7 Cara Mengamankan Akun Gmail Dari Serangan Hacker Terbaru

7 Cara Mengamankan Akun Gmail Dari Serangan Hacker Terbaru – Akun google mail atau yang sering disebut gmail adalah akun yang sangat penting bagi pengguna internet, android, maupun banyak hal lainnya. Karena dewasa ini hampir semua aktivitas internet menggunakan gmail.

Handphone android, bisnis, blogger, youtuber, semuanya tidak luput dari akun gmail karena gmail ini merupakan nyawa seseorang di internet. Karena 1 akun gmail bisa digunakan untuk banyak hal. Dan apabila sudah berhubungan dengan bisnis, kerahasiaan akun gmail sangatlah penting.

Misalnya anda memiliki suatu hal yang berhubungan dengan uang atau hal penting lainnya dan anda menyimpannya pada email, maka anda wajib untuk menjaga email tersebut dengan segala cara. Mengapa demikian, karena sekarang banyak sekali metode pencurian data melalui internet.

Mulai dari pencurian uang, data, hingga hal penting seperti rahasia negara melalui gmail. Maka dari itu untuk menghindari segala kemungkinan terburuk, wajib bagi anda untuk menjaga dan mengamankan akun gmail tersebut dari orang yang tidak bertanggung jawab. Untuk mengamankannya, berikut cara-caranya.

Cara Mengamankan Akun Gmail

1. Gunakan Sandi Yang Rumit

Cara termudah untuk mengamankan akun gmail adalah dengan menggunakan sandi yang rumit saat proses pembuatan email. Google menyarankan agar gmail minimal menggunakan 8 karakter, namun saran saya gunakan minimal 10 karakter dengan perpaduan huruf kapital, huruf kecil, dan angka yang sangat rumit.

Meskipun rumit, anda tetap wajib mengingat sandi tersebut bagaimanapun caranya. Jangan sampai anda lupa sandi tersebut, anda bisa mencatatnya di handphone atau kertas untuk berjaga-jaga jika nantinya anda lupa kata sandi email tersebut.

2. Aktifkan Verifikasi 2 Langkah

verifikasi 2 langkah

Ini dia metode pengamanan akun gmail yang sangat saya percayai dan sukai. Dengan menggunakan metode ini, hampir mustahil bagi seseorang untuk mencoba menghack akun gmail. Metode verifikasi 2 langkah ini sama seperti memastikan apakah seseorang yang masuk dengan akun gmail tersebut apakah anda atau bukan.

Untuk mengaktifkan verifikasi 2 langkah pada akun gmail, minimal anda membutuhkan nomor handphone aktif dan bisa dihubungi oleh pihak google. Nantinya pihak google akan mengirimkan data berupa kode dan kode tersebut harus anda masukkan pada kolom verifikasi untuk mengaktifkan verifikasi 2 langkah.

3. Logout Email Jika Sudah Tidak Melakukan Hal Penting

Jika sudah tidak melakukan hal penting yang berhubungan dengan email, anda bisa mengeluarkan akun tersebut, apalagi jika anda internetan di warnet yang menggunakan komputer umum. Lakukan logout akun setiap kali anda selesai intenetan meskipun bukanlah akun gmail.

4. Hati-Hati Dengan Situs Phising/Pencurian Data

web phising

Inilah ancaman terbesar untuk anda para pengguna internet di seluruh dunia. Bukan hanya akun gmail, bahkan akun apapun seperti facebook, akun game coc hingga mobile legend bisa disadap menggunakan cara ini. Situs phising ini adalah situs pencurian data yang memanfaatkan kecerobohan pengguna.

Contohnya pada gambar diatas, memang situs tersebut sama dengan facebook, namun URL nya bukanlah url facebook.com. Jadi situs tersebut adalah situs palsu yang wajib anda hindari karena situs sejenis ini sangat banyak jumlahnya. Cara keempat ini merupakan cara mengamankan akun gmail paling wajib anda waspadai.

5. Menghapus Data Browsing

Jika anda sering masuk menggunakan akun gmail pada komputer warnet, saya sarankan sebelum anda pulang bersihkan semua riwayat browsing, terutama cache dan cookies yang biasanya otomatis tersimpan di komputer dalam jangka waktu beberapa hari.

6. Jangan Login Dan Menyimpan Sandi Gmail Di Warnet

gmail save account

Jika anda sedang internetan di warnet dan menggunakan komputer warnet, jangan sesekali anda memasukkan akun gmail pada komputer tersebut bahkan sampai menyimpan sandinya jika tidak ada keperluan yang sangat penting. Karena banyak sekali pencurian data gmail dengan metode seperti ini yang dilakukan pemilik warnet.

7. Perbarui Password Secara Berkala

Memperbarui password secara berkala sebenarnya tidak saya sarankan karena namanya manusia pasti ada lupanya. Jadi, ada teman saya yang sudah mengganti password gmailnya, tetapi dia lupa dengan sandi tersebut dan malah menggunakan sandi email lama.

Jika anda tetap bersikeras mengganti password gmail secara berkala, saya sarankan anda mencatat sandi tersebut di memo atau catatan penting lainnya agar tidak lupa. Untuk anda yang pelupa saya sarankan agar tidak menggunakan cara terakhir ini, tetapi semua keputusan ada di tangan anda.

Baca juga cara mengaktifkan kembali akun facebook yang dihack dengan mudah.

Sekian artikel mengenai cara mengamankan akun gmail yang sudah saya terangkan panjang lebar. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda para pengguna akun gmail dan semoga artikel ini bisa menjadi referensi yang bermanfaat. Terima kasih atas kunjungan anda dan jangan lupa berkunjung kembali.

Add Comment

UA-101858990-1
error: Content is protected !!