2 Cara Membuka File RAR di Android dengan Praktis

Kayeols

Cara Membuka File RAR di Android dengan Praktis – Anda pasti tahu apa itu file rar, file ini sering dijumpai di laptop maupun komputer. File rar ini merupakan suatu file yang di dalamnya terdapat file asli. Jadi, bisa dibilang file rar membungkus file asli.

Nah, untuk membuka file asli tersebut kita harus mengesktrak file rar agar file di dalamnya bisa diambil. Jika pada laptop, kita bisa mengekstraknya dengan mudah, karena caranya sangat simpel. Tetapi bagaimana dengan mereka yang tidak memiliki laptop maupun komputer untuk mengekstrak file tersebut.

Mau tidak mau mereka harus membukanya melalui handphone mereka. Nah, sebenarnya metodenya sama saja. Kita harus mengekstrak file rar tersebut, namun pada handphone android kita membutuhkan sebuah aplikasi yang bisa mengekstrak file tersebut.

Tetapi ada juga beberapa handphone yang memang dari awal support ekstrak file rar tanpa harus download dari play storei. Nah, bagi yang hp nya tidak memiliki pembuka rar bawaan, tidak perlu khawatir, disini saya akan menjelaskan tutorialnya secara lengkap.

Cara Membuka File Rar di Android

1. Menggunakan Aplikasi Bawaan

  • Siapkan file rar yang ingin anda ekstrak. Dan pastikan handphone android anda sudah mendukung fitur ekstrak ini. Jika belum support, mungkin anda bisa menggunakan cara kedua.
  • Jika syarat di atas terpenuhi, selanjutnya masuk ke File Manager handphone android anda.
  • Cari file rar tersebut dan jika sudah ketemu, klik dan tahan sampai muncul beberapa pilihan (setiap handphone berbeda-beda).
  • Nah, selanjutnya pilih Extract to/Ekstrak ke/unzip seperti pada gambar di bawah.ekstrak to android
  • Kemudian pilih tempat dimana anda ingin meletakkan file hasil ekstrak rar. Jika sudah memilih tempat yang cocok, kemudian beri nama file hasil ekstrak/unzip tersebut. Terakhir klik Ok.
  • Anda bisa membuka file hasil ekstrak rar tersebut. hasil ekstrak
  • Selamat mencoba!.
Baca Juga:  3 Aplikasi Tidak Penting Pada Smartphone Yang Harus Dihapus

2. Dengan Aplikasi ES Pengelola File

Aplikasi ES pengelola file adalah salah satu aplikasi file manager yang sangat populer di handphone android. Banyak fitur menarik dan bemanfaat disini, salah satunya fitur yang bisa digunakan untuk mengekstrak file rar dengan sangat mudah. Langsung saja berikut langkah-langkahnya :

  • Download aplikasi ES Pengelola File di play store handphone android anda.
  • Setelah di download kemudian buka aplikasinya. Pada tampilan awal, klik Start untuk mulai menggunakan aplikasinya.
  • Nah, jika sudah masuk aplikasinya, cari file rar yang sudah anda siapkan sebelumnya. Jika anda baru pertama kali menggunakan ES Pengelola File, klik saja menu Compressed. compressed es pengelola file
  • Nanti pada menu compressed pasti terdapat file rar yang anda cari.
  • Selanjutnya klik dan tahan file tersebut, kemudian klik More > Extract to.cara membuka file rar di android dengan es pengola file
  • Langkah selanjutnya yakni memilih tempat penyimpanan file hasil ekstrak rar tersebut. Jika sudah memilih tempat yang ditentukan, kemudian klik Ok.
  • Tunggu proses ekstrak. Semakin besar file rar yang di ekstrak, maka akan semakin lama proses ekstrak.
  • Selamat mencoba!.
Baca Juga:  √ Cara Mirroring HP ke TV Dengan Atau Tanpa Kabel

Baca Juga :

Baca Juga:  3 Cara Copy Paste Teks Panjang di Android, Mudah!

Memang cara pertama sangatlah mudah karena kita tidak membutuhkan bantuan aplikasi, tetapi tidak semua handphone android mendukung fitur tersebut. Biasanya handphone android dengan spesifikasi tinggi yang mendukung cara pertama. Tetapi tenang saja, untuk cara kedua insyaallah semua handphone android support.

Oke, sekian artikel mengenai cara membuka file rar di android dengan mudah dan cepat. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda semua dan bisa membantu permasalahan anda. Terima kasih atas kunjungan anda dan jangan lupa berkunjung kembali.

Bagikan:

Tags

Kayeols

Usaha dan Berdoa itu Sangat Penting, Berjuanglah Sekuat Tenaga, Niscaya Perjuanganmu akan membuahkan Hasil Yang Manis.

2 pemikiran pada “2 Cara Membuka File RAR di Android dengan Praktis”

Tinggalkan komentar