√ Cara Kirim Paket Lewat JNE Express Bagi Pemula (UPDATED)

Cara Kirim Paket Lewat JNE Express Bagi Pemula (UPDATED) – JNE adalah salah satu dari sekian banyak perusahaan ekspedisi yang melayani pengiriman barang ke seluruh Indonesia.

Banyak orang melakukan pengiriman barang melalui JNE express dan hasilnya sangat memuaskan. Bagi anda yang belum pernah mengirim barang melalui JNE dan ingin melakukannya, tentu ada langkah-langkahnya.

Berikut langkah-langkah yang bisa anda ikuti jika bingung mengirim barang melalui JNE. Simak sampai selesai ya!.

A. Cara Kirim Paket Lewat JNE Express Bagi Pemula

1. Cek Ongkos Kirim Terlebih Dahulu

Yang pertama tentu saja anda harus mengecek ongkos kirim dari alamat rumah anda ke alamat penerima barang. Untuk melakukan pengecekan, anda bisa menggunakan aplikasi di google play store maupun langsung ke situs webnya. Berikut cara pengecekannya :

  • Melalui Situs Web :
    • Kunjungi Website resmi JNE Express di https://www.jne.co.id/id/beranda.jne cek tarif
    • Pada bagian Tarif Kiriman di halaman utama, masukkan Kota Asal Pengirim (Origin), Kota Tujuan Penerima (Destination) dan Berat Barang (Weight). Setelah itu klik Check, maka akan ditampilkan detail tarif biaya pengiriman secara lengkap
  • Dengan Aplikasi :
    • Pertama, download Aplikasi My JNE di play store atau AppStore (iPhone).
    • Kemudian buka Aplikasinya dan tekan menu Cek Tarif.
    • Masukkan Kota Asal, Kota Tujuan dan Berat Barang pada kolom yang tersedia.
    • Jika barang anda berukuran besar masukkan juga Dimensi Barang (Panjang x Lebar x Tinggi) serta Asuransi (jika ada). Setelah itu tekan Submit, lalu akan tampil detail tarif/ongkos pengiriman/

2. Packing Paket

Proses selanjutnya adalah mengemas paket. Hal ini bisa anda lakukan sendiri atau juga bisa membawanya ke kantor JNE terdekat dan meminta bantuan untuk pengemasan paket.

Jika anda menggunakan jasa pengemasan JNE, tentunya akan dikenakan biaya plastik, kertas, dan materi lain yang mereka gunakan dalam proses pengemasan.

3. Tulis Alamat Penerima & Pengirim

Jangan lupa untuk menuliskan alamat pengirim dan penerima secara lengkap. Anda bisa menempelkan kertas khusus pada paket tentang nama pengirim, alamat pengirim, nomor handphone pengirim, alamat penerima, nama penerima, dan nomor handphone penerima.

Baca Juga :

4. Datang Ke Kantor JNE dan Kirim Paket

Setelah barang sudah anda kemas dengan baik, proses selanjutnya adalah datang ke kantor JNE Express terdekat untuk mengirim barang sesuai destinasi yang sudah anda tulis sebelumnya.

Datanglah pada jam kerjanya, bagi anda yang belum tau jam kerja JNE, berikut daftarnya :

  • Senin – Jum’at = 08.00 – 19.30
  • Sabtu = 08.00 – 15.00
  • Minggu = 08.00 – 14.00

Selain waktu di atas, mungkin kantor JNE lainnya di kota anda memiliki jam kerja berbeda-beda.

5. Memilih Paket Pengiriman

Setelah tiba, anda akan disuguhkan beberapa pilihan layanan dari JNE Express. Berikut rinciannya :

  • JNE REG (Reguler) : Layanan kirim paket dengan estimasi waktu sampai 1-7 hari kerja (sesuai jarak tempuh). Pengiriman tidak berlaku untuk hari Minggu & libur nasional.
  • JNE YES (Yakin Esok Sampai) : Layanan kirim paket dengan estimasi waktu sampai 1 hari (termasuk hari Minggu & libur nasional). Ada garansi uang kembali jika terlambat.
  • JNE OKE (Ongkos Kirim Ekonomis) : Layanan kirim paket dengan harga yang lebih ekonomis dibanding layanan Reguler. Pengiriman tidak berlaku untuk hari Sabtu, Minggu, dan libur nasional.
  • JNE Trucking (JTR) : Layanan kirim paket minimum 10 kg menggunakan armada truk dengan harga yang lebih hemat. Biasanya layanan ini banyak digunakan untuk mengirim furniture, motor, dan lainnya.

Sebagai pelengkap, selain memilih tipe layanan, diharapkan Anda juga mengasuransikan paket yang Anda kirim. Supaya jika nanti terjadi kerusakan atau barang hilang, Anda bisa melakukan klaim kepada pihak JNE untuk mendapatkan ganti rugi.

6. Cek Status Pengiriman

lacak paket jne

Setelah diproses oleh petugas JNE, nanti kamu diberi nomor resi. Nomor Resi inilah yang akan kamu gunakan untuk mengecek barang kiriman sudah sampai mana. Kamu bisa mengeceknya secara online melalui situs-situs cek kiriman online yang beredar di internet.

7. Barang Sampai di Tujuan

Ketika barang sudah sampai, pihak JNE biasanya akan mengirim SMS terkait barang yang sudah sampai. Atau anda bisa mengeceknya secara manual melalui nomor Resi. Selain itu, banyak juga pihak penerima yang menghubungi pengirim bahwa barang sudah diterima.

B. Ketentuan Syarat Standar Pengiriman JNE

Untuk informasi tambahan, diketahui dalam pengiriman barang JNE Express ini terdapat syarat dan ketentuan yang pihak JNE tetapkan. Ketentuan ini berlaku untuk semua pelanggan yang ingin mengirimkan paket. Berikut ketentuanya :

  • Seluruh transaksi sehubungan dengan Layanan Pengiriman dilakukan berdasarkan syarat dan ketentuan yang diatur dalam SSP JNE dan Standart Operating Procedure yang berlaku.
  • Layanan Pengiriman JNE Express terdiri dari Layanan pengiriman JNE berdasarkan sistem pembayaran yang terbagi menjadi Layanan Pengiriman Cash Basis dan Layanan Pengiriman Postpaid dan Layanan Pengiriman JNE berdasarkan jangka waktu pengiriman sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh JNE.
  • Layanan Pengiriman berdasarkan jangka waktu pengiriman akan tunduk pada jarak, ketersediaan dan dukungan fasilitas dari tempat asal pengiriman ke tempat tujuan pengiriman.
  • Ketentuan lain yang belum diatur dalam SSP JNE, akan dibuat dan diatur dalam perjanjian tersendiri secara tertulis.

Jadi itulah cara kirim paket lewat jne express dengan mudah dan cepat dari awal proses cek ongkos kirim hingga barang sampai di tujuan. Bagaimana, mudah sekali kan?.

Sekian artikel ini, semoga bermanfaat ya!. Jika anda masih bingung dengan tutorial di atas, tulis di kolom komentar ya teman-teman!.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *