Bingung Cari Ide Bisnis? Berikut 8 Cara Mendapatkan Inspirasi Bisnis

Bingung Cari Ide Bisnis? Berikut Cara Mendapatkan Inspirasi Bisnis – Akhir-akhir ini banyak orang yang ingin menjalankan sebuah bisnis karena memang keuangan pasti menurun karena pandemi covid-19. Tak hanya itu saja, berbisnis sebenarnya memiliki penghasilan yang begitu menggiurkan walaupun mereka sadar juga bahwa konsekuensi seorang pebisnis juga begitu besar. Tapi hal semacam itu tidak membuat semangat kendor.

Bagi yang ingin mulai, salah satu problemnya yakni kira kira mau ngejalanin bisnis yang seperti apa?, karena untuk menemukan ide bisnis juga tak semudah membalikkan telapak tangan. Padahal mungkin jika diulik lebih dalam lagi, banyak berbagai macam ide bisnis yang memang bisa direalisasikan secara langsung.

Untuk kalian yang merasa kesusahan mencari inspirasi bisnis, tidak perlu khawatir lagi. Karena berikut di bawah ini saya akan menjelaskan cara mendapatkan ide bisnis yang begitu cepat dan bahkan banyak yang trend. Langsung saja silahkan simak di bawah ini.

Cara Mendapatkan Inspirasi Bisnis

1. Melihat-Lihat Di Sosial Media

Cara termudah yakni dengan melihat-lihat dan mencari-cari di media sosial. Kalian bisa memanfaatkan Youtube, Instagram, dan Tik-Tok. Di ketiga media sosial tersebut, sangat banyak orang-orang sharing tentang ide bisnis maupun peluang bisnis yang bisa dijalankan. Bahkan banyak juga orang yang tak segan-segan memberikan beberapa ilmunya ke masa agar bisa memberikan manfaat serta memberikan lapangan kerja.

Kalau mimin sendiri di Tik-Tok, banyak sekali yang memberikan ide bisnis yang inspiratif dan kreatif ada di tik tok, cuman mimin belum pernah merealisasikan, karena terhambat beberapa kesibukan mimin heuuuu.

2. Survey Pelanggan

survey pelanggan

Untuk mendapatkan inspirasi bisnis yang cepat, kalian bisa langsung survey ke pelanggan kalian jika sudah punya pelanggan. Jadi nih misalnya anda punya warung bakso, kalian bisa tanya-tanya nih ajak ngobrol santai para pelanggan walaupun cuma sebentar saja karena kalau lama gak enak banget takutnya ganggu pelanggan.

Atau jika malu bertanya, kalian bisa memberikan selebaran kertas untuk memberikan ide bisnis atau saran biar bisnisnya bisa lebih keren lagi. Terutama dalam konteks ini kan jualan bakso, kira kira dikasih menu baru apa lagi nih yang berhubungan dengan bakso dan sebagainya.

3. Berkunjung Ke Situs Berita Atau Pekerjaan

Walaupun situs sendiri sebenarnya juga salah satu sosial media, tapi kali ini saya akan berikan informasi tentang inspirasi bisnis yang lebih spesifik lagi. Karena banyak banget loh situs-situs yang memberikan kita sebuah ide untuk melakukan bisnis yang sedang viral, yang pasti sayang banget apabila dilewatkan. Berikut di bawah ini beberapa referensi situs yang bisa kalian manfaatkan untuk mendapatkan ide bisnis:

  • Amazon
  • Kaskus
  • Indonetwork
  • Bisnisukm
  • Yukbisnis
  • Dewailmu

4. Ikut Seminar Bisnis

Pada masa new normal seperti ini, untuk bertemu secara offline sangatlah susah, akan tetapi perlu kalian ketahui juga banyak pihak yang mengadakan seminar bisnis secara online yakni memanfaatkan media zoom ataupun google meet. Jadi, kalau bisa kalian segiat mungkin cari informasi tentang seminar bisnis, kalian bisa follow instagram akun yang berkaitan dengan bisnis, pasti banyak yang share tentang seminar bisnis sob.

5. Ngobrol Dengan Teman Yang Suka Berbisnis

ngobrol

Cara saya untuk mendapatkan ide baru mengenai bisnis yakni ngobrol dengan teman yang suka berbisnis. Dengan cari ini, bakalan banyak banget ilmu yang bisa kalian dapatkan, apalagi teman kalian juga sudah ekspert dalam dunia bisnis serta tahu skill kalian dan mungkin teman anda akan mengarahkan anda cocok di bisnis di bidang apa.

Baca Juga :

6. Dari Tempat Kerja

Anda jug bisa mendapatkan ide bisnis dari tempat kerja anda. Jika anda bekerja di tempat fotocopy, anda bisa melihat lihat mengenai bagaimana sistem bisnis fotocopy berjalan, jika anda bekerja di rumah makan, anda bisa melihat bagaimana makanan dimasak, disajikan, dan bagaimana mengenai pelayanannya, dan masih banyak lagi. Jika anda sudah bisa atau setidaknya memiliki pengalaman, anda bisa membuka bisnis anda sendiri.

7. Sering Sering Membaca

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, anda bisa mencari ide bisnis di situs berita, dan media sosial. Selain itu anda juga bisa mendapatkan ide bisnis dengan membaca di koran, buku bisnis, ebook, dan masih banyak lagi. Dengan membaca, wawasan anda akan semakin bertambah luas.

8. Belajar Dari Kesuksesan Bisnis Orang Lain

bob sadino

Banyak sekali orang yang sukses dalam bidang bisnis, seperti Bob Sadino, anda bisa meniru beliau, bagaimana beliau berbisnis, memanfaatkan peluang, dan lainnya. Jangan tiru semuanya, karena anda juga wajib memiliki ciri khas sendiri yang berbeda dengan orang lain.

Sebenarnya banyak sekali ide bisnis yang bisa anda dapatkan dan anda cari. Jika anda memang berniat berbisnis, maka anda akan berusaha mencari dan terus mencari inspirasi bisnis, entah seperti apapun caranya. Saran saya, jangan tergesa gesa mengambil keputusan untuk memilih bisnis.

Hmmm, mungkin itu saja artikel mengenai cara mendapatkan inspirasi bisnis bagi anda yang ingin berbisnis namun susah mencari inspirasi. Jika ada tambahan, anda bisa mencatumkannya di kolom komentar di akhir artikel ini, sekian, dan terima kasih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *