4 Cara Menampilkan On Screen Keyboard Dengan Mudah

4 Cara Menampilkan On Screen Keyboard Dengan Mudah – Keyboard merupakan alat yang melekat pada laptop dan keberadaannya sangat penting. Coba bayangkan apabila tidak ada keyboard?, maka kita akan merasa kesusahan untuk mengoperasikan laptop.

Pada laptop, keyboard sudah menjadi bawaan dan tidak terjual terpisah seperti pada komputer. Walaupun begitu disitu ada kekurangannya. Dimana keyboard mudah sekali rusak dan mudah sekali tidak berfungsi. Berbagai macam penyebab pun bisa terjadi sehingga membuat keyboard cepat rusak bahkan terkunci.

Apabila tiba-tiba keyboard anda terkunci dan mungkin anda ingin mencopy file ataupun bahkan mengirim pesan penting dimana harus menggunakan keyboard akan tetapi pada saat itu keyboard bermasalah, maka akan menjadi masalah yang serius

Namun anda semua tidak perlu khawatir dan tidak perlu juga membeli keyboad eksternal dimana saat ini harga paling murah sekitar 50 ribuan. Kalau punya duit banyak mah bebas, coba kalau baru gak ada duit, tentu saja repot banget. Dalam menghadapi masalah tersebut anda bisa mengatasi dengan cara menggunakan keyboard laptop on screen. Dimana keyboard virtual muncul dilayar dan kita bisa mengoperasikannya dengan klik mouse pada laptop.

Mengenal sedikit mengenai keyboard on screen, biasanya ini sering dimanfaatkan oleh laptop yang support dengan layar sentuh. Akan tetapi sering kali difungsikan juga untuk membantu masalah pada keyboard yang melekat pada laptop dimana mungkin baru terjadi masalah error.

Pada hal ini nyatanya masih banyak orang yang bingung untuk menampilkan keyboard on screen laptop tersebut. Akan tetapi anda semua tidak perlu khawatir, karena di bawah ini akan terdapat cara menampilkannya, simak artikel berikut

Cara Menampilkan On Screen Keyboard

1. Melalui Settings

Untuk cara yang pertama ini hanya bisa dilakukan di windows 10 saja, jika anda pengguna windows 7/8 maka belum bisa menggunakan cara ini. Untuk lebih detailnya lagi dalam mengaktifkan keyboard laptop on screen silahkan ikuti cara di bawah ini :

  • Pertama silahkan kalian buka saja pada bagian Settings melalui Start Menu Windows
  • Selanjutnya silahkan kalian mencari opsi Ease of Access
  • Pilih menu keyboard yang terdapat di sana, kemudian silahkan kalian untuk melakukan klik On-Screen Keyboard untuk menampilkannyaease of access keyboard on screen
  • Maka secara otomatis keyboard akan tampil

2. Cara Menampilkan On Screen Keyboard Melalui Kolom Pencarian

Cara berikutnya ini anda bisa melewati kolom pencarian search di windows. Jadinya anda bisa menemukan dengan mudah tanpa kesulitan untuk menemukan fitur keyboard-onscreen. Untuk lebih jelasnya lagi, silahkan perhatikan cara di bawah ini untuk menampilkannya lewat kolom pencarian:

  • Masuk ke Windows Start pada pojok kanan bawah, berikutnya tinggal ketikan saja On-Screen Keyboard
  • Nanti secara otomatis akan muncul hasilnya, dan silahkan klik enter untuk membukanyaon screen keyboard
  • Sekarang keyboard virtual bisa langsung dipakai dan sudah muncul dilayar, untuk mengoperasikannya tinggal klik huruf dan tombol pakai mouse.

Baca Juga :

3. Melalui RUN

Seperti kita ketahui bahwa fitur run yang terdapat di windows ini memiliki fungsi yang cukup banyak, bahkan hanya sekedar menampilkan keyboard on screen saja sangat bisa dan mudah sekali melewati program run. Untuk menampilkannya, silahkan simak di bawah ini :

  • Pertama klik icon Windows dan R bersamaan, nanti disitu akan muncul perintah Run
  • Pada kolo, ketikkan saja oskrun osk
  • Terakhir tinggal klik ok untuk membuka

4. Lewat CMD

Untuk menampilkan keyboard onscreen yang terakhir bisa melalui program CMD. Nah, pasti kalian sudah tahu kan apa itu cmd?, yaps command prompt. Untuk menampilkannya simak di bawah ini :

  • Langkah pertama silahkan klik kanan + shift pada dekstop, pilih Open Command Windows Here
  • Jika sudah berikutnya tinggal ketikkan saja osk
  • Dan enter maka secara otomatis akan muncul

Jadi itulah mengenai4 Cara Menampilkan On Screen Keyboard Dengan Mudah pada layar laptop. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya dan bisa membantu permasalahan anda seputar keyboard laptop yang error, sekian dan terima kasih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *