10 Aplikasi Untuk Pelajar di Android yang Sangat Penting

Wawan Agusti

aplikasi untuk pelajar

Aplikasi Untuk Pelajar di Android yang Sangat Penting – Dengan berkembangnya teknologi sekarang ini, proses belajar mengajar juga lebih modern. Seperti adanya Ebook, hingga banyak aplikasi yang bisa memudahkan pembelajaran.

Untuk aplikasi pembelajaran ada banyak sekali yang bisa kita manfaatkan, terutama aplikasi pada ponsel android. Pasalnya, pengguna ponsel android cukup banyak jika dibandingkan dengan ponsel platform lainnya.

Bagi anda yang sedang mencari referensi beberapa aplikasi yang bisa kita gunakan untuk memudahkan proses belajar mengajar, berikut daftarnya!.

Aplikasi Untuk Pelajar di Android

1. Photomath

Aplikasi ini sangat cocok untuk mereka yang kesulitan dan malas untuk menghitung angka angka matematika. Sebenarnya lebih baik untuk menghitung sendiri, namun terkadang ada yang malas juga untuk menghitung.

Aplikasi ini mirip dengan kamera Google Translate yang bisa mengenali huruf. Untuk plikasi ini bertugas mengenali angka. Jadi, jangan ragu untuk menggunakanya. Karena aplikasi ini sangat berguna untuk kebutuhan sekolah.

2. Unit Conventer

Aplikasi yang satu ini bisa mengitung rumus satuan dari beberapa mata pelajaran. Bagi para pelajar yang masih kesulitan menghitung rumus fisika, dan sebagainya. Jangan ragu untuk menggunakan aplikasi ini.

Karena pelajar yang duduk di jenjang SMP hingga SMA pasti diajarkan pelajaran fisika dan kimia, yang notabene memiliki berbagai rumus dalam mata pelajarannya.

3. Office Lens

Office lens berfungsi untuk memfoto tulisan di papan tulis dan otomatis aplikasi ini akan mengubahnya menjadi dokumen. Selain tulisan di papan tulis, kita juga bisa menggunakan aplikasi ini layaknya seperti scanner. Dan menurut saya, Office Lens juga membantu meringankan tugas sekolah saat disuruh menulis di papan tulis.

4. Brainly

brainly

Brainly disediakan untuk para penanya (orang yang menanyakan) dan penjawab. Aplikasi ini semacam forum social media dimana kita bisa bertemu dengan orang lewat sebuah pelajaran.

Di situ, keaduanya saling mendapat keuntungan, di mana penanya mendapat jawaban dan penjawab mendapat poin yang bisa digunakan untuk menanyakan sesuatu. Disini kita bisa menanyakan PR atau tugas yang guru berikan.

Baca Juga :

5. Google Now

Google now merupakan fitur baru untuk Android yang resmi dari Google yang berfungsi adalah sebagai voice Assistant atau dengan kata lain merupakan asisten pribadi yang bisa diperintah lewat suara.

Selain sebagai asisten pribadi, google now juga berfungsi memberitahukan laporan cuaca, pengigat perjalanan, pengingat ulang tahun, review restoran, hingga berbagai tempat menarik.

6. U-Dictionary

u dictionary

Merupakan salah satu aplikasi translate paling populer di dunia dengan ukuran 22 MB dan sudah mendapatkan lebih dari 100 juta download sejak pertama rilis pada 24 Maret 2016.

Aplikasi buatan Talent Education Inc memiliki fitur seperti terjemahan dengan kamera, suara, cek tata bahasa inggris, hingga kamus offline yang  mendukung banyak bahasa di seluruh dunia. Pastinya U-Dictionary sangat bermanfaat bagi yang kesulitan menerjemahkan bahasa inggris.

7. ZOOM

Merupakan salah satu aplikasi video call yang sangat populer di dunia dengan lebih 500 juta pengguna sejak pertama rilis pada 24 Januari 2013.

Aplikasi ini memang sudah lama rilis, namun belakangan ini baru terkenal di saat pandemi covid-19 yang melanda dunia, termasuk Indonesia. Karena adanya covid, pertemuan, sekolah, dan acara perkumpulan lainnya tidak boleh dilakukan, dengan alasan kesehatan.

Maka dari itu, dengan adanya aplikasi Zoom, semua kegiatan yang dilarang tersebut bisa dilakukan secara online hanya dengan aplikasi android hingga PC. Di ponsel android, Zoom memiliki ukuran 47 MB, dan aplikasi ini gratis untuk anda gunakan.

8. Google Classroom

Google Classroom adalah aplikasi resmi Google yang bisa membantu kita dalam proses pembelajaran, lembaga nonprofit, dan lainnya. Bagi orang yang membuat kelas di google classroom, maka bisa membagikan materi pelajaran seperti dokumen, foto, hingga video.

Aplikasi ini berukuran 14 MB an dan sudah mendapatkan lebih dari 100 juta unduhan sejak pertama rilis pada 27 Januari 2015. Aplikasi ini sangat saya rekomendasikan kepada anda yang ingin membagikan tugas sekolah secara online kepada para siswa.

9. Kalkulator

Aplikasi untuk pelajar selanjutnya adalah kalkulator. Banyak sekali jenis kalkulator, anda bisa menggunakan kalkulator bawaan maupun download kalkulator lainnya di play store.

Tidak bisa dipungkiri bahwa sekarang penggunaan ponsel untuk menghitung sangat kita butuhkan. Bahkan selain pelajar, banyak orang menggunakan ponsel sebagai media untuk menghitung.

10. PDF Reader

Terakhir ada PDF Reader, aplikasi yang kita butuhkan untuk membuka file dalam format PDF. Biasanya ebook-ebook materi pelajaran yang bertebaran di internet memiliki format PDF, maka dari itu penggunaan PDF reader tidak bisa kita pungkiri lagi.

Biasanya, setiap ponsel android memiliki PDF reader bawaan. Namun, jika anda tidak suka dengan versi bawaan ponsel, anda bisa mengunduh yang lainnya di play store.

Nah, di atas merupakan beberapa aplikasi yang bisa anda gunakan untuk mempermudah proses belajar mengajar. Menurut anda, aplikasi mana yang paling bermanfaat?, tulis jawaban anda di kolom komentar ya!. Semoga artikel di atas bermanfaat.

Bagikan:

Tags

Wawan Agusti

Usaha dan Berdoa itu Sangat Penting, Berjuanglah Sekuat Tenaga, Niscaya Perjuanganmu akan membuahkan Hasil Yang Manis.

5 pemikiran pada “10 Aplikasi Untuk Pelajar di Android yang Sangat Penting”

  1. ane tambahin gan, aplikasi photo math, sangat berguna banget nih bagi pelajar, terutama yang lagi menghadapi ujian :v

Tinggalkan komentar