oleh

7 Tips Agar Tidak Terlambat Kuliah Dan Bisa Bangun Pagi

7 Tips Agar Tidak Terlambat Kuliah Dan Bisa Bangun Pagi – Bangun kesiangan memang hal yang tidak bisa dihindarkan lagi oleh seorang mahasiswa. Apalagi ketika malam sebelum tidurnya banyak sekali kegiatan sehingga waktu tidur tersebut benar benar dimanfaatkan untuk beristirahat sampai akhirnya bisa bangun kesiangan.

Sebenarnya budaya bangun kesiangan bagi mahasiswa ini bisa dihilangkan dan diantisipasi dengan mudah. Namun permasalahan yang sering mengganjal ketika menerapkan antisipasi ini adalah niat untuk bangun pagi tidak terlalu kuat. Itu yang menyebabkan banyak sekali mahasiswa telah masuk kuliah pagi.

Lalu apa yang harus dilakukan agar mahasiswa bisa mengantisipasi budaya bangun kesiangan dan kebiasaan telat masuk kuliah pagi?. Berikut Dewailmu memberikan beberapa referensi yang mungkin dapat membantu kawan kawan mahasiswa agar bisa masuk kuliah pagi tepat waktu.

Tips Agar Tidak Terlambat Kuliah Dan Bisa Bangun Pagi

1. Kuatkan Niat Untuk Bisa Berubah

Untuk tips yang pertama ini memang menentukan untuk tips tips selanjutnya. Karena memang niat yang kuat untuk berubah, itu menjadi dasar yang harus diubah terlebih dahulu sebelum menginjak ke tahap selanjutnya.

Caranya bagaimana?, caranya cukup dengan membiasakan dalam hati sebelum tidur. Cobalah untuk membuat pernyataan bahwasanya kita bisa bangun pagi dengan tujuan tidak telat masuk kuliah. Kalian bisa mencobanya dan merasakan sendiri bagaimana hasilnya.

2. Pasang Alarm Berkali Kali

alarm

Tips supaya tidak telat masuk kuliah pagi yang kedua adalah ketika kita memasang alarm dengan tujuan agar bisa bangun pagi, kita disarankan untuk memasang alarm berkali kali. Maksudnya, jika kita berkomitmen untuk bangun ketika waktu menunjukan pukul 04.00 WIB, kalian bisa membuat alarm pengingat sebelum masuk jam 4, dan juga sesudah jam 4.

Ini bertujuan jika kita tidak terdengar bunyi alarm pertama, kita bisa mendengarkan bunyi yang kedua. Jika kita sudah punya tekad yang kuat untuk bangun pagi, seharusnya kita pasti sudah bisa bangun ketika bunyi alarm yang kita dengar berdering untuk yang kesekian kalinya.

3. Jangan Tunda Kegiatan Sebelum Berangkat

Tips selanjutnya adalah kita diharuskan untuk tidak menunda kegiatan yang kita lakukan sebelum kita berangkat menuju kampus. Sebagai contoh, sebelum berangkat ke kampus kita melakukan aktivitas seperti mandi, sarapan, mempersiapkan peralatan, dan lain sebagainya.

Nah, bayangkan kalau jika kita sudah bangun sesuai waktu alarm, lalu kita bersantai santai dengan bermain smartphone yang kita miliki sampai lupa akan waktu, itu pasti bisa menyebabkan kita telat untuk masuk kuliah. Maka dari itu, manfaatkan waktu yang tersedia, karena waktu akan bergulir begitu cepat ketika kita tidak memperhatikannya.

4. Jadikan Jadwal Kuliah Menjadi Wallpaper Smartphone

Nah, untuk tips selanjutnya ini memang unik sekali. Karena kita harus mengganti wallpaper smartphone dengan jadwal kuliah. Ini bertujuan agar kita selalu ingat akan mata kuliah yang akan diajarkan. Mengapa harus di smartphone?, karena kita semua sudah tahu sendiri bahwa smartphone ini merupakan alat yang paling banyak dipegang oleh manusia setiap saat. Kita bisa mengambil sisi positif dari kebiasaan orang orang tersebut.

Wallpaper jadwal tersebut bisa kalian terapkan di layar utama atau layar kunci. Tergantung bagaimana kalian nyaman dengan situasi tersebut.

Baca Juga :

5. Tips Agar Tidak Terlambat Kuliah Dengan Menghindari Begadang

jangan begadang

Nah, ini juga tips yang penting. Bagi anda yang suka begadang, terutama mahasiswa dan mahasiswi, kurangi hal ini, karena begadang memang tidak baik bagi kesehatan. Dan untuk anak kuliahan juga tidak baik karena dengan begadang anda akan sulit untuk bangun pagi.

6. Pastikan Semua Tugas Dan Kegiatan Selesai Sejak Malam

Dengan begini, anda tidak akan begadang karena tugas-tugas yang belum selesai. Maka dari itu selesaikan semua tugas setelah pulang kuliah agar malamnya anda tidak begadang untuk menyelesaikannya. Tips ini berhubungan juga dengan tips nomor 4.

7. Tips Agar Tidak Terlambat Kuliah Dengan Tidur Lebih Awal

tidur lebih awal

Yups, di tips terakhir ini anda bisa tidur lebih awal jika ingin bangun lebih pagi. Orang yang tidur lebih awal cenderung akan bangun lebih pagi, namun tidak sedikit juga yang molor hingga siang. Tergantung orang-orangnya juga.

Beberapa tips agar tidak terlambat kuliah di atas mungkin sudah umum dipublikasikan oleh beberapa situs lain. Namun, artikel di atas dibuat dengan tatanan bahasa yang mudah untuk dipahami sehingga tidak menimbulkan kebingungan ketika membacanya. Semoga artikel di atas dapat membantu anda, terima kasih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *