3 Cara Cek Garansi Samsung Indonesia (SEIN) Dengan Mudah

Cara Cek Garansi Samsung Indonesia (SEIN) Dengan Mudah – Samsung SEIN merupakan samsung yang mendapatkan garansi resmi di Indonesia. Dengan garansi ini, para pengguna akan mendapatkan dukungan servis selama 1 tahun di semua pusat servis samsung seluruh Indonesia.

Namun sayangnya tidak semua ponsel samsung memiliki garansi resmi SEIN, alias samsung produk luar negeri yang tidak mendapatkan ijin resmi di indonesia.

Terkadang, ada penjual nakal yang berkata bahwa ponsel samsung yang dijual adalah samsung sein, namun ketika ponsel sudah berhasil dijual dan penjual menghilang, tidak ada garansi sein pada ponsel tersebut. Hal ini sering dilakukan oleh penjual ponsel samsung bekas.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, anda bisa mengecek garansi SEIN ini sebelum benar benar membeli ponsel samsung. Bagaimana caranya?, simak tutorial di bawah sampai selesai!.

A. Cara Cek Garansi Samsung Indonesia (SEIN) Dengan Mudah

1. Dengan Situs Imei.info

  • Cek nomor IMEI ponsel anda terlebih dahulu dengan cara menekan kode *#06# pada menu dial.
  • Ketika sudah muncul nomor IMEI nya, Catat atau screenshoot.
  • Setelah itu masuk ke situs imei.info.imei info
  • Daftar terlebih dahulu di situs tersebut.
  • Setelah daftar, masukan nomor IMEI yang sudah dicatat tadi, lalu klik Check. Jangan lupa untuk mengisi kode Captcha
  • Tunggu beberapa saat sampai situs tersebut menampilakn informasi seputar perangkat berdasarkan nomor IMEI yang barusan dimasukan.
  • Untuk cek masa garansi, klik pada menu Warranty via SN.
  • Masukan Serial Number yang tadi sudah dicatat. Lalu klik Check Samsung Phone details.
  • Terakhir, anda bisa melihat informasi masa berlaku garansi hp Samsung anda.

2. Menghubungi Customer Samsung

Selain produknya bagus, samsung juga memiliki layanan call center yang siap melayani konsumen 24 jam. Jika terjadi apa apa dengan ponsel samsung anda, termasuk mengecek garansi ponsel, anda bisa menghubungi customer samsung di beberapa layanannya, mulai dari :

  • Chat WA di 0818-02155777.
  • Live Chat di samsung.com
  • Email di samsung.com
  • Email to CEO’s Office di situs resmi samsung.com

Dengan layanan online dari Samsung tersebut, anda tidak perlu jauh jauh datang ke Service Center hanya untuk menanyakan perihal garansi.

3. Cek Di Dusbook (Khusus Ponsel Samsung Baru)

garansi samsung

Khusus ponsel baru, anda akan dijelaskan perihal garansi dari karyawan samsung, dan biasanya ini dituliskan di kartu garansi maupun dusbook ponsel samsung.

Jadi, anda bisa mengecek kartu garansi tersebut atau dusbooknya dan jangan sampai hilang. Selain bisa digunakan untuk servis gratis, kartu garansi ini akan berguna ketika anda menjual ponsel samsung anda kembali agar harganya tidak turun jauh.

4. Dengan Kode Rahasia

Untuk cara kedua ini terbilang mudah, karena tidak membutuhkan internet dan browser. Berikut tutorialnya :

  • Buka dial pad ponsel samsung anda dan ketik kode *#12580*369# untuk memanggil menu tersembunyi dari ponsel Samsung anda.
  • Kemudian, akan muncul menu pada ponsel Samsung anda.Lihat pada RF Cal, yang merupakan tanggal ketika anda membeli HP Samsung. Keterang RF Cal secara berturut adalah Tahun – Tanggal – Bulan. Jadi anda bisa memperkirakan habis masa garansi anda.

Baca Juga :

B. Ketentuan Garansi Samsung

Ada hal yang harus kalian ketahui perihal Garansi Samsung, yakni :

Garansi Berlaku Apabila :

  • Garansi berlaku untuk semua produk PT. Samsung Electronics Indonesia dan berlaku di Indonesia.
  • Garansi berlaku sesuai dengan jangka waktu yang sudah PT. Samsung Electronics Indonesia tetapkan, yaitu selama 12 bulan.
  • Selama masih dalam masa garansi, pihak samsung tidak akan menarik biaya pergantian sparepart, alias gratis.
  • Perbaikan kerusakan dilakukan di Pusat Pelayanan Purna Jual Samsung seluruh Indonesia dengan menyertakan buku garansi.

Garansi Tidak Berlaku Apabila :

  • Buku garansi tidak diisi dengan lengkap atau tidak sesuai dengan nomor IMEI, nomor seri dan model.
  • Nomor IMEI, nomor seri, dan model telah dirubah atau dihapus.
  • Kerusakan karena kesalahan pengguna atau human error dan tidak sesuai dengan buku petunjuk.
  • Telah terbuka segel atau hologram dan sebagian sparepartnya sudah diganti dengan sparepart non original.
  • Ponsel dalam kondisi sudah di root.
  • Masa garansi telah melebihi 12 bulan.

Sudah paham kan tentang garansi samsung?, jadi sebelum mengklaim garansi, ada baiknya anda mengetahui ketentun garansinya terlebih dahulu. Atau anda bisa menanyakan garansi tersebut seccara online.

Oke, sekian artikel ini, semoga bermanfaat ya!. Jangan lupa kembali lagi teman-teman!.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *