Apa itu Microsoft OneNote? Fitur, Kelebihan, dan Kelemahan

Apa itu Microsoft OneNote? Fitur, Kelebihan, dan Kelemahan – Sudah kita ketahui bersama jika Microsoft merupakan salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia selain Google dan Apple.

Banyak sekali tools microsoft yang sudah kita kenal dan gunakan sehari hari, contohnya microsoft word, excel, dan powerpoint.

Namun pada artikel kali ini saya akan menjelaskan salah satu tools microsoft yang belum banyak orang ketahui, yakni microsoft onenote. Bagi anda yang belum tau hal tersebut, langsung saja simak di bawah ini!.

A. Apa itu Microsoft OneNote

Microsoft OneNote adalah program yang dikembangkan oleh Microsoft dan rilis pada 19 November 2003, sudah cukup lama ya.

Tools ini berfungsi untuk membuat catatan berbagai keperluan seperti mengolah catatan, gambar, kliping layar, dan komentar audio. Catatan yang telah kita buat dapat dibagikan dengan pengguna OneNote lainnya melalui jaringan internet.

Microsoft OneNote juga diketahui sebelumnya merupakan bagian dari suite Microsoft Office. Namun, pada akhirnya Microsoft juga merilis versi aplikasi Windows 10 UWP-App (Universal Windows Platform). Selain itu terdapat beberapa fitur yang dikurangi dan dioptimalkan untuk layar sentuh.

Berikutnya Microsoft juga merilis versi Microsoft OneNote sebagai aplikasi mandiri. Tentu saja hal ini dapat dengan bebas kita gunakan pada beragam perangkat seperti Windows, Windows Phone, macOS, Windows RT, iOS, dan Android.

B. Fitur

  • Menyertakan tabel, gambar, video, atau link website saat membuat note.
  • Mencatat sebuah ide, resep, dan daftar belanja.
  • Menulis daftar kegiatan harian hingga rancangan proyek.
  • Menulis Quick Notes.

Baca Juga :

C. Kelebihan

Onenote

  • Mudah Berkolaborasi : Dengan OneNote, kita dapat saling berbagi file mengenai pekerjaan atau keperluan lainnya dengan teman tanpa harus bertatap muka.
  • Bisa Sinkron dengan Microsoft One Drive : Jika anda menggunakan OneNote versi Office 365, maka secara otomatis akan tersinkronisasi dengan OneDrive.
  • Dapat Memasukkan Elemen Apapun : Selain itu, dengan OneNote kita dapat menambahkan gambar, tulisan tangan, coretan, audio, video, screenshot, grafik, dan elemen ke dalamnya.
  • Terintegrasi dengan Microsoft Office : Ketika membuat tulisan di OneNote, anda bisa memasukkan berbagai dokumen dari Microsoft Office lainnya seperti Word, Excel, PowerPoint hingga Outlook.
  • Support untuk Banyak Perangkat : Tools ini support untuk banyak perangkat, seperti Windows, iOS, hingga Android.

D. Kekurangan

  • Kurang begitu populer dan belum banyak orang mengerti, tidak seperti Microsoft Word dan aplikasi Notes bawaan ponsel.
  • Untuk menggunakan fitur yang lebih banyak, kita harus membayar terlebih dahulu. Dan biaya untuk mendapatkan fitur berbayarnya sekitar $69.99 – 139.00 tergantung paket yang dipilih.

Sudah paham kan apa itu Microsoft OneNote?, pastinya sudah. Fungsinya sama seperti notes, namun lebih lengkap dan bisa kita gunakan di berbagai Sistem Operasi. Kira-kira, apa anda minat menggunakannya?, hmm.

Sekian artikel ini, sampai jumpa di artikel berikutnya!.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *