oleh

6 Cara Bermain Rubik 3×3 Untuk Pemula Yang Efektif Dan Cepat

6 Cara Bermain Rubik 3×3 Untuk Pemula Yang Efektif Dan Cepat – Rubik merupakan salah satu mainan yang mengharuskan para penggunanya untuk lebih memutar otak agar dapat menyelesaikan semua layer dengan warna yang sama. Memang untuk rubik ini ada rumus khusus bagi yang mau belajar. Rumus tersebut biasanya berupa kode L, R, D, U, dan lain sebagainya.

Banyak juga beredar buku cara belajar menyelesaikan rubik terutama yang memiliki pola 3X3. Harganya juga berbeda beda, tergantung isi dari buku tersebut. Terkadang ada yang dicampur dengan rubik pola lainnya, ada juga yang dilengkapi penjelasan apa itu rubik, kapan diciptakan, dan lain sebagainya.

Pada artikel kali ini, Mimin akan memberikan sedikit tips atau referensi tentang tips belajar rubik 3×3. Tips berikut bisa kalian terapkan atau mungkin kalian akan menerapkan sesuai dengan kenyamanan kalian sendiri sendiri.

Cara Bermain Rubik 3×3 Untuk Pemula

1. Pahami Dan Pelajari Bagian Rubik

bagian rubik

Disini ada beberapa bagian rubik yang wajib anda ketahui untuk melangkah ke metode selanjutnya. Rubik yang berukuran 3×3 ini memiliki 27 bagian kecil yang saling terhubungkan pada poros. Terdiri dari 6 sisi, yang tiap sisinya memiliki warna yang berbeda. Berikut nama bagian-bagian tersebut.

  • Center : bagian tengah rubik yang posisinya paten alias tidak bisa dipindah.
  • Edge : bagian tengah sisi samping rubik.
  • Corner : bagian ujung-ujung dari rubik.
  • Layer : Terbagi menjadi 3 sisi, dimulai dari bawah adalah Layer 1, kemudian samping adalah layer 2, dan terakhir atas adalah Layer 3.

2. Cara Bermain Rubik 3×3 Untuk Pemula Dengan Mempelajari Jenis Pergerakan Rubik

Untuk tips yang pertama, kalian harus mengetahui terlebih dahulu macam macam transisi pada rubik. Ada yang putar kiri satu kali, dua kali, atau sebaliknya. Dengan cara ini, kalian bisa lebih efektif dan lebih terstruktur dalam belajar menyelesaikan rubik terutama rubik 3×3.

3. Menghafal Setiap Rumus Layer

rumus rubik 3x3

Menghafal pada trik kali ini sangat diwajibkan. Sebab, dengan menghafal kita bisa lebih mudah dalam menyelesaikan rubik secara bertahap. Rata rata orang menyelesaikan rubik itu dari satu warna, lalu berlanjut ke warnya selanjutnya. Terkadang ada juga rumus cepat yang tanpa menyelesaikan satu satu layer itu bisa jadi. Tapi semua tergantung kalian juga mana yang pas untuk kenyamanan belajar kalian.

Baca Juga :

Kalau untuk menyelesaikan setiap layer, ini harus bertahap. Karena itu tadi, semua ada rumus nya dan jika kalian melewatkan satu putaran saja itu akan berakibat rubik kalian tidak akan bisa terselesaikan. Maka dari itu pentingnya memperhatikan cara yang satu ini.

4. Cara Bermain Rubik 3×3 Untuk Pemula Dengan Fokus Pada Satu Layer/Warna Dulu

Jika ingin menyelesaikan rubik secara menyeluruh, anda harus berfokus pada satu warna terlebih dahulu, kemudian pindah ke warna lainnya satu demi satu. Jangan berfokus pada semua warna, karena itu tidak mungkin. Biasanya dimulai dari bawah, kemudian warna samping, dan terakhir atas

5. Pakai Rubik Sesuai Kebutuhan Saja

orang belajar rubik

Cara selanjutnya adalah kita harus menggunakan rubik yang sesuai dengan kebutuhan kita. Misalnya saja kita ingin lebih cepat dalam bermain rubik, bisa kalian menggunakan rubik dengan kualitas bagus. Kualitas juga mempengaruhi kecepatan transisi rubik, lalu warna tidak mudah pudar dan juga awet.

Jika kalian hanya ingin mempelajari tahapan tahapan memutar rubik bisa dengan membeli rubik dengan kualitas biasa dahulu. Dan kalau sudah terasa bisa menguasai, bisa beranjak dengan menggunakan rubik yang berkualitas.

6. Jangan Lupa Istirahat

Terakhir jangan lupa beristirahat. Jika kita merasa lelah ketika mempelajari bagaimana menyelesaikan rubik tersebut, solusinya hanya satu, yakni istirahat. Istirahat disini bisa beragam, bisa dengan tidur bisa juga dengan mencari hiburan dengan keluar dan sebagainya. Intinya jangan terlalu menghabiskan waktu dengan mempelajari rubik tersebut, karena masih ada juga pekerjaan yang harus kalian kerjakan.

Karena bermain rubik ini bisa kalian lakukan disela waktu senggang. Berbeda halnya ketika kalian ingin mengikuti perlombaan, pasti harus ada waktu khusus untuk berlatih. Namun jika kalian masih belajar, cukup disela waktu senggang saja dan manfaatkan sebaik baiknya waktu yang kalian gunakan.

Mungkin beberapa cara di atas dapat membantu kalian dalam bermain rubik. Oke, sekian artikel ini, semoga bermanfaat untuk anda semua. Terima kasih atas kunjungannya dan jangan lupa kembali lagi.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *