8 Cara Memulai Usaha Catering Rumahan Dengan Benar

5 Cara Memulai Usaha Catering Rumahan – Yang namanya bisnis kuliner memang gak ada habisnya, karena setiap manusia setiap harinya pasti butuh yang namanya makanan. Selain itu ketika ada acara, pasti dijamin ada makanan. Entah itu pengajian, pernikahan, kumpulan RT, dan masih banyak lagi. Salah satu bisnis yang benar benar laku keras yakni bisnis catering rumahan.

Sebenarnya untuk memulai bisnis catering rumahan ini tidaklah sulit. Yang paling penting memiliki modal menjadi kunci utama. Kalau gak ada modal, bisa pinjam di bank dan sebagainya. Apabila anda yakin bahwa bisa balik modal dengan cepat. Berbicara balik modal atau tidak, sebenarnya tergantung pemasaran dan promosi kalian.

Tapi kebanyakan banyak kok yang sukses di bisnis kuliner yang satu ini. Serta kerugiannya pun juga tidak terlalu banyak, karena pada umumnya bisnis seperti itu hanya akan menyiapkan masakan ketika ada yang order.

Selain itu yang order pun harus memberikan dp terlebih dahulu, agar tidak rugi serta menjadi beban. Untuk keuntungan yang diperoleh tentu saja bisa mendapatkan keuntungan yang banyak, asal kalian memiliki channel atau kenalan. Terutama dalam pembelian bahan bahan untuk masakan nantinya.

Bagi kalian yang ingin tahu gimana sih cara memulai usaha catering rumahan?, silahkan simak penjelasan di bawah ini.

Cara Memulai Usaha Catering Rumahan

1. Menyiapkan Modal

Yaps komponen utama dalam memulai usaha catering rumahan yang pertama yakni silahkan menyiapkan modalnya terlebih dahulu. Untuk jumlah modalnya silahkan kalian sesuaikan sendiri dengan keuangan kalian. Hal ini tentunya menyesuaikan juga pesanan pertama yang hendak kalian ambil. Misalnya jumlah yang banyak, maka 10 juta ke atas dan sebagainya. Pastinya kalian bisa menyesuaikan sendiri.

Bagi kalian yang bingung mencari modal, bisa meminjam bank ataupun meminjam saudara heheh. Apabila saudara gak ada juga, bisa pinjam ke teman dekat kalian.

2. Menyiapkan Juru Masak

koki

Apabila anggota keluarga kalian kebanyakan sudah bisa masak, maka silahkan skip saja pada point ke dua ini. Ini dikhususkan bagi anda yang mungkin belum bisa masak dan sebagainya ataupun kurang percaya diri dengan masakan kalian. Nah so kalian harus mencari juru masak, ini bisa merekrut tetangga ataupun teman dekat kalian di sekitar rumah kalian biar enak bisnisnya.

Jelaskan terlebih dahulu bahwa bisnis yang anda jalankan baru pertama alias baru memulai, hal ini agar nantinya tetangga ataupun teman dekat kalian yang kalian rekrut untuk jadi juru masak bisa memahami mengenai fee dan lainnya.

3. Menyiapkan Peralatan Masak

Berikutnya hal yang kalian perlu siapkan dalam memulai usaha catering yakni peralatan masaknya. Nah jika ada peralatan masak yang belum anda miliki, anda bisa meminjam terlebih dahulu ke tetangga atau teman kalian. Selain itu jika ada kenalan catering lainnya, anda juga bisa meminjam mungkin hanya untuk beberapa hari saja. Lalu anda kembalikan dan bayar biaya peminjaman.

4. Carilah Supplier Yang Murah Dan Berkualitas

supplier

Jika anda ingin membuka suatu bisnis, termasuk usaha catering, pastinya anda membeli barang dan bahan yang ingin diolah menjadi makanan. Anda bisa menjadi supplier bahan bahan yang murah dan berkualitas, utamakan kualitasnya, jangan mentang mentang murah, anda ambil saja, karena bisa saja barang tersebut busuk atau rusak.

5. Menyiapkan Nama Catering

Kelak nama sebuah brand ataupun sebuah jasa catering sendiri akan terdengar di mana-mana, maka memberikan nama catering sangatlah perlu. Buatlah nama yang memiliki makna baik, misalnya catering barokah dan sebagainya. Ingat nama itu adalah doa, so berikan nama yang terbaik untuk usaha anda. Agar kedepannya juga bisa baik juga hehe.

Baca Juga :

6. Memulai Pemasaran dan Promo

pemasaran

Agar usaha catering rumahan kalian dikenal banyak orang, maka memulai pemasaran dan promo merupakan inti yang penting juga. Pemasaran sendiri sebenarnya tidaklah terlalu sulit, kalian bisa memanfaatkan sosial media yang ada. Selain itu berikan penawaran maupun promo agar ini bisa menarik konsumen dan mencoba usaha catering rumahan kalian.

7. Harga Merakyat

Harga juga merupakan salah satu komponen yang diperhatikan oleh masyarakat ketika ingin membeli suatu produk. Maka dari itu penting sekali bagi anda memberikan harga yang bagus kepada pembeli agar kelak nanti bisa menjadi pelanggan.

8. Go Online

Ini merupakan kelanjutan dari tips nomor 6, namun lebih spesifik. Anda bisa menawarkan jasa catering anda di online seperti facebook, instagram, dengan tampilan yang bagus. Jika anda memiliki website, anda bisa menawarkannya di sana, atau anda bisa mencoba fb ads atau google ads agar lebih banyak orang yang mengenalnya.

Jadi itulah beberapa cara memulai usaha catering rumahan yang bisa anda terapkan jika memang anda berminat membuka catering. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya, sekian, dan terima kasih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *