Cara Daftar Peserta PKH Online Dengan Benar

Cara Daftar Peserta PKH Online Dengan Benar – PKH atau kita sebut juga dengan Program Keluarga Harapan, merupakan suatu program penanggulangan kemiskinan melewati pemberian berupa bantuan tunai kepada keluarga sangat miskin. Tentu saja pemberian tersebut juga berdasarkan persyaratan serta ketentuan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Lantas siapa saja yang berhak menerika PKH?.

PKH tersebut akan diberikan sesuai ketentuan, mulai dari memiliki anak berusia 0 sampai 6 tahun, memiliki anak berusia kurang dari 18 tahun yang belum menyelesaikan pendidikan dasar (SD & SMP), dan terdapat ibu yang sedang nifas atau hamil. Jadi itulah mengenai siapa penerima yang layak, berikutnya kita akan berbicara mengenai manfaat bantuan.

Bantuan yang diberikan nanti berupa uang tunai 600 ribu hingga 2,2 juta per tahun sesuai ketentuan yang sudah ditetapkan ataupun berlaku yang diserahkan langsung ke kepala keluarga. Bantuan tersebut diharapkan mampu mencukupi pada bidang pendidikan maupun kesehatan keluarga.

Berbicara mengenai PKH, mungkin anda ingin mendaftar secara online?. Mengingat teknologi sudah semakin maju dan canggih, pastinya daftarnya pun kini sudah bisa online. Namun mungkin banyak diantara kalian yang masih bekum mengetahui caranya. Tenang tidak perlu khawatir, karena di bawah ini saya akan menjelaskan mengenai caranya.

Cara Daftar Peserta PKH Online Dengan Benar

A. Hal Yang Harus Dipersiapkan

  • Sebelum itu anda perlu menyiapkan data-data mulai dari KTP asli, dan siapkan juga ktp dalam format JPG atau JPEG dan ukurannya tidak boleh melebihi 500kb. Tak hanya itu saja, pastikan ktpnya terlihat jelas, tidak buram dan bruwet, atau dengan kata lain terlihat jelas.
  • Selain itu kalian juga perlu menyiapkan email yang aktif dan saat ini digunakan, dan siapkan juga surat keterangan domisili dalam bentuk format JPG atau JPEG. Untuk ukurannya tidak boleh melebihi 500 kb, dan harus terlihat jelas. Lalu siapkan juga ijazah pendidikan terakhir dalam bentuk JPG/JPEG ukurannya tidak boleh di atas 500kb dan wajib terbaca.
  • Setelah itu kalian juga wajib menyiapkan sertifikat pelatihan jika 5 ada sebisa mungkin 5 sertifikat. Apabila anda hanya memiliki satu sertifikat saja tenang satu pun sudah cukup dan diperbolehkan. Bahkan jika anda tidak memiliki juga tidak masalah, namun hal ini akan mempengaruhi.
  • Aturan sama yakni dilarang keras ukurannya melebihi 500kb, dan wajib terlihat jelas. Selain itu kalian juga bisa menyiapkan berkas prestasi sosial ataupun yang berhubungan dengan sosial jika ada. Peraturannya tetap sama tidak boleh melebihi ukuran 500kb ke atas.

B. Tips Biar Hasil Foto Jelas

Apabila smartphone atau ponsel anda tidak memiliki kualitas yang bagus. Anda bisa meminta tolong tetangga anda ataupun saudara anda untuk memfotokan dokumen-dokumen penting anda. Apabila ukurannya terlalu besar untuk fotonya, kalian bisa menggunakan website untuk memperkecil ukuran foto.

Tentu saja walaupun ukurannya menjadi kecil, tetapi kualitasnya tidak berkurang. Anda bisa menggunakan situs tinypng.com untuk memperkecil hasil jepretan dokumen kalian.

Baca Juga :

C. Cara Daftar Peserta PKH Online

  1. Langkah pertama silahkan kalian kunjungi website ini atau klik link ini https://ssdm.pkh.kemsos.go.id/site/pendaftaran
  2. Berikutnya silahkan daftar terlebih dahulu dengan menggunakan nomor NIK kalian
  3. Setelah itu ikuti alurnya, dan berikutnya cek email nanti di email akan diberikan informasi password untuk login
  4. Silahkan login dengan menggunakan NIK dan Password untuk masukdaftar pkh online
  5. Setelah itu silahkan isi data dengan teliti dan hati-hati biar gak salah
  6. Selanjutnya isi sampai selesai, baca kembali biar gak salah, usahakan isi semua jangan sampai ada yang kosong dan salah.daftar pkh
  7. Berikutnya klik next pada pojok kanan atas
  8. Silahkan unggah file ktp, unggah file domisili, unggah file sertifikat pelatihan, unggah file praktik kerja atau pengalaman kerja, dan unggah juga file prestasi
  9. Lalu jangan lupa klik upload
  10. Berikutnya silahkan lihat berkas kembali
  11. Lalu setelah itu cek data kembali, apabila sudah yakin jangan lupa untuk menyelesaikan pendaftaran dan mengirim lamaran tersebut.
  12. Apabila lamaran sudah berhasil terkirim, maka akan diberikan laporan bahwa anda sudah mengirimkan

Jika diterima, anda akan menerima email di alamat email yang sudah anda masukkan tadi. Tetap pantau email anda setiap saat, terutama pada jam kerja senin sampai jum’at.

PKH online adalah suatu program yang dikhususkan bagi keluarga tidak mampu, jadi demi menolong sesama, bagi anda yang mampu, lebih baik memberikannya kepada yang lain. Oke, Jadi itulah mengenai cara daftar peserta pkh online, semoga bermanfaat, sekian, dan terima kasih.

 

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

6 komentar

  1. Saya cacat dari lahir tidak perna dikasi kartu pkh dari bansos Samarinda. Apa lagi bantuan sembako keluar padahal data aku lengkap. Bulan kemarin aku ngadu sama bansos Samarinda minta kartu PKH dan bantuan sembako. malah aku diancam semua bansos yang ada dikantor jalan Dahlia bila aku posting digrup menuntut dibikinkan kartu PKH dan bantuan sembako. Tolong aku aku cacat dar lahir😭😭😭

  2. Assalamualaikum warahmatullahi wa barokatuh mohon masukan saya peserta PKH karna saya punya anak sekolah SD kelas 3,lom pernah dapat bantuan apa 2