11 Bisnis UKM yang Menjanjikan Omset Jutaan Rupiah

Kayeols

Bisnis UKM yang Menjanjikan Omset Jutaan Rupiah – Banyak yang berkata bahwa usaha kecil menengah atau UKM adalah sala satu motor penggerak perekonomian bangsa indonesia. Dilansir dari beberapa sumber, UKM menyumbang 50% lebih PDB (Product Domestic Bruto).

Selain menyumbang hampir setengah PDB negara, munculnya banyak UKM juga dapat memberikan peluang bagi mereka yang belum memiliki pekerjaan. Bahkan untuk alasan kedua inilah pemerintah indonesia banyak memberikan bantuan materi kepada masyarakat untuk membangun UKM.

Dari banyaknya pihak yang membuka UKM, tidak sedikit juga yang tidak mau membuka UKM, alasannya sangat beragam seperti modal, ilmu bisnis yang tidak cukup, takut bangkrut, tidak mengerti cara pemasaran dan masih banyak lagi.

Ya, namanya usaha memang butuh proses. Lebih baik mencoba daripada tidak sama sekali, benar teman-teman?. Jika anda memang takut membuka usaha kecil-kecilan karena banyak alasan, disini saya telah menuliskan beberapa jenis usaha kecil menengah yang nosa dilakukan oleh siapapun juga, berikut daftarnya.

Bisnis UKM yang Menjanjikan

1. Berjualan Kue/Membuka Toko Roti

roti

Bisnis UKM yang menghasilkan banyak keuntungan pertama yakni toko roti/kue. Roti merupakan salah satu makanan paling laris sekarang ini, karena pada umumnya selalu digunakan pada berbagai acara seperti pernikahan, ulang tahun, rapat, pertemuan klien, dan masih banyak lagi.

Baca Juga:  6 Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Trading Forex

Melihat hal tersebut, bisnis toko roti merupakan pilihan pertama bagi saya untuk bisnis UKM yang banyak dijalankan masyarakat Indonesia. Ketika anda membuka toko roti, usahakan anda juga memasang banner besar untuk pemesanan pribadi.

2. Menjual Jus Herbal Dari Sayur dan Buah

Minuman herbal semakin banyak diminati di Indonesia beberapa tahun belakangan ini. Hal tersebut benar sekali, lebih baik kembali ke herbal. Mengapa demikian?, karena sekarang banyak sekali makanan dan minuman yang dibuat dari campuran bahan kimia berbahaya seperti pentol dari formalin, borak, atau daging babi dan tikus.

Membayangkannya saja saya ingin muntah teman-teman, apalagi jika memakannya. Lalu apa makanan yang bisa benar-benar kita percayai?, jawabannya yakni makanan herbal seperti buah dan sayuran. Berjualan jus buah menjadi suatu peluang besar untuk bisnis karena jus herbal sangat banyak peminatnya, termasuk saya.

3. Menjual Berbagai Macam Kuliner

kuliner

Salah satu usaha kecil menengah yang patut teman-teman coba yakni kuliner. Kuliner yang banyak diminati masyarakat Indonesia contohnya bakso, mie ayam, nasi goreng, pangsit. Anda bisa membuat variasi/ide baru, seperti yang kemarin ada Bakso Hitam yang berasal dari surabaya.

Untuk merangkul banyak pembeli, anda bisa memberikan promo makan gratis untuk pembukaan pertama. Hal ini bertujuan agar banyak orang bisa merasakan bakso buatan anda. Selain promo, sediakan juga tempat makan yang beda dari biasanya. Contoh sediakan tempat makan lesehan dengan akses wifi gratis.

4. Membuka Warung Kopi

Pada artikel saya sebelumnya mengenai beberapa bisnis yang populer di Indonesia salah satunya adalah warung kopi. Namun anda harus memberi satu sentuhan kecil, yakni wifi. Warung kopi dengan sistem menawarkan wifi merupakan salah satu teknik jitu dalam meraup banyak keuntungan.

Baca Juga:  10 Contoh Bisnis Kreatif Mahasiswa Yang Menguntungkan & Menjanjikan

Semakin lama penikmat kopi duduk berlama-lama sambil wifian, maka peluang mereka memesan makanan dan minuman juga semakin besar. Bahkan beberapa tahun belakangan ini, bisnis warung kopi berbasis wifi menjadi salah satu bisnis ukm yang menjanjikan dengan omset puluhan juta per bulan.

5. Jasa Salon Kecantikan Dan Potong Rambut

salon kecantikan

Kecantikan dan ketampanan adalah dambaan semua orang, jadi salon kecantikan pastinya akan selalu ramai dikunjungi masyarakat terutama wanita. Bagi anda yang ingin membuka usaha kecil-kecilan hingga menengah, tidak ada salahnya jika anda mencoba membuka bisnis ukm ini.

Tidak seperti wanita, lelaki pada umumnya hanya memotong rambut untuk merubah penampilan, dan mereka jarang membutuhkan perawatan salon. Sekarang, biaya potong rambut setidaknya sekitar 6000 rupiah, bayangkan jika anda bisa mencukur rambut sekitar 10-15 kepala perhari, pasti cukup untuk kebutuhan sehari.

6. Menjalankan Bisnis Musiman

Pada musimnya, jika anda membuka jenis usaha ini maka anda bisa mendapatkan untung berlimpah. Contoh usaha musiman yang menjanjikan yakni membuka warung takjil saat bulan puasa, berjualan jus buah saat musim kemarau tiba, membuka warung kopi tradisional dan layar tancap saat piala dunia, serta masih banyak lagi.

Baca Juga :

7. Membuka Bengkel Perbaikan Kendaraan Bermotor

bengkel

Dari tahun ke tahun pengguna kendaraan bermotor selalu meningkat, baik kendaraan roda dua maupun roda empat. Semakin banyaknya kendaraan bermotor, pastinya kebutuhan akan onderdil dan sparepart kendaraan bermotor juga semakin meningkat.

Maka dari itu dengan membuka bisnis bengkel kendaraan bermotor yang menyediakan berbagai keperluan dan sparepart kendaraan bermotor sangat menguntungkan dan menjanjikan serta bisa bertahan hingga berpuluh-puluh tahun ke depan.

Baca Juga:  7 Cara Memulai Bisnis Properti untuk Pemula yang Baik dan Benar

8. Membuka Kursus Beberapa Mata Pelajaran

Pelajaran dan ilmu pengetahuan selalu dicari setiap saat, baik muda hingga tua. Mungkin di daerah tempat tinggal anda banyak kursus atau tempat untuk les privat, anda juga bisa membuka salah satu bisnis ukm yang menjanjikan yakni les privat tersebut hanya dengan bekal kepintaran yang anda punya.

9. Menjual Tanah, Properti, Dan Mebel

bisnis ukm yang menjanjikan bisnis jualan tanah

Semakin tahun, jumlah masyarakat yang membangun tempat tinggal semakin meningkat. Bahkan, sawah yang dulunya sangat luas sekarang sudah semakin sempit. Ini karena faktor jumlah penduduk yang bertambah dan kebutuhan akan tempat tinggal yang harus kita penuhi.

Maka dari itu mau tidak mau mereka harus membeli tanah untuk membangun rumah. Nah, bagi anda yang berminat dengan bisnis ini, dibutuhkan dana yang besar, untuk cara bisnisnya sangat mudah. Sekarang anda bisa membeli tanah yang murah, dan bisa menjual kembali 2-3 tahun ke depan dengan harga yang lebih mahal.

10. Jasa Cuci Kendaraan Bermotor

Selain bengkel perbaikan kendaraan bermotor yang menyediakan berbagai sparepart, lebih sempurna lagi jika anda menyisipkan salah satu poin ini. Jasa cuci kendaraan bermotor juga sangat diminati oleh kebanyakan pengguna kendaraan bermotor, mengapa demikian?. Karena biasanya mereka tidak mempunyai waktu.

Waktu untuk merawat kendaraan dan ada juga yang tidak mau mencuci kendaraan nya dikarenakan malas. Maka dari itu mereka lebih memilih mencucikannya ke jasa cuci kendaraan bermotor. Untuk anda yang ingin membuka usaha ini, memang membutuhkan modal lumayan besar untuk pembelian alat steam, sabun, dan lainnya.

Itulah beberapa bisnis ukm yang menjanjikan dan mudah untuk kita lakukan. Masih banyak lagi usaha yang bisa anda lakukan selain 10 bisnis ukm yang sudah saya jelaskan panjang lebar di atas. Sebelum menjalankan bisnis ukm, ada baiknya anda belajar sedikit-demi sedikit ilmu bisnis.

Sekian artikel ini, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda yang ingin mencoba salah satu bisnis ukm dan semoga bisa menjadi referensi yang bermanfaat untuk anda semua. Terima kasih atas kunjungan anda dan jangan lupa berkunjung kembali.

Bagikan:

Tags

Kayeols

Usaha dan Berdoa itu Sangat Penting, Berjuanglah Sekuat Tenaga, Niscaya Perjuanganmu akan membuahkan Hasil Yang Manis.

Tinggalkan komentar