6 Aplikasi Kalender Hijriah Untuk PC/Laptop Terbaik & Terbaru!

Aplikasi Kalender Hijriah Untuk PC/Laptop Terbaik & Terbaru! – Kalender Hijriah atau kalender Islam adalah kalender yang berpatokan dengan revolusi bulan terhadap bumi, dan sering digunakan untuk menandai hari hari besar.

Dan kalender ini memiliki perbedaan dengan kalender masehi dimana kalender masehi berpatokan dengan revolusi bumi terhadap matahari. Jadi sedikit berbeda ya untuk kalender masehi dan kalender hijirah.

Biasanya di pc, hanya ada kalender masehi, dan tidak ada kalender hijriah, maka dari itu kita wajib mendownloadnya secara manual. Nah, bicara tentang plikasi kalender hijriah, berikut rekomendasi dari dewailmu!.

Aplikasi Kalender Hijriah Untuk PC/Laptop Terbaik & Terbaru!

1. Google Calender

Untuk aplikasi pertama ada Google Calender, mungkin anda semua pernah mendengar nama aplikasi ini baik di ponsel android, iPhone, maupun PC. Untuk cara penggunaannya yakni sebagai berikut :

  • Buka Browser dan masuk ke Situs Google Calendar di PC anda. Ketik alamat calendar.google.com lalu tekan Enter.
  • Login menggunakan Akun Google kalian masing-masing
  • Masukkan alamat email Google anda beserta passwordnya.
  • Selanjutnya Masuk ke Menu Setelan, pada tampilan paling awal Google Calendar, klik gambar gerigi untuk masuk ke Settings. Selanjutnya klik Setelan.menu google calender
  • Klik pada Bahasa dan Wilayah, caranya Klik bagian Umum di samping kiri, lalu klik Bahasa dan wilayah. Pada tab Bahasa dan Wilayah, anda dapat melihat kolom Negara. Pastikan sudah disetting ke negara Indonesia.
  • Temukan Opsi tampilan, caranya Geser tab Bahasa dan Wilayah sampai nyaris mentok ke bawah hingga ke bagian Opsi tampilan.opsi tampilan
  • Klik Kalender Alternatif yang ada di paling bawah dari bagian Opsi tampilan. Pilih Hijriah-Saudi. Lalu, Refresh halaman.kalender hijriah
  • Sekarang, setiap kali anda membuka google.calendar.com di browser, anda bisa memantau kalender Hijriah.

2. HIJRI-CAL

Selain google calender, ada kalender hijriah bernama HIJRI-CAL. Ukuran aplikasi ini cukup kecil, yakni sekitar 250 KB saja. Dilihat dari tampilannya, aplikasi ini dangat sederhana. Tampilan layarnya kecil dengan warna utama hitam dan putih. Terdapat font berwarna biru yang dipakai untuk menuliskan tanggal Masehi dan font warna Hijau untuk tanggal Hijiriah

Saat dibuka, aplikasi ini pun langsung otomatis menampilkan tanggal hari ini beserta tanggal Hijriahnya. HIJRI-CAL tidak perlu menggunakan akun apapun untuk masuk dan mengakses, karena otomatis terhubung dengan sistem Windows.

3. Hijri Calender

Hampir mirip dengan aplikasi nomor 2, namun aplikasi ini memiliki ukuran yang lebih besar, yakni sekitar 9 MB an dan terlihat lebih modern. Dengan aplikasi ini, anda bisa menambahkan agenda baru di tanggal-tanggal tertentu, menyesuaikan data penanggalan yang ditampilkan sesuai dengan koordinat kota tempat kita tinggal. Dan masih banyak lagi.

Anda bisa mengunduh aplikasi ini di misricalender.net

4. AHC – Sofware Kalender Hijriah dan Hisab

AHC merupakan sebuah software yang dibuat khusus untuk perangkat komputer, baik PC maupun Laptop. Selain bisa digunakan untuk melihat penanggalan hijriah serta hisab, software ini juga memiliki menu bermanfaat lainnya seperti :

  • Pengubah penanggalan masehi ke Hijriah.
  • Perhitungan koordinat bulan dan matahari.
  • Prediksi perhitungan parameter dan penentuan awal bulan hijriah.
  • Perhitungan Hilal di berbagai lokasi di seluruh dunia dalam bentuk tampilan MAP visibilitas hilal.

5. Efficient Calender Free

Terakhir ada aplikasi Efficient Calendar Free yang menawarkan fitur seperti pembuatan jadwal, pengingat dan juga event. Aplikasi ini memiliki pilihan tampilan yang banyak dengan total 10 gaya dan yang paling penting aplikasi ini gratis., namun ada juga fitur berbayarnya untuk fitur yang lebih lengkap.

Baca Juga :

Tanpa Aplikasi

Sebagai tambahan, disini saya akan menerangkan cara untuk menampilkan kalender tanpa aplikasi. Fitur ini bisa anda gunakan mulai dari Windows 8 ke atas.

Untuk caranya sebenarnya ada dua langkah, pertama kita harus merubah terlebih dahulu pc ke dalam bahasa indonesia, kemudian merubah kalender masehi ke hijriah, berikut langkah – langkahnya :

Mengubah Bahasa Ke Bahasa Indonesia

  • Masuk ke Settings, caranya klik logo Windows di pojok kiri bawah lalu klik logo gerigi dengan tulisan Settings.
  • Kemudian klik pada Time & Language.
  • Klik lagi Region
  • Selanjutnya ubah Region ke Indonesia. Sekarang pc anda sudah berpindah ke region Indonesia. Setelah terpindah ke negara Indonesia, kemudian anda bisa mengubah kalender dari masehi ke hijriah.

Mengubah Ke Kalender Hijriah

  • Buka Control Panel, caranya Tulis Control Panel di kolom pencarian dan tekan Enter.
  • Kemudian masuk ke Change date, time, or number formats.
  • Masuk ke pengaturan tambahan atau Additional Settings.
  • Nanti terdapat tiga bagian yang diperlihatkan setelah anda mengklik Date, yakni Example, Date formats, dan Calendar. Klik Calendar dan klik lagi Calendar Type yang masih berupa Kalender Masehi. Ubah menjadi Kalender Islam untuk Windows 10 atau Kalender Hijriah pada Windows 8 dan 8.1.
  • Klik Apply dan OK.
  • Sekarang kalender anda sudah berubah dari kalender masehi ke kalender Hijriah.

Mudah sekali bukan cara cara dan rekomendasi aplikasi kalender hijriah untuk pc di atas?. Tanyakan di kolom komentar bagian mana yang anda bingung.

Sekian artikel ini, semoga bermanfaat ya!.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *