9 Cara Membuat Video Seperti Calon Sarjana, YT Crash, MAQ

Cara Membuat Video Seperti Calon Sarjana, YT Crash, MAQ – Memiliki channel youtube dengan subcsriber yang banyak dan memiliki pendapatan yang banyak juga merupakan suatu anugrah yang indah. Akan tetapi seperti kita ketahui bahwa untuk mencapai hal tersebut butuh perjuangan yang begitu keras. Karena banyak yang sudah mengejar pendapatan akan tetapi usaha pun belum dilakukan.

Di dunia youtube banyak sekali jenis youtuber-youtuber, mulai dari youtuber vlog, youtuber gaming, youtuber fair use, dan masih banyak lagi. Pada kali ini kita akan membahas mengenai youtuber fair use, dimana menggunakan berbagai macam klip potongan video yang disusun menjadi satu. Tak hanya itu saja, akan tetapi diberikan juga sebuah dubbing yang berisikan narasi yang sudah dibuat.

Channel-channel youtube model fair use sudah banyak sekali saat ini, mulai dari calon sarjana, tips pintar, yt crash, MAQ, dan masih banyak lagi. Mungkin diantara kalian ada yang ingin membuat channel seperti itu?, akan tetapi tidak perlu khawatir karena di bawah ini saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat video seperti itu. Langsung saja, cekidot!.

Cara Membuat Video Seperti Calon Sarjana

1. Pikirkan Sebuah Judul

Cara pertama untuk membuat video seperti calon sarjana silahkan kalian pikirkan terlebih dahulu judul apa sih yang kalian mau buat. Misalnya tentang 4 game yang susah ditamatin, maka ini hanya perlu kalian catat dan siap kalian kembangkan.

2. Mencari Materi

youtube creative commons

Cara berikutnya apabila anda sudah menentukan judul maka berikutnya silahkan mencari materi seputar video yang ingin dijadikan mahakarya, usahakan cari video yang tidak berhak cipta. Silahkan cari informasi sebanyak-banyaknya di internet dan berikan informasi terbaik untuk para viewers anda.

3. Membuat Narasi

Cara selanjutnya apabila anda sudah menemukan judul dan mendapatkan materi yakni tinggal membuat narasi. Susunlah narasi sebagus mungkin, kira-kira enak didengarkan. Pokoknya bikin seasik mungkin agar dapat menciptakan suasana yang mantep dan cocok antara narasi dan video.

Baca Juga :

4. Record/Rekam Narasi

suara narasi video

Jika sudah membuat narasi, maka berikutnya kalian tinggal record teks narasi. Anda bisa menggunakan perekam suara yang ada di hp. Jika ingin suaranya lebih jernih lagi, maka anda bisa menggunakan clip on yang harganya cukup murah kok.

Pokoknya silahkan record sebaik mungkin dan hasilnya yang sekiranya paling mantep. Apabila sudah yakin dan optimis, maka tinggal save, dan jangan lupa diberi nama. Misalnya intro, poin 1, poin 2, outro, dan sebagainya.

5. Editing Video

Setelah mendapatkan materi berupa video, kemudian waktunya mengedit video tersebut. Gabungkan video mulai dari intro, isi, hingga outro sebagus mungkin. Pokoknya seperti itu terus, jadi anda mengumpulkan semua bahan video tersebut dan untuk lebih aman lagi, selipi juga foto-foto. Jadi tidak sepenuhnya video semua, akan tetapi foto-foto pun juga ada. Selanjutnya tinggal kalian edit hingga rapi, dan pokoknya sekiranya bagus dan layak ditonton.

6. Edit Sound

edit suara video cara membuat video seperti calon sarjana

Setelah videonya jadi, kemudian terakhir tambahkan suara/narasi ke video tersebut, dan ini langkah paling sulit. Gabungkan suara yang sudah anda rekam mulai dari intro, isi, dan outro. Atau anda bisa juga menambahkan beberapa sound efek lainnya, seperti suara ketawa, suara menangis, dan sebagainya. Hal ini dapat membuat video anda jadi lebih hidup dan lebih atraktif lagi.

7. Render Dengan Kualitas Tertinggi

Jika memang anda mementingkan kualitas, setelah selesai editing, render dengan kualitas terbaik. Saya sarankan minimal render dengan resolusi 720p, lebih bagus lagi jika anda merender dengan resolusi 1080p. Semakin bagus kualitas video anda, pasti pihak youtube akan melirik channel youtube anda sebagai channel youtube yang berkualitas.

8. Buat Thumbnail Yang Memancing Klik

clickbait thumbnail

Buat thumbnail sebagus yang bisa anda buat yang bisa mengundang klik. Clickbait boleh, tapi usahakan tema video dan thumbnailnya nyambung, jadi biar tidak menipu penonton. Jangan lupa juga untuk menambahkan watermark pada thumbnail anda agar tidak digunakan oleh orang lain.

9. Rutin Upload

Seperti calon sarjana, shiny peanut, yt crash, dan masih banyak lagi, mereka rutin upload, itulah salah satu poin yang dilirik oleh piahk youtube. Cukup buat 1 video perhari, atau jika kesulitan, coba buat 2 hari sekali, atau 3 hari sekali, yang penting rutin, hehehe.

Jadi itulah mengenai cara membuat video seperti calon sarjana ataupun yt crash. Semoga bermanfaat untuk kalian semua yang benar-benar ingin menjadi youtuber. Sekian dan terima kasih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *