7 Software Desain Grafis Untuk PC Yang Paling Banyak Digunakan

7 Software Desain Grafis Untuk PC Yang Paling Banyak Digunakan –  Bukan suatu hal asing lagi bagi kita jika mendengar Desain Grafis. Karena, desain grafis merupakan suatu aktivitas atau pekerjaan yang membutuhkan kreasi serta imajinasi yang kuat.Tak jarang dari mereka mengungkapkan keindahan, mengungkapkan suasana kehidupan kita lewat desain grafis. Seiring perkembangan zaman, sekarang desain grafis sudah menjadi bagian kehidupan bagi mereka yang menggeluti aktivitas atau pekerjaan tersebut. Bahkan ada banyak juga yang mengkombinasikan desain grafis dengan pekerjaan sablon kaos.

Pengertian desain grafis secara detail seperti yang saya kutip di wikipedia, adalah proses komunikasi menggunakan elemen visual, seperti tulisan, bentuk, dan gambar yang dimaksudkan untuk menciptakan persepsi akan suatu pesan yang disampaikan. Bidang ini melibatkan proses komunikasi visual.

Berkaitan dengan pengertian diatas, kita sudah tahu bahwa desain grafis juga membutuhkan dan melibatkan media untuk menunjukan beberapa hasil dari apa yang kita buat. Untuk itu, kembali lagi ke judul awal, khusus pengguna komputer atau laptop, ada beberapa software yang banyak sekali digunakan para desainer, tentunya jika sudah banyak digunakan berarti mereka menganggap software tersebut mudah digunakan. Berikut beberapa softwarenya.

7 Software Desain Grafis Untuk PC Terbaik

1. CorelDraw

Software buatan corel ini memang salah satu software desain grafis untuk pc yang penggunaan nya mudah sekali, menurut pada desainer handal mereka menilai CorelDraw tidak terlalu rumit dalam beberapa fitur nya. Mungkin faktor tersebut yang membuat CorelDraw begitu diminati oleh banyak kalangan pengguna desain grafis. Jadi, jika anda seorang pemula yang ingin menggeluti bidang desain grafis wajib untuk mencoba software ini.

2. Adobe Photoshop

adobe photoshop

Software buatan adobe yang satu ini sudah terkenal dengan keunggulannya dibanding beberapa software desain grafis lainnya untuk pengguna komputer. Alasanya juga masih sama seperti yang pertama, penggunaan tools yang sangat mudah sekali serta tidak terlalu susah.

Misalnya mudah dalam pemberian efek, filter, dan juga pewarnaan. Biasanya para desainer ingin memperindah hasil desain mereka, tak jarang mereka menggunakan CorelDraw dan juga Photoshop secara bergantian, karena memang ada beberapa tools yang tidak ada di satu software, tapi ada di software lainya.

3. Adobe Illustrator

Memang banyak sekali software hasil buatan adobe yang sangat mudah penggunaannya dalam hal desain grafis. Untuk software ini, keunggulannya dibanding keluaran adobe lainya adalah untuk membuat vektor. Tak jarang dari kita jika mengunduh hasil vector dibeberapa situs, akan mendapati file yang memiliki format .AI, karena memang rata rata mereka para pembuat desain lebih nyaman dan puas jika menggunakan Adobe Illustrator.

4. Inkscape

inkspace

Yang keempat adalah Inkscape. Software ini merupakan perangkat lunak editor gambar vektor yang bersifat perangkat lunak bebas di bawah lisensi GNU GPL. Keunggulan softarware ini tentunya mudah digunakan, banyak pilihan warna, file software tersebut ringan, dan juga hasilnya bisa dilihat di browser juga, serta memiliki fitur backup otomatis jika software tersebut not responding. Selain itu ada banyak sekali keunggulan dari software tersebut. Wajib bagi anda para desainer untuk mencoba software ini.

5. Google SketchUp

Software buatan Trible ini merupakan software desain grafis tiga dimensi, tentunya biasa digunakan untuk membuat skema bangunan entah itu rumah, hotel, gedung, dan lain sebagainya. Jadi, software ini cocok bagi anda yang memiliki pekerjaan sebagai arsitektur sebuah bangunan.

Keunggulan dari software ini tentunya mudah digunakan, tools dari software tersebut juga sangat mudah dipahami, sehingga menarik minat para desainer untuk mencari pekerjaan dengan menjadi desain sebuah bangunan. Hasil desain dari software ini juga bisa anda letakan di Google Earth.

Baca juga : Software Perekam Layar PC Terbaik Yang Wajib Anda Coba.

6. Adobe Indesign

adobe indesign

Seperti judulnya, tentu software tersebut difokuskan untuk membuat hasil desain. Software buatan adobe ini juga lebih difokuskan untuk membuat poster, brosur, banner, majalah, dan juga buku. Desainer dan juga para artis merupakan contoh kalangan yang sering menggunakan software editing ini. Jika anda penasaran dengan fiturnya, silahkan mencobanya. Karena memang jarang sekali software ini kita dengar, karena mungkin masih kalah dengan Photoshop, Illustrator, dan juga lainnya.

7. Xara Designer

Software ini juga tidak kalah hebatnya dengan software editing lainya. Xara designer bisa dikatakan fungsinya tidak jauh berbeda dengan Adobe Indesign, yang dirancang khusus untuk membantu pengguna dalam menciptakan logo, undangan, poster, brosur, hingga membuat grafis web seperti pembuatan tombol atau animasi flash.

Selain beberapa software diatas, masih banyak sekali beberapa daftar software yang banyak sekali menarik minat para desainer, misalnya AAAlogo, posterazor, dan lain sebagainya. Semoga artikel diatas dapat membantu dan juga menambah wawasan kita.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar