Apa itu IDO di Cryptocurrency? ICO, IEO, dan Sejenisnya!

Apa itu IDO di Cryptocurrency? ICO, IEO, dan Sejenisnya! – Untuk pemain kripto, belum lengkap rasanya jika tidak mengetahui tentang IDO.

Hmm, memang istilah ini sering muncul, namun beberapa pemain kripto tidak mengetahuinya. Bagi kalian yang belum paham mengenai IDO, ICO, IEO, dan sejenisnya, simak penjelasan di bawah ini!.

Apa itu IDO di Cryptocurrency? ICO, IEO, dan Sejenisnya

IDO atau kepanjangan dari Initial Dex Offering merupakan proses penggalangan dana/fundraising yang dilakukan untuk mendapatkan akses awal/pembelian token kripto sebelum token tersebut listing di market.

Biasanya, Inital Dex Offering ini dilakukan oleh sebuah Launchpad, yakni tempat khusus dimana token tersebut bisa investor dapatkan sebelum listing.

Banyak yang menilai jika Initial Dex Offering lebih aman daripada sistem lama seperti ICO (Initial Coin Offering), karena yang melakukan penggalangan dana sebuah launchpad, bukan developer projek terkait.

Jadi jika terjadi sesuatu hal yang tidak kita ingkan, maka dana tersebut bisa dikembalikan pihak launchpad kepada semua investornya.

Dan akan lebih aman lagi, jika kita mengikuti IEO (Inital Exchange Offering), atau penggalangan dana awal yang dilakukan oleh pihak Exchange, seperti Binance, Huobi, Kucoin, dan masih banyak lagi.

Baca Juga :

Kelebihan

  • Investor akan mendapatkan harga token semurah mungkin sebelum token tersebut listing di market. Kemungkinan naik sebuah token dari harga IDO bisa mencapai 1000% atau 10 kali dari harga beli.
  • Balik modal lebih cepat daripada trading seperti biasanya.
  • Lebih aman daripada ICO, dan lebih mudah daripada IEO.

Kekurangan IDO

Untuk mengikuti sebuah IDO token baru, biasanya investor wajib melakukan Staking token launchpad terkait untuk mendapatkan alokasi token baru.

Misalnya kita ikut IDO di Launchpad AAA untuk mendapatkan token BBB. Nah, kita harus membeli token AAA terlebih dahulu dan melakukan staking, setelah itu baru kita akan mendapatkan token BBB. Jadi diperlukan modal besar untuk mengikuti Inital Dex Offering.

Selain itu, ketika nanti sudah mendapatkan token, kita harus berlomba cepat-cepatan menjual token tersebut, sebelum harga dump atau turun. Namun untuk holder jangka panjang, terserah anda ya teman-teman.

Mana yang Terbaik?

ieo ico ido

Menurut saya, memang IEO yang terbaik, karena langsung diselenggarakan di Exchange. Jadi terlihat lebih terjamin.

Namun, IDO tidak kalah dengan IEO, dan syaratnya tidak susah jika kita bandingkan dengan proses fundraising lainnya.

Contoh Launchpad Terbaik

  • Polkastarter
  • Seedify
  • Gamefi
  • Binstarter
  • Oxbull
  • Kommunitas
  • dan masih banyak lagi.

Nah, jadi itulah penjelasan apa itu ido di dunia cryptocurrency yang wajib semua pemain kripto ketahui dan pelajari.

Sekian artikel ini, jika bingung dengan artikel ini dan masih ada pertanyaan, tulis di kolom komentar ya teman-teman!.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.