oleh

4 Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Tidak Terbaca Sama Sekali

4 Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Tidak Terbaca Sama Sekali – Flashdisk pada era sekarang menjadi perangkat yang sangat dibutuhkan. Hal ini bisa terlihat dari berbagai kelompok, genre, tingkat usia, dan lainnya. Flashdisk sudah mulai digunakan para pelajar untuk menyimpan berbagai data dari mulai tugas sekolah, gambar, game, video dan lainnya. Dengan adanya flashdisk, banyak orang terbantu untuk membawa sebuah berkas.

Oh iya, flashdisk merupakan sebuah perangkat yang memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan data mulai dari dokumen, video, gambar, dan file lainnya. Walaupun memiliki berbagai keunggulan, alat ini juga sering mengalami kegagalan fungsi. Banyak masalah yang sering terjadi pada flashdisk, salah satunya adalah flashdisk tidak terbaca sama sekali oleh perangkat pc atau laptop.

Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Tidak Terbaca Sama Sekali

Flashdisk yang tidak terbaca oleh perangkat PC atau laptop, belum pasti alat tersebut rusak. Bisa jadi, ketidakterbacaan flashdisk oleh sistem disebabkan oleh adanya kerusakan pada port usb pada laptop, sehingga flashdisk tidak terhubung dengan sempurna. Apabila anda tengah mengalami kejadian seperti itu, perlu ada penanganan yang harus dilakukan untuk menyelesaikannya, contohnya sebagai berikut ini.

1. Periksa Kesehatan Flashdisk

Untuk memeriksa kesehatan flashdisk apakah rusak atau tidak yaitu dengan menghubungkannya pada laptop atau PC. Caranya, hubungkan flashdisk pada laptop dan cek apakah sudah terbaca atau belum. Jika belum terbaca, ulangi lagi dengan mencabut dan memasangnya kembali, apabila masih tidak terbaca, gunakan flashdisk lainnya. Jika flashdisk lainnya terbaca, maka dapat disimpulkan bahwa flashdisk pertama mengalami kerusakan.

Kerusakan ini bisa terjadi pada komponen flashdisk seperti alat penghubung, komponen dalam perangkat, atau lainnya. Jadi ada baiknya anda harus selalu mengecek apakah flashdisk yang anda miliki rusak atau tidak. Flashdisk yang sudah rusak akan secara otomatis tidak akan terbaca oleh laptop atau komputer apapun. Sehingga walaupun anda paksa memasangkannya tetap saja tidak dapat terhubung.

2. Scanning Dengan Disk Management

Cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca sama sekali bisa dilakukan dengan menggunakan fitur yang ada di windows. Di windows terdapat sebuah fitur yang digunakan untuk scanning flashdisk. Scanning ini tidak hanya untuk memindai perangkat saja, melainkan juga memperbaiki masalah yang ada pada flashdisk itu sendiri.Virus menjadi salah satu penyebab utama kerusakan pada flashdisk, sehingga tidak terbaca.

Oh iya, fitur ini bernama disk management. Dengan fitur ini, komputer akan memperbaiki kerusakan flashdisk apabila terdeteksi mengalami kerusakan di dalamnya. Ada beberapa tahap untuk cara mengatasi flashdisk yang tidak terbaca sama sekali dengan disk management. Langsung saja, berikut ini adalah beberapa tahapannya :

  • Saya menggunakan windows 7 ultimate pada cara ini.
  • Hubungkan flashdisk dengan laptop anda.
  • Kemudian masuk ke Start pada pojok kiri bawah, lalu klik kanan pada Computer dan pilih lagi Manage.start-menu-manage-computer
  • Nanti akan muncul menu Computer Management seperti pada gambar, pilih menu Disk Management.computer management
  • Pilih nama flashdisk milik anda yang terhubung tadi dengan mengklik kanan, kemudian pilih Properties.disk-management
  • Akan keluar kembali sebuah windows, pilih menu Tools kemudian tekan fitur Check Now.check-now
  • Dan langkah selanjutnya ada beberapa pilihan, centang semua kotak dan klik Start, tunggu proses hingga selesai. Proses selanjutnya sangatlah mudah, ikuti saja petunjuk-petunjuk yang diberikan.
  • Cukup mudah bukan, sampai sini tahapan sudah selesai.

3. Selain Flashdisk, Periksa Juga Port USB

Selain kedua cara di atas, ada juga penyebab mengapa flashdisk tidak terbaca sama sekali. Faktor tersebut adalah port usb pada perangkat laptop atau komputer. Bisa jadi kerusakan tidak di alami oleh flashdisk melainkan port USB nya. Untuk mengecek hal ini sangatlah mudah, anda hanya perlu menyiapkan 2 buah laptop atau komputer dan satu flashdisk saja.

Caranya adalah, pertama hubungkan flashdisk pada perangkat laptop satu. Lihat apakah flashdisk tersebut anda terbaca atau tidak. Apabila tidak terbaca, coba pada laptop lainnya. Hubungkan dan cek apakah flashdisk terbaca. Jika terbaca, berarti port usb pada laptop pertama mengalami kerusakan sedangkan flashdisk tidak mengalami gangguan apapun.

4. Bawa Ke Tukang Servis Komputer Terdekat

Jika ketiga cara di atas sudah anda lakukan dan ternyata tidak berhasil, ya jalan satu-satunya adalah membawanya ke tukang servis dan berkonsultasi apakah mereka bisa memperbaikinya. Jika mereka bisa, lebih baik membayar mereka untuk menyelamatkan file di dalamnya daripada anda kehilangan data tersebut.

Baca juga : 2 Cara Menghilangkan Virus Shortcut Di Flashdisk Secara Permanen.

Itulah beberapa cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca sama sekali dengan mudah. Dengan menggunakan salah satu cara di atas anda berpeluang bisa memperbaiki atau pun mengecek, apakah benar flashdisk milik anda rusak. Oh ya, hati-hati ketika menghubungkan flashdisk yang anda miliki ke laptop, bisa saja laptop yang anda hubungkan memiliki virus sehingga menyebabkan kerusakan. Sekian artikel ini, terima kasih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *