√ 7 Cara Mengatasi Ada Masalah Saat Memutar Youtube

Cara Mengatasi Ada Masalah Saat Memutar Youtube – Youtube menjadi salah satu platform dengan jumlah pencarian terbanyak. Hal ini dikarenakan youtube juga dianggap sebagai search engine nomor 2 yang sering dikunjungi.

Wow sangat fantastis ya, yaps sebenarnya wajar saja. Karena di platform youtube kita bisa menemukan berbagai macam video yang sangat bermanfaat. Mulai dari membahas tentang bisnis, ekonomi, politik, dan masih banyak lagi terdapat di youtube.

Bahkan ada yang rela memasang wifi indihome ataupun speedy hanya agar bisa menonton tanpa lag ataupun tanpa buffering. Wow begitu seantusias itu agar bisa menikmati video yang terdapat di channel youtube. Memang sih video yang ada di youtube ini lebih menarik daripada di televisi. Dari segi apapun itu pasti di youtube ada dan di televisi mungkin tidak ada.

Yang menjadi kekurangannnya sih di youtube sering kali kita menjumpai iklan yang begitu mengganggu. Apalagi kalau kita sedang menonton di channel favorit kita dan tiba-tiba ada iklan, sebenarnya ini agak mengganggu. Dengan cepat youtube mengeluarkan solusi yakni dengan menggunakan youtube premium. Walaupun begitu tetap saja harus membayar.

Akhir-akhir aplikasi youtube ataupun websitenya sering mengalami sebuah masalah dimana tidak bisa memutar video. Atau dengan kata lain ada masalah saat memutar video yang ada di youtube. Lalu jika sudah seperti ini apa yang harus kita lakukan?, tentu saja kita akan memperbaiki dengan cara-cara di bawah ini.

Cara Mengatasi Ada Masalah Saat Memutar Youtube

Di bawah ini bisa bekerja di semua perangkat mulai dari hp, komputer, ataupun tablet. Langsung saja silahkan simak di bawah ini, namun lebih ke hp sih. Soalnya yang mengalami masalah ini kebanyakan para pengguna hp.

1. Pastikan Tidak Sedang Menggunakan Mode Pesawat

Beberapa orang lalai dan tidak mengecek hp yang digunakan bahwa hp yang sedang dioperasikan saat ini ternyata sedang mengaktifkan mode pesawat. Maka tak heran apabila anda mengalami masalah saat memutar video di youtube. Maka pastikan anda mematikan mode pesawat dan memiliki jaringan sinyal/kuota.

2. Pastikan Sinyal Bagus dan Tidak Ngelag

sinyal bagus

Berikutnya silahkan anda mengecek sinyal anda, apakah sedang bagus atau tidak. Banyak juga loh perangkat hp menunjukkan jaringan full atau bagus, akan tetapi sinyalnya ternyata lag banget. Maka dari itu anda harus mengecek sinyal yang kalian gunakan. Kalau mau aman lagi sih silahkan gunakan wifi, dijamin bisa lancar dan stabil.

3. Pastikan Sudah Menggunakan Aplikasi Youtube Terupdate

Hampir setiap aplikasi yang terdapat di play store, menyarankan kita untuk menggunakan aplikasi update terbaru. Demikian juga dengan aplikasi youtube yang terinstall di hp anda tersebut. Apabila anda menggunakan aplikasi youtube yang lama, biasanya akan sering mengalami lemot ataupun lag bahkan yang paling fatal yakni youtube tidak bisa memutar video yang ada di youtube. Maka dari itu silahkan sudah update terlebih dahulu apliaksi youtube ke versi terbaru.

4. Cara Mengatasi Ada Masalah Saat Memutar Youtube Menggunakan Browser yang Rekomended

mozilla dan google chrome

Pernah saya mengalami ketika mencoba melihat video youtube di browser tertentu, mimin gak mau nyebutin dan ini sudah lama banget. Dimana ketika kita mencoba melihat video youtube, sempat ngelag dan tidak mau memutar sama sekali.

Mungkin dulu masih terbilang baru sih browsernya, jadi mau lihat video youtube tidak selancar sekarang. Kalau anda ingin menonton video youtube di browser dengan lancar, gunakan browser seperti google chrome dan mozila firefox, karena dijamin lancar banget untuk nonton youtube.

Baca Juga :

5. Hapus Cache Dan Paksa Berhenti Aplikasi

Anda juga bisa mengatasi masalah ini dengan memaksa berhenti aplikasi dan menghapus cachenya. Caranya mudah sekali, yakni sebagai berikut :

  • Masuk ke Pengaturan handphone anda masing-masing.
  • Kemudian masuk ke menu Aplikasi.
  • Kemudian pada Aplikasi Terinstal atau Semua Aplikasi, cari aplikasi Youtube.
  • Jika sudah ketemu kemudian klik aplikasinya. Nanti ada tulisan Hapus Cache dan Paksa Berhenti, klik keduanya.
  • Kemudian buka kembali youtube.

6. Restart Handphone

restart handphone

Anda juga bisa mengatasinya dengan merestart ulang handphone. Karena kebanyakan aplikasi yang tidak bisa dibuka, error, crash, dan masalah sistem lainnya yang error bisa diatasi dengan merestart handphone. Ini berlaku untuk semua aplikasi, tidak youtube saja.

7. Gunakan Aplikasi Live Streaming Lainnya Selain Youtube

Pada handphone tertentu, entah tidak tahu kenapa kadang kita tidak bisa menggunakan aplikasi youtube. Namun bisa menggunakan aplikasi streaming lain seperti youtube go, vidmate, tubemate, dan semacamnya. Mungkin karena RAM atau masalah apa, saya juga tidak tahu pasti ya. Tapi jika itu bisa mengatasi permasalahan tersebut, tidak ada salahnya dicoba.

Jadi itulah mengenai cara mengatasi ada masalah saat memutar youtube video. Bagaimana sangatlah mudah sekali bukan? untuk poin yang keempat sendiri bisa digunakan untuk pc/android. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya, sekian dan terima kasih.

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *