Apa itu DeFi (Decentralized Finance)? Yuk Simak!

Apa itu DeFi (Decentralized Finance)? Yuk Simak! – Beberapa tahun ini, berkembangan cryptocurrency begitu signifikan, harga koin-koin yang naik ribuan persen, hingga adanya sistem jual beli baru seperti trading dan NFT.

Salah satu penemuan paling menarik adalah DeFi (Decentralized Finance). Mungkin bagi anda yang baru terjun ke dunia cryptocurrency, hal ini sangat awam.

Maka dari itu, pada artikel kali ini saya akan menjelaskan secara lengkap pengertian DeFi. Simak artikelnya sampai selesai!.

Apa itu DeFi (Decentralized Finance)

Jika Bank dan institusi keuangan lainnya memiliki sistem keuangan Sentralized Finance/terpusat, artinya ada yang mengatur, yakni pemerintah. Berbeda dengan DeFi.

DeFi (Decentralized Finance) adalah ekosistem aplikasi keuangan berbasis blockchain yang dapat beroperasi tanpa otoritas pusat seperti bank atau institusi keuangan lainnya.

Artinya, tidak ada seorangpun yang bisa mengatur sistem keuangan DeFi, termasuk pemerintah. Bisa dibilang, sistem keuangan ini memang bertolak belakang dengan pemerintah.

Baca Juga :

Cara Kerja Decentralized Finance

decentralized finance

Dibuatnya berbagai aplikasi Decentralized Finance pada dasarnya diawali oleh penemuan blockchain Ethereum dengan teknologi smart contractnya.

Smart contract adalah sebutan untuk program komputer yang ditulis di atas blockchain Ethereum. Dalam kondisi tertentu yang tertera di dalam program terpenuhi, smart contract menjalankan perintah yang telah terprogram secara otomatis, baik itu untuk transfer token antara alamat Ethereum, atau melakukan jenis transaksi lainnya.

Dengan teknologi smart contract, blockchain Ethereum memungkinkan tingkat pemrograman yang lebih kompleks, memberi developer kebebasan bereksperimen dengan kode mereka sendiri dan membuat aplikasi yang kita sebut sebagai Decentralized Applications (DApps).

DeFi pada dasarnya adalah DApps yang berfokus untuk membuat layanan keuangan tradisional menjadi terdesentralisasi. Kode aplikasi DeFi pada umumnya open-source, yang mana semua pengguna dapat memverifikasi kode aplikasi sendiri.

Contoh DeFi

1. DEXs

Decentralized exchange (DEXs) adalah aplikasi yang memfasilitasi transaksi penukaran satu token dengan token lainnya menggunakan teknologi smart contract.

Contoh DEXs ada banyak, misalnya Uniswap dan Sushiswap milik Ethereum yang memfasilitasi pertukaran token dengan jenis ERC-20.

Selain Ethereum, contoh DEXs terkenal adalah PancakeSwap dan Bakerywap yang dibangun di atas blockchain Binance Smart Chain dengan BNB (Binance Coin). DEXs tersebut memfasilitasi pertukaran token berjenis BEP-20.

2. Pinjaman kripto

Contoh aplikasi DeFi yang sering digunakan sebagai alat pinjam meminjam adalah AAVE dan Compound, yang berbasis blockchain Ethereum.

Dengan kedua token kripto tersebut, anda bisa mendepositkan aset kripto untuk mendapat bunga, dan juga meminjam aset kripto lainnya.

Nah, jadi itulah ulasan singkat tentang apa itu DeFi (Decentralized Finance), cara kerja, hingga contohnya. Sekarang era cryptocurrency, kita harus menerimanya, dan jangan menolaknya, terus update dengan perkembangan zaman.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.