6 Cara Mengatasi USB HP Android dan IOS Tidak Mau Terbaca

Kayeols

Cara Mengatasi USB HP Android dan IOS Tidak Mau Terbaca – Ketika ingin memindahkan sebuah file dari hp android ke laptop ataupun komputer, pastinya kita akan memanfaatkan kabel usb. Soalnya kalau hendak menggunakan flashdisk yang bisa OTG, terkadang tidak semua orang memiliki flashdisk yang seperti itu. Selain itu juga beberapa merk smartphone masih banyak juga yang belum support OTG.

Sehingga orang-orang lebih memilih menggunakan kabel usb bawaan hp saja. Namun yang menjadi kendala, seringkali ketika kita menghubungkan kabel usb ke laptop ataupun ke komputer, hp android/ios kita tidak mau terbaca ataupun terdeteksi oleh laptop. Dengan demikian kita tidak bisa memproses ataupun mentransfer data dari laptop ke hp ataupun sebaliknya.

Akan tetapi kalian yang baru mengalami masalah tersebut tidak perlu khawatir. Karena di bawah ini saya akan memberikan sebuah cara mengatasi kabel usb hp tidak mau tersambung ke komputer dan laptop. Sebenarnya untuk memperbaiki masalah seperti itu kalian tidak perlu membawa ke tempat service, asal belum ada kerusakan parah dan sebagainya. Biar lebih jelas lagi, silahkan perhatikan di bawah ini.

Cara Mengatasi USB HP Android Dan IOS Tidak Terbaca Di Laptop

Segala macam jenis merk hp android ataupun ios, bisa menggunakan cara ini, mau itu asus, lenovo, samsung, nokia, smartfren, realme, iphone, dan masih banyak lagi.

Baca Juga:  Rata-rata Nilai Rapor SNBP Untidar (Universitas Tidar) 2024

1. Coba Cabut Dan Pasang Kembali

Langkah pertama agar penyimpanan hp android ataupun ios kalian terbaca di laptop silahkan coba cabut dari laptop dan tancapkan kembali kabelnya. Bisa saja ini dikarenakan posisi yang kurang pas sehingga tidak mau terdeteksi, dan pastinya ini akan berhasil jika anda masukkan secara perlahan-lahan dan dipaskan/sesuaikan.

2. Ganti Kabel USB Yang Lain

kabel usb baru

Selanjutnya silahkan mengganti kabel usb yang lain. Biasanya kabel yang rusak ataupun sudah jelek kualitasnya jika kita tancapkan ke laptop ataupun komputer maka akan memunculkan notifikasi usb not recognized. Maka dari itu silahkan ganti kabel saja yang baru, atau jika malas beli anda bisa meminjam saja untuk sementara milik teman anda ataupun siapapun bebas.

Baca Juga:  9 Cara Mengatasi Fingerprint Tidak Berfungsi Error di HP

Dijamin dengan mengganti kabel yang lama dengan yang baru pasti bisa lagi, apabila masih error dan tidak mau terbaca, mungkin slot usb laptop atau komputer yang bermasalah. Atau anda bisa menggunakan cara lainnya di bawah ini.

3. Mengatasi USB Hp Android Dan iOS Tidak Terbaca Dengan Update Driver USB

Bisa saja driver yang tidak diperbauri yang membuat usb anda menjadi error dan tidak mau terbaca, maka dari itu silahkan coba saja untuk update driver usbnya. Nah untuk caranya silahkan perhatikan di bawah ini

  • Pertama-tama silahkan masuk ke menu explorer
  • Berikutnya silahkan cari dan klik my computer/this computer
  • Lalu silahkan klik kanan, dan klik Manage
  • Berikutnya silahkan cari saja Device managerdevice manager
  • Setelah itu scroll ke atas, lalu pilih universal serial bus controller, silahkan klik dua kali
  • Berikutnya anda tinggal klik kanan setiap bagiannya dan klik update driversusb driver update

Terakhir tinggal menunggu saja sembari diupdate. Lalu jangan lupa juga untuk restart komputer/laptop apabila sudah diupdate.

Baca Juga:  Cara Download Film Iflix Di Hp Dengan Mudah & Cepat

Baca Juga :

4. Sentuh Perintah Di HP

Untuk beberapa hp memang terkadang kita harus menyentuh tombol perintah seperti salah satunya yakni transfer file, agar hp android kita mau terbaca di laptop. Jadi ketika kita menghubungkan kabelnya, tidak langsung terdeteksi. Akan tetapi kita harus menyentuh perintah tersebut. Jadi setiap hp bisa saja berbeda-beda, maka dari itu anda harus memperhatikan hal ini juga.

5. Periksa Slot USB Komputer

Jika menggunakan cara-cara di atas masih belum bisa tersambung, padahal kabel usb baru dan slot di handphone juga normal, coba periksa slot USB komputer. Anda bisa mengeceknya dengan cara, gunakan semua slot usb di laptop, karena tidak semua slot error, pasti ada yang bisa. Karena laptop biasanya memiliki slot usb lebih dari satu, jadi jika di slot A error, tetapi di slot B tidak, berarti yang error slotnya, bukan kabel USB maupun hpnya.

6. Uninstall Dan Install Kembali Driver Universal Serial Bus Controller

mengatasi usb hp android dan ios tidak terbaca dengan uninstall usb driver

Cara yang terakhir hampir mirip seperti cara nomer 3, cuma beda lokasi jika yang update paling atas, maka uninstall bawahnya. So tinggal uninstall dan install kembali/download kembali drivernya. Jadi cuma seperti itu, gampang kan?, hehehe.

Semoga cara mengatasi usb hp android/ios tidak mau terbaca di pc/laptop. Sekian dan terima kasih. Apabila ada pertanyaan silahkan komentar di bawah ini.

Bagikan:

Tags

Kayeols

Usaha dan Berdoa itu Sangat Penting, Berjuanglah Sekuat Tenaga, Niscaya Perjuanganmu akan membuahkan Hasil Yang Manis.

Tinggalkan komentar