saat Natal, orang Kristen di seluruh dunia merayakan kelahiran Yesus Kristus. Dekorasi Natal sering dikagumi dan perayaan meriah selalu menyenangkan ketika Umat Kristen merayakan Natal.

Bahkan perayaan dan tradisi Natal juga meriah di berbagai negara yang mayoritas masyarakatkan bukan Umat Kristen.  Salah satu simbol Natal yang paling terkenal adalah pohon Natal. Pohon natal adalah dekorasi yang populer, seperti lampu berkilau kecil di jendela dan di dinding.

Natal di seluruh dunia dirayakan pada 25 Desember. Namun beberapa negara memiliki tradisi Natal yang berbeda. Beberapa negara merayakan Natal berlangsung selama periode waktu yang lebih lama. Di bawah ini Anda akan menemukan beberapa fakta Natal yang menarik untuk berbagai negara.

Tradisi Natal Beberapa Negara Di Penjuru Dunia

1. Perancis

Di banyak daerah di Perancis, perayaan Natal dimulai dengan hari St Nicholas pada tanggal 6 Desember. Lalu anak-anak mendapatkan permen dan sedikit hadiah. Kota-kota didekorasi, terutama di wilayah Alsace, dimana tempat ini diyakini sebagai tempat pertama kali pohon Natal dihias, yaitu sekitar abad ke-14.

Pada malam Natal, Anak-anak menaruh sepatu mereka di depan cerobong asap dan berharap ‘ Père Noël’ (Bapa Natal) mengisi sepatu dengan manisan. Hari Natal, 25 Desember adalah hari libur umum dan keluarga berkumpul untuk pesta besar. Pada hari ini juga hadiah ditukarkan.

2. Italia

natal di italia

Di Italia, sebuah kandang kelahiran Yesus, atau ‘ presepe ‘, biasanya dipasang di gereja-gereja, alun-alun kota dan sering di rumah-rumah dan merupakan bagian yang paling penting dari dekorasi Natal.

Adegan kelahiran Kristus dengan buaian yang penuh dengan jerami, aslinya berasal dari Italia dan sekarang umum terjadi di banyak negara di seluruh dunia. Di Italia, Bapa Natal disebut sebagai ‘ Babbo Natale ‘, ia membagikan hadiah kepada anak-anak pada Hari Natal.

Di tengah berkumpulnya dengan keluarga, hadiah dipertukarkan hanya pada 6 Januari yaitu hari Epiphany. Orang-orang saling mengucapkan dan saling berharap satu sama lain, dengan mengucapkan ‘ Buon Natale’, yang berarti Selamat Natal.

3. Jerman

Pada minggu-minggu menjelang Natal, pasar Natal didirikan di alun-alun utama di banyak kota. Rumah-rumah sering dihias dengan lampu dan ornamen pada bulan Desember. Namun pohon Natal biasanya hanya dipasang di rumah-rumah hanya pada pagi tanggal 24 Desember.

Perayaan Natal yang meriah di Jerman dimulai pada tanggal 24 Desember. Pada Malam Natal, toko-toko tutup lebih awal. Jadi ingatlah, jika Anda ingin berbelanja, harus sudah selesai sampai waktu makan siang.

4. Inggris

natal di inggris

Di Inggris, dekorasi Natal dimulai lebih awal. Banyak keluarga mendekorasi rumah mereka dengan banyak lampu peri berkilauan. Seringkali pemilik rumah mengumpulkan sumbangan dari pengunjung yang tersedia di depan rumah. Sumbangan ini nantinya akan mereka gunakan untuk bantuan amal. Pengunjung juga sering ikut menyumbangkan uang koin mereka.

5. Norwegia

Natal memang sangat disukai anak-anak. Begitu pula di Norwegia. Di Norwegia, anak-anak menunggu ‘ Julenisse ‘, Sinterklas Norwegia. Pada Malam Natal, ‘ Julenisse ‘, membawa hadiah kepada anak-anak. Selama bulan Desember, anak-anak menunggu dengan penuh semangat.  ‘ Jul ‘, begitulah mereka menyebutnya saat Natal.

6. Islandia

natal di islandia

Di Islandia, anak-anak meletakkan sepatu mereka di ambang jendela sehingga ‘ Juletide Lads’ , atau Santa Claus, mengisi sepatu dengan barang-barang kecil. Perayaan Natal di Islandia dimulai pada 24 Desember, malam Natal. Keluarga berkumpul dan menikmati makanan enak dan banyak yang mengunjungi saat misa tengah malam.

7. Filipina

Di Filipina ada tradisi khusus Natal dirayakan dengan lentera Natal, yang disebut ‘ paról ‘. Lentera itu berbentuk bintang, teringat bintang Betlehem. Lentera itu terbuat dari bambu dan kertas. Bahkan lentera Natal juga dijual saat Natal pada pasar-pasar di Filipina.

Baca Juga : Tradisi Dan Budaya Unik Beberapa Negara Di Dunia!!.

8. Australia

natal di australia

Di Australia , sudah menjadi tradisi di minggu-minggu sebelum hingga saat Natal untuk bergabung dalam piknik Natal. Piknik ini diselenggarakan oleh berbagai gereja, sambil menyanyikan lagu-lagu Natal di tepi pantai.

Karena Australia berada di belahan bumi selatan, maka saat Natal adalah saat musim panas. Maka tak heran jika perayaan Natal bersama teman dan keluarga dirayakan di pantai.  Biasanya kaum muda, keluarga dan teman-teman berkumpul di Bondi Beach dekat Sydney pada Hari Natal.

9. Brasil

Di Brasil , Anda akan sering menemukan ‘ presepio ‘, tempat tidur bayi atau tempat kelahiran bayi, di depan gereja. The ‘ Papai Noel ‘, atau Father Christmas, melakukan perjalanan dari Greenland ke Brasil untuk memberikan hadiah kepada anak-anak Brasil. Banyak kota menampilkan pohon Natal selama menjelang bulan Natal. Seringkali saat akhir tahun dirayakan dengan kembang api.

10. Amerika Serikat

natal di amerika serikat

Natal dirayakan pada tanggal 25 dan 26 Desember. Pada Hari Natal, keluarga berkumpul untuk pesta makan setelah bertukar hadiah. Pada Boxing Day atau hari ke-26 teman dan keluarga biasanya dikunjungi untuk bertukar hadiah.

Tak hanya hadiah, biasanya orang Amerika Serikat juga saling bertukar kartu Natal. Beberapa orang menulis di kartu “Selamat Hari Natal! Xmas” dimana artinya adalah kepanjangan dari Natal dan X menyimbolkan salib.

Itu adalah beberapa contoh perayaan Natal di beberapa negara. Masih banyak perayaan natal lain yang unik dan meriah dari berbagai negara. Bahkan di Indonesia Natal juga identik dengan acara televisi yang menayangkan film-film yang biasanya tayang ketika Natal hingga tahun baru.

Oke, itulah beberapa tradisi natal dari beberapa negara di dunia. Semoga artikel ini bisa menghibur anda di kemeriahan natal, terima kasih atas kunjungannya dan jangan lupa kembali lagi. Saya mewakili dewa ilmu mengucapkan selamat hari natal dan tahun baru untuk yang merayakannya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *