oleh

15 Cara Mempercepat Loading Website WordPress Yang Terbukti Ampuh

15 Cara Mempercepat Loading Website WordPress Yang Terbukti Ampuh – Memiliki situs website dengan loading yang cepat memang keinginan setiap pemilik blog di beberapa platform blogging. Seperti salah satunya di platform WordPress. Platform WordPress sendiri merupakan platform blogging dimana kita dapat mengatur dan membuat blog dengan mudah. Membahas mengenai kecepatan blog, banyak yang menomor dua kan tentang hal ini.

Biasanya para pemilik situs website lebih mementingkan tampilan website daripada kecepatan blog. Padahal perlu anda ketahui apabila orang yang mengunjungi situs anda tersebut dan loading blog anda lama, maka pengunjung tersebut akan pergi ke situs lain yang memiliki kecepatan blog yang cepat. Jika seperti itu pastinya anda kehilangan visitor ataupun pelanggan setia website anda.

Maka dari itu anda jangan sampai lebih mementingkan desain website daripada kecepatan situs. Seperti sudah dijelaskan di atas, bahwa wordpress merupakan platform yang sudah dikodekan dengan baik. Hal yang berkaitan dengan pengaturan blog pun juga mudah, seperti halnya dalam mempercepat loading blog di wordpress.

Untuk mengatur ataupun mempercepat loading blog sangat mudah sekali dan anda tidak perlu memasukan script dan sebaginya yang bisa membuat anda pusing. Karena di bawah ini akan diberikan tips mempercepat loading blog di wordpress. Bagaimana penasaran dengan cara mempercepat loading blog wordpress? berikut di bawah ini mengenai ulasannya.

Cara Mempercepat Loading Website WordPress

1. Gunakan Tema Yang Ringan

tema wordpress ringan

Sering kali kita temui kebanyakan para pemilik website lebih memilih tema yang besar dan berat, karena tampilannya bagus. Namun perlu anda ketahui juga bahwa tema yang bagus dan bervariasi, biasanya banyak sekali fitur-fiturnya. Entah dalam bentuk plugin dan sebagainya, akan tetapi lebih sering ditemukan dalam bentuk plugin fiturnya. Tentu saja jika terlalu banyak plugin yang disodorkan oleh tema, maka dapat memperlambat loading blog.

Kecuali jika anda sudah paham mengenai selul beluk pada blog mulai dari php, javascript, iframe dan lainya, maka anda bebas menggunakan tema apa saja.

Maka dari itu gunakan saja tema yang sederhana dan ringan, yang sekira tidak memiliki terlalu banyak fitur-fitur tambahan lainnya. Selain itu anda juga bisa menggunakan tema bawaan wordpress, perlu anda ketahui bahwa banyak tema bawaan di wordpress ini memiliki kecepatan loading yang bagus dan cepat.

2. Install Plugin Caching

Cara meningkatkan kecepatan loading blog wordpress yang kedua yaitu dengan menginstall plugin caching. Anda bisa menggunakan seperti Wp Rocket ataupun WP Super Cache. Cara Kerja Plugin Caching ini sederhananya yaitu apabila plugin sudah aktif, maka server nantinya akan mencopy halaman website anda. Jadinya dapat mengurangi mengenai akses database MySQL dan tidak ada permintaan PHP, HTTP dan masih banyak lagi.

Untuk plugin caching tersebut kebanyakan membayar mungkin harganya 100 ribuan akan tetapi ke orang-orang yang menyediakan jasa mempercepat blog. Jika anda ingin beli langsung di website resmi, harganya sangat mahal. Jika anda sudah menginstall plugin cache ini, maka otomatis kecepatan website anda pun meningkat.

3. Cara Mempercepat Loading Website WordPress  Dengan Kompress Gambar

kompres gambar

Cara mempercepat loading blog wordpress selanjutnya yaitu kompress gambar. Seperti kita ketahui setiap artikel agar lebih jelas lagi akan dilengkapi dengan gambar. Namun dengan banyaknya gambar akan mengurangi loading blog. Anda bisa mengkompresnya di situs online seperti TinyJPG, TinyPNG, atau iLoveimg.

Dari yang cepat menjadi lambat, nah solusinya agar bisa tetap cepat yaitu dengan mengompress gambar. Untuk lebih jelasnya lagi silahkan cek saja artikel cara mempercepat loading blog dengan kompress gambar yang sudah dijelaskan sebelumnya.

4. Kurangi Pemasangan Unit Iklan

Memang memasang banyak unit iklan bertujuan untuk meningkatkan pendapatan blog. Akan tetapi hal tersebut dapat mengurangi kenyamanan para pengunjung juga dan akan memberatkan loading blog. Maka dari itu jangan sampai anda terlalu banyak memasang unit iklan. Cukup pasang saja secukupnya di tempat srategis, maka pendapatan akan tetap melejit.

5. Gunakan Hosting Yang Bagus Dan Berkualitas

hosting berkualitas

Jika anda sudah mengoptimalkan poin-poin sebelumnya di atas, akan tetapi loading blog masih lambat maka kemungkinan terdapat masalah di hostingnya. Pemilihan tempat beli hosting yang bagus bisa menjadikan faktor utama dalam cara mempercepat loading blog.

Jika hosting anda yang anda gunakan tersebut memiliki server yang kurang bagus maka bisa saja loading blog anda akan sangat lambat sekali. Maka dari itu gunakan hosting yang bagus dan berkualitas. Disini saya merekomendasikan penyedia layanan hosting seperti Niagahoster, Domainesia, dan Hostinger.

Selain hal-hal di atas, masih banyak sebenarnya cara mempercepat loading wordpress yang bisa anda lakukan, seperti di bawah ini :

  1. Gunakan CDN (Content Delivery Network).
  2. Mengaktifkan Gzip Compression.
  3. Pasang Plugin Seperlunya.
  4. Selalu Rutin Update Plugin.
  5. Mengoptimalkan Database.
  6. Hapus Revisi Postingan Lama.
  7. Menghapus Komentar Spam.
  8. Menggunakan Desain Blog Responsif.
  9. Cek & Perbaiki Link Yang Rusak.
  10. Minify Javascript & CSS.

Jadi itulah mengenai cara mempercepat loading website. Bagaimana, sangat mudah bukan? semoga bermanfaat untuk anda semua terutama pengelola web wordpress. Jangan lupa kembali lagi untuk mendapatkan berbagai tutorial yang bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *