oleh

Apa Itu Informatika?, Dan Mengapa Banyak Orang Meminatinya?

Apa Itu Informatika?, Dan Mengapa Banyak Orang Meminatinya?  Tidak asing lagi di telinga kita tentang informatika. Memang bagi anda yang belum terjun ke dunia teknologi, pastinya bingung dengan pengertian dari kata informatika tersebut. Bahkan tak jarang juga yang sudah terjun ke dunia teknologi pun masih bingung dengan arti kata informatika.

Dikutip dari wikipedia, informatika adalah disiplin ilmu yang mempelajari transformasi fakta berlambang yaitu data maupun informasi pada mesin berbasis komputasi. Artinya, informatika secara umum ialah ilmu yang mempelajari tentang sebuah sistem informasi, yang kaitannya dengan mesin berbasis komputer, dan sejenisnya.

Maka dari itu, pada mata kuliah universitas tinggi, peminat dari jurusan informatika ini sangat banyak dan juga sangat antusias. Karena selain ilmu yang menarik, dan juga bisa dibilang lengkap itu akan membuat bekal setelah lulus kuliah untuk melanjutkan kehidupan ke dunia kerja maupun masuk lagi ke dunia pendidikan dengan status guru akan terjamin.

Selain banyak yang antusias masuk jurusan teknik informatika, mereka menganggap jurusan informatika ini sama dengan ilmu komputer, ilmu pemrograman bahasa, dan lainnya. Sehingga banyak sekali orang beranggapan bahwa belajar otodidak saja sudah cukup, daripada masuk perguruan tinggi yang juga memakan biaya yang tidak sedikit.

Memang, secara umum banyak sekali programmer yang awal belajarnya melalui belajar otodidak, tanpa masuk perguruan tinggi. Namun, pada teknik informatika tidak hanya materi yang diajarkan di media lain, namun ada juga materi khusus yang dapat dipelajari. Secara logika, jika ada yang gratis, mengapa sampai saat ini jurusan tersebut masih banyak peminatnya?.

Apa Itu Informatika?, Dan Materi Apa Saja Yang Ada Di Dalamnya?

1. Ilmu Komputer

ilmu komputer

Tidak asing lagi, jika teknik informatika mempelajari secara lengkap tentang komputer. Mulai dari materi mendasar, dan seterusnya akan diajarkan pada teknik informatika. Pelajaran komputer ini berbeda dengan materi yang terdapat pada les, kursus, dan sejenisnya.

Jika pada les dan kursus itu hanya mempelajari satu titik saja dan juga seluruh pembelajaran mengarah ke satu skill, misalnya kursus visual basic, tentunya selama kursus anda akan diajarkan seputar materi itu saja. Namun pada jurusan universitas tinggi, ilmu komputer informatika ini akan di ulas lebih lengkap.

2. Ilmu Informasi

Ilmu informasi pada teknik informatika ini mengarah pada materi cara pengumpulan data, klasifikasi, manipulasi penyimpanan, pengaksesan data, dan penyebarluasan informasi untuk keperluan sosial dan kemasyarakatan secara menyeluruh.

Mungkin sedikit berbeda dengan teknik sistem informasi, dan yang berkaitan dengan teknik informasi. Ilmu informasi pada informatika ini ada hubungannya dengan materi yang ada di dalam teknik informatika itu sediri. Memang sedikit rumit, namun seiring waktu, anda pasti akan memahaminya.

3. Ilmu Pemrograman

ilmu pemrograman

Pada teknik informatika juga mempelajari pemrograman dari dasar. Banyak sekali lulusan informatika sekarang bekerja diperusahaan IT bagian pemrograman, ada juga yang bekerja sendiri untuk membuat website, membuat program, yang dapat menghasilkan uang tentunya.

Perbedaannya dengan orang-orang yang belajar otodidak adalah orang yang belajar otodidak ilmunya terbatas, sekalipun ada situs lengkap yang menyediakan tutorialnya. Untuk informatika, jika serius menekuni bidang ini, pasti akan membuahkan hasil yang baik, dan akan menguasai bidang ini dengan lancar.

Baca juga : Situs Belajar Bahasa Pemrograman Coding Gratis.

Selain 3 ilmu pokok dalam informatika secara umum, ada banyak sekali cabang ilmu yang ada kaitannya dengan kehidupan IT. Misalnya saja materi jaringan, materi desain, materi keamanan informasi, materi merancang sistem operasi, dan lain sebagainya. Intinya pada informatika ini, merangkum segala hal tentang IT.

Sekian artikel apa itu informatika dan bidang ilmunya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat, dan bisa menambah wawasan kita tentang tentang informatika, dan akan sangat bermanfaat jika anda membagikan artikel ini ke banyak orang yang sekarang bingung memilih apa fakultas yang akan dipilih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *