Apa itu Smart Contract Crypto? Pemula Wajib Tahu!

Apa itu Smart Contract Crypto? Pemula Wajib Tahu!  – Di dalam dunia kripto, ada salah satu istilah, yakni Smart Contract atau sering disebut SC.

Untuk pemain lama, mungkin ini adalah istilah yang sudah mereka ketahui. Namun untuk pemula, hal ini wajib untuk diketahui!.

Lantas apa sebenarnya Smart contract itu?. Yuk simak penjelasan di bawah ini dengan teliti!.

Apa itu Smart Contract Crypto

Smart contract adalah bahasa pemrograman, dimana adanya kedua pihak yang melakukan kontrak secara otomatis dalam sistem blockchain. Seluruh transaksi yang terjadi dalam kontrak pintar akan diproses oleh blockchain tanpa melibatkan peran pihak ketiga.

Smart contract dapat bekerja sendiri, dan bisa juga kita terapkan bersama kontrak pintar lainnya. Jika satu SC dijalankan bersama dengan SC lainnya, kedepannya saat kontrak itu selesai dapat memunculkan kontrak-kontrak lainnya yang berhubungan.

Hal ini terjadi karena secara teori, seluruh sistem dan organisasi sepenuhnya dapat berjalan dengan kontrak pintar. SC bersifat terdesentralisasi.

Secara proses lebih sederhana dan tidak ada perantara atau pihak ketiga. Beberapa orang bahkan menambahkan komponen multi-sig, yang meminta masing-masing pihak untuk menandatangani sebelum mentransfer dana atau pekerjaan.

Nah, jadi adanya kontrak pintar bisa membantu kita menghindari risiko ditipu oleh pihak ketiga dan juga mempercepat prosesnya. Setelah kontrak ditulis dan ditandatangani oleh kedua belah pihak, kontrak tersebut dipantau oleh komputer di dalam sistem blockchain.

Baca Juga :

Sejarah

kontrak pintar

Smart contract pertama kali dikenalkan pada tahun 1994 oleh Nick Szabo. Ia memperkenalkan sistem yang memformalisasi dan mengamankan jaringan komputer dengan cara mengombinasikan protokol antarmuka para penggunanya.

Szabo merupakan ilmuwan komputer yang mengenalkan bitgold pada tahun 1998, 10 tahun sebelum Bitcoin ada. Dia juga menginisiasi ide dibuatnya sistem pembayaran yang mengombinasikan produk sekuritas dan pasar derivatif dalam format yang beragam.

Ia meramalkan di masa mendatang, kontrak digital akan menggantikan kontrak fisik yang ia nilai lebih boros sumber daya. Sekarang, smart contract yang yang ia inisiasi diprediksi akan menjadi kunci revolusi jasa keuangan di masa depan.

Kelebihan Kontrak Pintar

  • Otonomi : Dengan menggunakan kontrak pintar, kita tidak butuh pihak ketiga. Kita bisa memiliki kendali penuh atas perjanjian.
  • Kepercayaan : Kita tidak akan kehilangan dokumen karena dokumen aman tersimpan di buku besar (ledger) bersama. Dan dengan kontrak pintar, anda juga tidak perlu berhubungan dengan pihak ketiga yang terkadang menimbulkan masalah kepercayaan.
  • Irit : Kenapa jadi lebih hemat? Karena kita tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk membayar pihak-pihat seperti notaris, atau agen properti.
  • Keamanan : Jika diterapkan dengan baik, kontrak pintar sangat sulit untuk diretas. Serta jika didukung dengan lingkungan yang sempurna, kontrak pintar dilindungi oleh kriptografi yang kompleks.
  • Efisiensi : Segala urusan kita jauh lebih efisien, hal ini bisa menghemat waktu yang biasanya termakan karena mengurus banyak dokumen fisik.

Nah, jadi itulah pengertian apa itu smart contract crypto secara panjang lebar. Sudah paham kan?, jika ada pengertian berbeda dari anda, bisa tulis di kolom komentar ya. Nanti akan saya update, terima kasih!.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *