5 Cara Mengatasi Keyboard Laptop Error Di Windows 7, 8 Dan 10

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Error Di Windows 7, 8 dan 10 – Error pada laptop bisa membuat pekerjaan terganggu. Ada beberapa bagian laptop yang sering mengalami kerusakan. Salah satu bagian tersebut adalah keyboard. Keyboard merupakan salah satu bagian yang penting, sebab di bagian tersebutlah anda bisa mengetikkan berbagai kata dan perintah.

Kerusakan pada keyboard bisa terjadi karena banyak penyebab, salah satunya adalah faktor penggunaan keyboard. Ketika anda menggunakan laptop untuk mengerjakan tugas, lama-kelamaan keyboard tersebut pasti error. Masalah utamanya adalah proses mengetik, mengetik yang tidak benar bisa membuat keyboard tidak bekerja seperti semestinya. Perlakuan seperti menekan terlalu keras, sering menjadi masalah utamanya.

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Error

Selain proses mengetik, perawatan yang tidak baik juga bisa menjadi faktor kerusakan keyboard laptop. Membiarkan keyboard laptop berdebu, kotor dan lainnya, bisa membuat keyboard error karena terhambat oleh adanya kotoran/debu. Masih banyak penyebab mengapa keyboard laptop anda rusak. Namun, anda bisa memperbaikinya sendiri tanpa melalui jasa service dengan cara yang mudah.

Ada beberapa cara mengatasi keyboard laptop error, namun apabila anda tidak mengetahui bagaimana caranya. Berikut ini beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk mengatasi keyboard yang error. Sebelum membawa keyboard laptop yang error ke jasa service, sebaiknya anda melihat cara ini. Jangan-jangan error tersebut disebabkan oleh beberapa faktor di atas. Langsung saja berikut ini cara-caranya.

1. Bersihkan Debu Dan Kotoran Pada Keyboard

membersihkan laptop

Langkah pertama yang bisa anda lakukan untuk mengatasi keyboard laptop error adalah membersihkannya. Masalah keyboard yang error bisa jadi disebabkan oleh adanya kotoran dan debu yang terdapat di sela-sela keyboard. Kotoran yang menumpuk pada keyboard bisa menghambat kerja dari bagian laptop tersebut.

Jadi, untuk mengatasinya anda bisa membersihkan debu dan kotoran yang bersarang di keyboard tersebut. Caranya, anda bisa membersihkannya dengan kuas, penyedot debu dan lainnya. Namun perlu diperhatikan, cara membersihkannya yakni searah saja (jika ke kanan ya ke kanan saja, jika ke kiri ya ke kiri saja), jangan anda bersihkan ke kiri kemudian ke kanan.

2. Konektor Keyboard Yang Terlepas

Keyboard laptop sendiri dihubungkan dengan sebuah konektor. Konektor ini menghubungkan keyboard dengan driver yang ada pada laptop itu sendiri. Error pada bagian konektor keyboard bisa mengakibatkan banyak hal, seperti salah satu angka/huruf tidak berfungsi dan bahkan tidak berfungsi sama sekali.

Untuk mengatasi hal ini yakni dengan membetulkan posisi dari konektor yang menghubungkan keyboard dengan driver. Anda perlu membongkar casing laptop tersebut dan melihat konektor keyboard. Dan jika lepas/setengah lepas, anda bisa membetulkannya.

Baca Juga :

3. Lakukan Restart Pada Laptop

mematikan paksa laptop

Salah satu solusi lainnya dalam mengatasi keyboard laptop error adalah dengan melakukan restart laptop. Penggunaan cara ini biasanya dilakukan ketika keyboard tiba-tiba error dan penyebabnya adalah driver pada laptop. Driver yang tidak merespon perintah keyboard menjadi pemicu errornya keyboard.

Untuk mengatasinya lakukan restart melalui menu yang ada pada laptop. Jika tidak bisa restart melalui cara tersebut, anda bisa menekan tombol power selama beberapa detik. Nantinya laptop akan mati dengan sendirinya, setelah mati kemudian nyalakan kembali seperti biasanya. Bicara mengenai cara mematikan laptop, berikut cara mematikan laptop yang error dengan keyboard.

4. Update Driver Keyboard

Salah satu penyebab keyboard error bisa saja karena driver keyboard masih dalam versi lama dan perlu diupdate. Untuk mengupdate driver, berikut caranya :

  • Buka Start
  • Ketikkan Device Manager pada kolom pencarian Start
  • Nanti akan ada banyak driver yang muncul
  • Pilih driver yang ingin kalian perbarui, disini keyboard driver, Klik kanan lalu pilih Update driverkeyboard driver
  • Lalu pilih Search automatically for updated driver software
  • Selesai

5. Bawa Ke Service Center Resmi

Jika kalian sudah mencoba seluruh metode di atas, namun keyboard laptop masih rusak, saran terakhir dari saya , bawa langsung ke service centernya. Dengan catatan keyboard kalian masih dalam masa garansi, jika masa garansi sudah habis, ada baiknya kalian menservisnya sendiri jika kalian punya keahlian service hardware keyboard.

Atau kalian bisa membawanya ke tukang servis biasa, karena biasanya harganya lebih murah dari di pusat servis. Satu lagi, jika anda melihat bahwa biaya servis lebih mahal, ada baiknya kalian membeli keyboard baru.

Itulah beberapa cara mengatasi keyboard laptop error dengan mudah. Pastikan ketika anda mengalami masalah keyboard yang error, usahakan untuk melakukan cara-cara di atas sebelum membawanya ke tukang servis. Sekian artikel ini, semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungan anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *