10 Cara Membedakan Iphone Asli Dan HDC Dengan Mudah

Cara Membedakan Iphone Asli Dan HDC Dengan Mudah – Iphone sendiri salah satu smartphone yang sangat diminati oleh banyak kalangan apalagi cewek-cewek, pasti suka sekali. Saat ini pun sudah hampir mencapai versi yang ke 12, jadi iphone 12. Walaupun saat ini yang terbaru masih iphone 11 pro max, mungkin akan ada lagi iphone 12. Namun yang dibahas bukanlah hal tersebut.

Banyak sekali yang menginginkan iphone dikarenakan kualitas kameranya yang bagus dan dilengkapi sensor yang gak ada duanya di hp merk lain. Maka dari itu iphone pun laku keras di pasaran walaupun memiliki harga selangit. Dibalik laris manisnya iphone, terdapat juga para oknum-oknum nakal yang membuat hp iphone tiruan atau saat ini sering kita sebut hdc.

HDC merupakan produsen smartphone yang mampu melakukan supercopy dimana bisa menghasilkan smartphone tiruan dengan tingkat kesamaan yakni 99%. Wow, luar biasa sekali ya, maka dari itu anda kemungkinan besar akan merasa kesulitan untuk membedakannya. Maka dari itu, disini kalian wajib mengerti cara membedakan iphone asli dengan replikanya jika tidak ingin ditipu mentah-mentah. Langsung saja simak caranya.

Cara Membedakan Iphone Asli Dan HDC

1. Cek Bagian Body dan Warna

Untuk cara pertama ini dibutuhkan kejelian yang super teliti, karena dari body memang mirip sekali. Akan tetapi terdapat perbedaan yang mencolok kok, dimana warna yang diberikan iphone hdc kurang begitu kuat atau kurang tajam, dengan kata lain kurang smooth. Sedangkan untuk iphone ori biasanya lebih smooth dan warnanya kayak wah gitu.

2. Cek APP STORE

appstore iphone

Cara kedua untuk membedakan iphone asli dengan iphone hdc yakni silahkan cek app storenya. Apabila ketika kita membuka app store di hp iphone kita bisa maka 100% itu adalah ori. Sedangkan biasanya jika membuka app store tidak bisa dan tidak mau memproses, maka kemungkinan besar itu adalah fake. Selain itu biasanya juga ada google play store, dan itu menandakan handphone itu bukan iphone asli.

3. Cek Kelancaran Smartphone

Yang dimaksud disini yakni silahkan kalian coba untuk mengoperasikan berbagai macam aplikasi. So anda membuka banyak aplikasi, setelah itu tinggal dicek saja apakah langsung lemot. Jika ngelag banget, maka kemungkinan besar itu adalah iphone yang fake alias hdc.

Apabila tetap lancar dan tanpa masalah, bisa saja itu adalah iphone original. Sebaru-barunya iphone dan sekecil-kecilnya ram iphone, jika membuka banyak aplikasi tidak akan ngelag banget.

4. Cek Bagian Kamera

kamera iphone

Cara berikutnya inilah yang menandakan sekali perbedaan antara iphone palsu danh supercopy. Yakni caranya silahkan buka saja kamera kalian, setelah itu coba buat rekam video atau ambil foto smartphone. Lalu coba juga berbagai macam fitur mulai dari ultrawide, depth sensor, panorama, dan masih banyak lagi. Jika lancar tanpa masalah alias smooth gerakannya maka itu adalah asli. Apabila ngelag dan lemot minta ampun, maka itu adalah iphone hdc.

5. Cara Membedakan Iphone Asli Dan HDC Melalui iTunes

Jika kalian membeli iphone baru, cobalah cek bagian itunesnya. Caranya silahkan instal itunes di pc/laptop anda, kemudian sambungkan iphone anda dengan pc tersebut. Lihat, apakah iphone anda terhubung dengan itunes, jika terhubung, bisa dipastikan bahwa iphone anda asli, dan jika tidak terbaca, maka positif palsu, hehehe.

6. Cek Garansi Iphone Melalui Website

coverage iphone

Tips lainnya yakni coba cek garansi iphone melalui website, caranya yakni lihat nomor IMEI yang ada di dusbook iphone anda, setelah itu masuk ke checkcoverage.apple.com, masukkan nomor seri/nomor imei anda, kemudian klik lanjutjkan untuk mengecek garansi. Jika terlihat garansi, maka dipastikan itu asli, dan jika tidak terlihat, maka itu adalah palsu.

Baca Juga :

7. Cek Dari Harga

Dilihat  dari harga, memang iphone asli dengan hdc memiliki harga yang jomplang/tidak logis. Contohnya saja iphone 11 asli harganya 15 juta, yang hdc mungkin hanya 3 sampai 5 juta. Jadi jangan tertipu dengan harga yang murah ya teman-teman, bisa bisa yang anda dapatkan adalah handphone sisa, rusak, atau rekondisi.

8. Lihat Ada Slot SD Card Atau Tidak

memori card hp

Untuk ini, anda bisa melihat semua iphone, pasti tidak ada slot memori eksternalnya. Anda bisa membacanya di situs-situs spesifikasi smartphone, dan lihat apakah iphone memiliki slot sd card atau tidak. Jika memiliki slot, fix itu adalah iphone palsu, karena semua iphone tidak memiliki slot memori eskternal.

9. Hanya Iphone Asli Yang Punya Retina Display

Teknologi retina display ini sudah ada sejak generasi iphone 4, dan sejak saat itu hingga sekarang, semua iphone memiliki fitur retina display. Dan fitur ini adalah bagian dari produk apple yang tidak bisa ditiru sembarangan. Jadi, jika ada produk iphone 4 ke atas yang tidak memiliki retina display, fix itu adalah iphone palsu.

10. Cek Bagian Dalam Iphone (Tidak Wajib)

cara membedakan iphone asli dan hdc iphone

Langkah terakhir untuk mengecek keaslian iphone dibutuhkan skill dalam membuka casing iphone. Karena ketika anda bisa melakukan cara ini sudah benar benar jelas bahwa itu adalah iphone asli ataupun hdc. Biasanya iphone yang asli bagian dalamnya rapi dan benar benar tersetting sesuai dengan lokasinya.

Sedangkan untuk iphone hdc biasanya agak berantakan bahkan bisa juga terdapat beberapa lecet karena kesalahan membuka dan sebagainya. Pokoknya bakal terlihat banget apabila iphone tersebut habis dibongkar.

Jadi itulah mengenai cara membedakan iphone asli dengan iphone hdc. Semoga bermanfaat untuk kalian semuanya, dan semoga anda semua tidak tertipu dengan iphone palsu, sekian, dan terima kasih. Apabila ada pertanyaan silahkan komentar di bawah ini.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *