11 Aplikasi Konsultasi Dokter Online Gratis di Android

Aplikasi Konsultasi Dokter Online Gratis di Android – Kesehatan adalah anugerah terbesar yang diberikan tuhan kepada kita, jika kita sakit, kita memerlukan banyak uang untuk berobat, maka dari itu kesehatan mahal.

Maka dari itu, sebelum kita sakit, ada baiknya kita melakukan pola hidup sehat, olahraga teratur, makan makanan bergizi, dan melakukan kegiatan yang menyehatkan lainnya.

Jika kita bingung ingin melakuka apa, ada baiknya kita berkonsultasi ke dokter. Tidak seperti dulu dimana kita harus pergi ke klinik untuk berkonsultasi ke dokter perihal kesehatan.

Sekarang kita dimudahkan dengan adanya teknologi untuk berkonsultasi ke dokter melalui bantuan aplikasi. Hanya dengan ponsel, kita bisa berkonsultasi dengan dokter. Berikut beberapa aplikasi yang dapat anda gunakan untuk berkonsultasi dengan dokter secara online.

Aplikasi Konsultasi Dokter Online Gratis di Android

1. Alodokter : Chat Bersama Dokter

alodokter

Yang pertama sudah kita ketahui sendiri bahwa Alodokter merupakan situs kesehatan terbaik di Indonesia yang menyediakan berbagai informasi mengenai kesehatan.

Alodokter juga tersedia di ponsel android dalam bentuk aplikasi, yang memiliki fungsi untuk chat dengan dokter, membuat janji konsultasi, terdapat banyak artikel kesehatan, serta masih banyak lagi.

Aplikasi Alodokter dibuat oleh Alodokter Group yang rilis pada tanggal 13 Maret 2016. Ukuran aplikasinya cukup kecil, yakni 16 MB dan sangat populer, dengan jumlah unduhan lebih dari 6 juta unduhan.

Di dalamnya terdapat pembayaran aplikasi seharga Rp 3000 – 25.000, mungkin hanya untuk menghilangkan iklannya ya teman-teman.

2. KlikDokter : Konsultasi Dokter Online 24 Jam

Selanjutnya ada aplikasi KlikDokter yang dibuat oleh Medika Komunika Teknologi pada 18 Februari 2015. Aplikasi ini memiliki ukuran cukup besar, sekitar 29 MB dan sudah diunduh lebih dari 1 juta unduhan.

Dengan aplikasi KlikDokter, anda bisa melakukan Live Chat dengan Dokter, membeli obat online, membuat janji rumah sakit, tebus resep, serta membaca ribuan artikel tentang kesehatan.

Aplikasi ini dapat anda gunakan gratis di ponsel android, dan ada juga fitur live chat premium berbayar di dalamnya.

3. SehatQ : Tanya Dokter dan Booking Online Dokter

SehatQ merupakan aplikasi kesehatan yang juga tidak kalah dengan aplikasi kesehatan lainnya. Aplikasi ini dibuat oleh SehatQ dan rilis pada 28 Agustus 2019. Jumlah unduhannya cukup banyak untuk aplikasi baru, yakni lebih dari 500.000 unduhan.

Ukurannya juga cukup kecil, yakni sekitar 17 MB dan dengan aplikasi SehatQ ini, anda bisa chat dokter gratis, booking jadwal konsultasi, belanja kebutuhan kesehatan, dan anda juga bisa membaca ribuan artikel kesehatan berkualitas.

4. Halodoc – Dokter, Toko Kesehatan & Appoinment

Tidak kalah dengan Alodokter, halodoc juga merupakan salah satu aplikasi kesehatan paling populer sekarang ini dengan jumlah unduhan lebih dari 5 juta kali sejak pertama rilis pada 11 Maret 2016.

Aplikasi buatan Halodoc ini berukuran lumayan, yakni 20 MB an dan gratis anda gunakan. Fitur yang terdapat di dalamnya adalah Chat dokter online, beli produk kesehatan mulai dari vitamin, perawatan kulit, dan masih banyak produk lainnya.

Anda juga bisa membuat janji rumah sakit, cek Lab, serta masih banyak fitur lainnya.

5. Good Doctor

Good Doctor merupakan salah satu aplikasi konsultasi dokter yang masih sangat baru, aplikasi ini rilis pada 21 Oktober 2020, dan artikel ini saya buat pada 13 Juli 2021, jadi belum ada 1 tahun ya sejak artikel ini saya buat.

Ukuran aplikasi ini juga lumayan kecil, yakni sekitar 12 MB dan sudah mendapatkan unduhan sekitar 1 juta kali. Dengan Good Doctor, anda bisa konsultasi dengan dokter, pesan obat, membuat jadwal medis bebas antre, dan masih banyak lagi.

6. YesDok

yesdok

Berikutnya ada YesDok, meskipun tidak sepopuler aplikasi aplikasi di atas, YesDok juga menyediakan fitur yang cukup lengkap. Mulai dari konsultasi dengan dokter 24 Jam via panggilan Video, telepon hingga chat.

Selain itu ada fitur beli obat, hingga ribuan artikel tentang kesehatan. Aplikasi buatan YesDok ini berukuran lumayan, yakni 25 MB an dan sudah rilis sejak 16 Oktober 2017.

Sejak pertama rilis sampai saat ini, aplikasi ini telah digunakan lebih dari 100.000 pengguna, dan bagusnya lagi, aplikasi ini gratis.

Baca Juga :

7. ProSehat

Hampir sama seperti YesDok, Prosehat juga tidak sepopuler aplikasi kesehatan lainnya, karena sejak pertama rilis pada 10 November 2015 sampai saat ini, aplikasi ini hanya mendapatkan unduhan sekitar 100.000 pengguna. Ukuran aplikasinya memang cukup kecil, hanya sekitar 8 MB.

Aplikasi buatan ProSehat ini memiliki fitur seperti chat dokter 24 Jam, memanggil dokter ke lokasi, imunisasi, Cek Lab, kirim obat, rapid test, konsultasi ibu hamil dan menyusui, serta masih banyak lagi.

8. Dokter Diabetes

Dokter diabetes adalah aplikasi  konsultasi yang menghubungkan antara pasien dan dokter spesialis serta ahli gizi. Selain itu, aplikasi ini juga dapat mempermudah penyandang diabetes dan careriver untuk menemukan informasi seputar diabetes.

Aplikasi buatan PT. Amerta Indah Otsuka ini memiliki ukuran cukup besar, yakni 37 MB an dan sudah mendapatkan lebih dari 50 ribu unduhan sejak pertama rilis pada 04 Juni 2014.

9. ApaSakitKu

Aplikasi yang satu ini memiliki fitur seperti konsultasi, mendiagnosis penyakit secara gratis. Ukuran aplikasi ini sangat kecil, hanya sekitar 6 MB dan sudah mendapatkan unduhan sekitar 50 ribu pengguna. Walaupun tak sepopuler aplikasi konsultasi lainnya, menurut saya tetap okelah.

ApaSakitku adalah aplikasi buatan Smartindo Access dan sudah rilis sejak 14 Mei 2015.

10. Practo

practo apk

Sama seperti Alodokter dan Halodoc, aplikasi buatan Practo – Doctors, Consult Online, Order Medicines ini sudah mendapatkan lebih dari 5 juta unduhan sejak pertama rilis pada 21 Mei 2015. Ukuran aplikasinya lumayan, yakni sekitar 24 MB.

Di dalam aplikasi practo ini, anda bisa melakukan janji dengan dokter, konsultasi online, order obat secara online, membaca tips-tips kesehatan, dan masih banyak lagi.

Sebenarnya, ini adalah aplikasi kesehatan dari india. Namun sekarang aplikasi ini sudah support dengan negara Indonesia.

11. LinkSehat

Terakhir ada aplikasi LinkSehat, yang termasuk aplikasi baru, karena baru saja rilis pada 27 Maret 2020. Aplikasi buatan Link Medis Sehat ini berukuran lumayan, yakni sekitar 17 MB dan sudah mendapatkan sekitar 10 ribu unduhan.

Fitur yang terdapat di dalamnya seperti konsultasi online, membuat janji dengan dokter, asisten kesehatan, ribuan artikel kesehatan.

Itulah beberapa aplikasi konsultasi dokter secara online terbaik yang bisa anda gunakan. Dengan aplikasi tersebut, anda tidak perlu langsung datang ke puskesmas, klinik, atau rumah sakit untuk berkonsultasi, cukup dengan ponsel dan internet, anda sudah bisa berkonsultasi dengan dokter.

Sekian artikel ini, jika ada aplikasi lain yang anda ketahui dan belum saya sebutkan, tulis di kolom komentar ya teman-teman!.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *