3 Cara Membuat Daftar Isi Di Microsoft Word 2010 Dengan Mudah

Cara Membuat Daftar Isi Di Microsoft Word 2010 Dengan Mudah – Banyak sekali software microsoft yang kita manfaatkan sehari-harinya. Entah itu untuk pekerjaan, mengerjakan tugas, menyusun laporan dan masih banyak lagi. Sistem Besutan dari Bill Gates dan Paul Allen ini memang memberikan dampak yang positif. Coba saja apabila tidak ditemukan dan tidak dibuat microsoft, pasti banyak yang kesulitan untuk menyelesaikan deadline maupun pekerjaan.

Salah satu software yang sering digunakan juga dalam semua bidang yaitu microsoft word. Pasti anda sudah tahu betul mengenai microsoft word atau kita sering sebut juga dengan ms word. Tidak mungkin anak sekolah dan anak jaman sekarang tidak mengenal software microsoft.

Memang jika kita lihat pengoperasiannya begitu mudah, walaupun begitu nyatanya masih banyak juga yang mengalami masalah atau kendala ketika pengoperasian untuk lebih detail. Misalnya saja dalam pembuatan daftar isi pada laporan , skripsi, ataupun tesis dan sebagainya. Banyak yang merasa dan bingung untuk cara bikin daftar isi di ms word. Padahal ini sudah ada program otomatis, cuma kita aja yang belum tahu saja.

Bagi kalian yang memang pengen tahu gak perlu khawatir lagi. Karena pada artikel ini saya akan menjelaskan cara membuat daftar isi di ms word dengan mudah dan praktis. Untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasan di bawah ini.

Cara Membuat Daftar Isi Di Microsoft Word

1. Mengatur Heading Blok

Agar kalian bisa membuat daftar isi secara otomatis dan tidak menulis manual, sebelum itu pastikan kalian sudah mengatur pada bagian heading blok. Untuk caranya sendiri, pertama silahkan blok pada bagian yang ingin kalian jadikan sebagai halaman untuk pembuatan daftar isi. Jika sudah, selanjutnya silahkan atur heading dengan menggunakan fitur style, ini lokasinya pada tab home bagian atas.

Berikutnya silahkan pilih heading 1 untuk bagian utamanya, sedangkan untuk heading 2 itu untuk sub bagian-bagiannya. Nah silahkan lakukan cara tersebut hingga selesai dan pastikan sesuaikan dengan tugas kalian juga.

Baca Juga :

2. Membuat Daftar Isi (Blok)

Langkah yang kedua apabila kalian sudah berhasil menyelesaikan langkah yang pertama, silahkan kalian memasukkan daftar isi dengan rapi dan benar. Nah untuk caranya sendiri perhatikan di bawah ini:

  • Pertama silahkan kalian masuk ke menu references
  • Setelah itu silahkan kalian pilih saja bagian TOC atau Table Of Contents.reference table of content
  • Dilanjut silahkan kalian bisa memilih di sini antara mau secara otomatis atau manual, jika skripsi atau laporan alangkah baiknya kalian lakukan secara manual takutnya salah. Akan tetapi jika mau secara otomatis juga gak masalah kok.

Perlu kalian ketahui bahwa ada ada opsi pertama dan opsi kedua merpakan tabel otomatis (automatic table 1 dan 2). Lalu kalian juga bisa menambahkan rincian ataupun mengubah rincian dengan cara klik pada bagian daftar isi . Apabila kalian rasa sudah cukup, terakhir tinggal klik update yang letaknya berada di pojok kiri atas.

Sedangkan untuk opsi yang ke 3, kalian tidak perlu atur lagi headingnya. Namun apabila terdapat perubahan dokumen daftar isi tipe manual, jadi jika ingin merubah tinggal klik bagian daftar isinya dan tinggal ketikkan seperti biasa.

3. Cara Membuat Daftar Isi Manual dan Gampang

daftar isi

Nah di sini saya juga punya cara tersendiri, tapi yang perlu kalian lakukan menampilkan ruler atau penggaris biar bisa rapi. Lalu bisa memanfaatkan TAB, lalu tanda titik. Pertama kalian tinggal bikin judul daftar isi. Setelah itu baru Heading atau Bab-Bab yang dibahas. Misalnya saja seperti di bawah ini.

Bab 1 ………………………………………………………………………………………………………………………………….. 01

Bab 2 …………………………………………………………………………………………………………………………………..02

Dan seterusnya, di sini saya hanya memanfaatkan tab, ruler, beserta tanda titik saja. Terakhir tinggal atur saja kerapiannya, dijamin pasti bisa dan ini boleh boleh saja kok.

Jadi itulah beberapa langkah dan cara membuat daftar isi di ms word. Apabila ada masukan, kritikan, dan pertanyaan yang sekiranya ingin anda tanyakan silahkan tulis komentar di bawah. Semoga bermanfaat ya, sekian dan terima kasih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *