Apa itu Hashrate dalam Cryptocurrency?, Simak Sekarang!

Kayeols

Apa itu Hashrate dalam Cryptocurrency?, Simak Sekarang! – Hashrate mungkin sering kita dengar dalam dunia kripto, namun sebagian orang belum paham mengenai hal tersebut.

Sebenarnya, Hashrate ini erat kaitannya dengan penampangan kripto/kegiatan Mining. Pemain lama pasti paham akan hal ini.

Jika anda ingin terjun ke dunia kripto, apalagi di sektor Proof of Work, anda wajib sekali untuk memahami tentang hal ini. Berikut penjelasannya lengkap!.

Apa itu Hashrate dalam Cryptocurrency?, Simak Sekarang!

Sebelum membahas tentang hashrate, Anda perlu mengetahu definisi hash terlebih dahulu. Hash merupakan sekumpulan kode alfanumerik yang merupakan representasi dari kata, pesan, dan data. Jadi, hash merupakan identitas unik yang terbentuk dari sebuah algoritma hashing.

Baca Juga:  Mad's Crypto Corner, Komunitas Edukasi Kripto No 1 di Indonesia

Setiap token/koin yang berjalan pada blockchain memiliki algoritma hashing yang unik. Tugasnya adalah menciptakan kombinasi angka dan kata yang berbeda sehingga membentuk hash sebagai identitas dari data tersebut.

Dalam prakteknya, miners akan saling bersaing untuk memecahkan kode output dari hash. Mereka harus menyelesaikan serangkaian operasi matematika yang sulit sehingga akan ditambahkan blok baru pada blockchain.

Artinya, mereka harus mampu menghasilkan hash yang lebih rendah atau sama dengan nilai target hash.  Hal tersebut dilakukan dengan mengubah nonce. Setiap adanya perubahan pada nonce maka akan terbentuk hash baru.

Baca Juga:  Apa itu DApps (Decentralized Applications)? Simak Yuk!

Jika sudah paham tentang Hash, selanjutnya yakni Hashrate, yang merupakan satuan yang mengukur kemampuan mesin penambang saat melakukan proses hashing (memecahkan kode output hash).

Dengan kata lain, hashrate adalah satuan hash per detik untuk menandakan berapa komputasi hash dalam satu detik yang bisa dilakukan oleh komputer penambang.

Satuan Hashrate

  • 1 Kilo (kH/s) = 1000 hash per detik
  • 1 Mega (MH/s) = 1 Juta hash per detik
  • 1 Giga (GH/s) = 1 Milyar hash per detik
  • 1 Tera (TH/s) = 1 Triliun hash per detik
  • 1 Peta (PH/s) = 1000 Triliun hash per detik
  • 1 Exa (EH/s) = 1 Juta triliun hash per detik

Dari tingkatan satuan hashrate di atas, maka dapat kita simpulkan bahwa semakin tinggi hashrate semakin bagus untuk kegiatan mining.

Baca Juga:  Apa itu Arbitrum?, Kelebihan dan Kekurangannya Lengkap!

Jadi, semakin tinggi nilai hashrate maka semakin efisien proses mining dan semakin aman jaringan Bitcoin tersebut dari potensi serangan.

Selain itu, semakin tinggi hashrate maka semakin besar juga reward bitcoin/aset kripto yang diberikan kepada miners.

Apakah Hashrate itu Penting?

  • Semakin banyak mesin yang digunakan untuk melakukan proses hashing, maka semakin tinggi hashrate dari jaringan tersebut, sehingga semakin sulit untuk terkena serangan.
  • Semakin tinggi hashrate maka peluang mendapatkan reward lebih besar.
  • Dan masih banyak lagi.

Nah, jadi itulah penjelasan singkat mengenai apa itu hashrate dalam cryptocurrency. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

Jika ada pertanyaan, tulis pendapat kalian di kolom komentar. Bantu share jika bermanfaat, terima kasih!.

Bagikan:

Tags

Kayeols

Usaha dan Berdoa itu Sangat Penting, Berjuanglah Sekuat Tenaga, Niscaya Perjuanganmu akan membuahkan Hasil Yang Manis.

Tinggalkan komentar