oleh

6 Cara Mempercepat Kinerja Laptop Di Windows 7, 8 Dan 10

6 Cara Mempercepat Kinerja Laptop Di Windows 7, 8 Dan 10 – Kinerja laptop sangat mempengaruhi kegiatan online anda atau pun mengerjakan sesuatu hal yang menggunakan laptop. Pada era digital seperti ini laptop banyak digunakan dalam kehidupan manusia dari mulai mengerjakan tugas, proyek, absensi dan masih banyak lainnya. Bahkan bermain game untuk hiburan sering menggunakan laptop meskipun spesifikasi antara laptop gaming dan laptop pada umumnya agak berbeda.

Ketika anda menggunakan laptop sebagai sarana untuk mengerjakan suatu tugas, tentunya anda perlu memperhatikan kinerja laptop yang anda miliki. Semakin baik kinerja dari laptop anda maka respon terhadap perintah akan cepat pula. Lain halnya bila laptop anda suka not responding atau ngeleg tentunya ini akan mengganggu aktivitas mengerjakan tugas anda. Apabila sudah begini perlu penanganan yang segera supaya kinerja laptop menjadi lebih cepat.

Cara Mempercepat Kinerja Laptop di Windows 7, 8 & 10

Laptop yang memiliki kinerja buruk bisa mengganggu tugas anda. Nah, jika sekarang kinerja laptop anda tengah buruk, anda harus segera memperbaikinya untuk mencegah hal yang lebih buruk. Sebab, kinerja laptop yang buruk bisa merambat ke perangkat laptop lainnya. Apabila anda bingung bagaimana tips untuk mempercepat kinerja laptop, berikut ini beberapa cara yang bisa anda coba.

1. Cobalah Menggunakan SSD

Apa itu SSD? SSD atau solid state drive adalah sebuah alat penyimpanan data seperti halnya dengan hardisk pada laptop anda sekarang. SSD ini digadang – gadang memiliki kecepatan yang sangat luar biasa bahkan hampir 24 kali kecepatan hardisk pada umumnya. Hardisk yang memiliki kecepatan 7200 Rpm saja masih bisa dikalahkan dengan kecepatan milik perangkat SSD. Dengan mengupgrade hardisk ke SSD kinerja laptop anda akan lebih cepat dari sebelumnya.

2. Memperbesar Kapasitas RAM

upgrade ram laptop

Memperbesar ram pada laptop anda bisa menjadi pilihan berikutnya. Ram di sini berguna untuk menyimpan data yang sedang berjalan. Pada satu waktu anda bisa menjalankan banyak program pada laptop, namun ini akan dibatasi dengan kapasitas ram yang ada.

Biasanya ram pada laptop memiliki kapasitas 1 GB lebih. Ketika anda menjalankan program multitasking bisa menambah beban ram dan menurunkan kinerja. Cobalah untuk menambah kapasitas ram pada laptop anda, sehingga kinerja laptop anda kembali cepat.

3. Menghapus File Pada Recycle Bin

File – file yang tersimpan di dalam laptop bisa menjadi penyebab menurunnya kinerja laptop anda. Nah, untuk cara mempercepat kinerja laptop akibat file yang berlebih adalah menghapus file yang ada di recycle bin. Umumnya file yang ada di recycle bin adalah file – file yang sebelumnya dihapus pada laptop dan disimpan pada recycle bin. Jadi, file yang ada di recycle bin adalah file – file saampah yang bisa memberatkan kinerja laptop anda. Jadi, cobalah menghapus semua data pada recycle bin pada laptop.

Baca Juga : Cara Mengembalikan File Yang Sudah Terhapus Pada Recycle Bin.

4. Memperbesar Kapasitas Hardisk

upgrade hardisk

Tips berikutnya yang bisa anda lakukan adalah memperbesar kapasitas penyimpanan (hardisk). Hardisk atau ruang penyimpanan yang kecil dan dipenuhi dengan berbagai file mampu memperburuk kinerja laptop milik anda. Setelah memperbesar kapasitas ram kini cobalah memperbesar kapasitas ruang penyimpanan.

Dengan langkah seperti itu, laptop anda tidak akan bekerja terlalu keras. Namun apabila kinerja laptop anda maasih tetap saja buruk meskipun sudah anda tambah kapasitas penyimpanannya, cobalah untuk mengganti total hardisk tersebut dengan hardisk baru dengan ukuran yang lebih besar.

5. Menghapus Program Tidak Berguna

Sering kali anda menyimpan file atau program yang tidak berguna dan hal itulah yang bisa menjadi penyebab menurunnya kinerja laptop milik anda. Jadi cara mempercepat kinerja laptop yang bisa anda lakukan adalah menghapus program – program atau file yang tidak berguna.

Selain menurunkan kinerja, program yang tidak berguna hanya akan memenuhi ruang penyimpanan anda. Uninstal semua proram yang dirasa tidak berguna agar laptop anda tidak terlalu bekerja dengan keras. Instal program yang dirasa penting.

6. Membersihkan Program Pada Dekstop

ikon desktop

Pada halaman awal atau dekstop biasanya anda akan mengisi hal – hal yang penting saja atau hal yang memang umum diletakkan di dekstop. Namun, apabila anda menaruh terlalu banyak program di dekstop anda, bukannya praktis namun malah menurunkan kinerja laptop.

Ketika laptop dijalankan otomatis ram yang ada akan bekerja untuk dekstop dan program yang ada di sana. Kejadian tersebut malah akan memberi beban, cobalah meminimalkan program pada halaman awal atau dekstop dengan menghapus beberapa shortcut.

Nah itulah beberapa cara mempercepat kinerja laptop di semua windows. Penurunan kinerja bisa disebabkan perilaku buruk si pemakai dari mulai menyimpan software bajakan, terlalu banyak program dan lainnya. Jadi cobalah untuk meminimalkan program – program yang dirasa tidak berguna.

Jika masalah kinerja laptop yang menurun melanda anda. Cobalah untuk mempraktikkan cara – cara yang sudah dijelaskan. Dan jika ada hal yang membingungkan anda, cobalah bertanya pada kolom komentar di bawah artikel. Sekian artikel ini, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda semua. Terima kasih

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *