oleh

Ciri-Ciri Situs Phising Yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Terlambat!

Ciri-Ciri Situs Phising Yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Terlambat! Pernahkah Anda mendengar kata phishing?. Bagi yang sering berselancar di dunia internet mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah ini. Phising merupakan suuatu metode yang dipakai peretas untuk mencuri password dan informasi dari akun maupun email Anda, dimana cara ini dilakukan dengan mengarahkan target menggunakan form login pada situs palsu yang hampir sama dengan situs aslinya.

Sudah banyak orang mengalami akun facebook ataupun email mereka dicuri. Hal ini biasanya baru disadari ketika Anda tidak bisa lagi login menggunakan password yang biasa Anda gunakan. Untuk itu penting mengenali ciri-ciri situs phishing agar Anda dapat menghindari pencurian data dan password semacam ini.

Data atau informasi yang dicuri dapat berupa data keuangan target seperti data kartu kredit. Peretas akan menyamar sebagai orang atau perusahaan besar yang legal melalui alamat email untuk mengarahkan target mengunjungi sebuah situs.

Melalui situs tersebut Anda diharuskan login dan saat itulah semua data dan password akun Anda akan dicuri. Kejahatan cyber ini memang sangat merugikan, bahkan dalam skala global kerugiannya bisa mencapai milyaran. Lalu apa sih ciri-ciri situs phishing tersebut? Berikut ulasannya.

Ciri-Ciri Situs Phising

1. Memiliki Tampilan Yang Mirip Dengan Situs Asli

Tujuan tampilan situs phishing yang dibuat seolah seperti situs asli yaitu untuk mengecoh target. Situs-situs phishing biasanya memang memiliki tampilan yang hampir sama persis dengan situs aslinya, bahkan tingkat kemiripannya bisa 90%. Namun tentu saja ada perbedaan halus yang perlu Anda cermati, yaitu misalnya caption pada button atau teks yang sedikit berbeda dengan situs aslinya.

2. Alamat Website Sedikit Typo

Selain tampilan, situs phishing juga memiliki kemiripan pada bagian alamat website. Nah, ini adalah poin penting yang harus diperhatikan Anda. Setiap situs memiliki 1 alamat web yang tidak bisa sama dengan alamat web situs lainnya. Disinilah Anda bisa membedakan situs tersebut situs palsu atau bukan.

Terkadang peretas membuat alamat yang dibuat sedikit typo agar mudah mengelabuhi target. Typo yang dibuat ini bertujuan agar perbedaan antara situs phishing dan situs asli tidak terlalu mencolok. Maka Anda perlu memperhatikan alamat web tujuan Anda sebelum memberikan data-data Anda ya.

Baca Juga : Apa Itu VPS?, Dan Apa Kegunaannya?, Ini Penjelasannya.

3. Ciri-ciri Situs Phising – Tidak Dibekali HTTPS

HTTPS pada sebuah situs merupakan bekal keamanan sebuah situs untuk diakses. HTTPS atau Hypertext Transfer Protocol Secure itu sendiri merupakan sebuah protocol komunikasi yang aman, sebab HTTPS membuat perintah yang melalui protocol ini dilindungi sistem encrypp yang menyulitkan hacker membajak data yang dikirim.

Itulah mengapa kebanyakan situs yang kredibel selalu membekali webnya dengan perlingungan HTTPS. Meskipun tidak semua situs web yang aman selalu dibekali HTTPS namun bisa dipastikan setiap halaman login selalu dibekali HTTPS. Anda bisa melihatnya di addres bar dari peramban internet yang digunakan. Jadi, mislanya Anda memasuki halaman login facebook namun tidak menemukan HTTPS pada addres bar maka bisa dipastikan itu adalah situs phishing.

4. Kebanyakan Link Dalam Situs Tidak Bisa Diakses

Link dalam situs yang rusak atau tidak bisa diakses juga menjadi ciri-ciri situs pishing yang berbahaya. Biasanya peretas hanya berfokus mengecoh pada tampilan tanpa peduli dengan link-link yang ada di dalamnya. Anda bisa memastikan situs tersebut asti atau tidak dengan mengecek link-link yang tampil, terutama pada link-link dengan tampilan teks yang kecil. Jika link tersebut tidak mengarah ke halaman baru dan bahkan mengarahkan ke halaman yang tidak jelas maka bisa hati-hati bisa jadi itu adalah situs palsu atau phishing.

5. Kesulitan Login Meski Sudah Memasukkan Username Dan Password Yang Benar

Jika Anda sedang login dan terus menerus gagal, padahal sudah yakin username dan password sudah benar maka hati-hati bisa jadi Anda sedang login di situs phishing. Keadaan ini sering dialami para pengguna facebook. Jika hal ini terjadi pada Anda maka sebaiknya segera kunjungi situs asli dan langsung ganti password dan informasi penting lainnya sebelum dicuri oleh peretas.

Ada begitu banyak kasus kejahatan phising ini yang sering dilakukan peretas. Tindakan ini dilakukan untuk mencuri informasi akses akun Anda, social media, alamat email bahkan akun Bank Anda. sebebanrnya untuk menghindari phishing ini sangat tergantung pada kehati-hatian dan kewaspadaan Anda. Salah satu kunci untuk menghindari terjadi phishing yaitu cermati alamat situs dan pastikan alamat tersebut benar dan resmi.

Jika sudah tahu ciri-ciri situs peretas yang telah disebutkan di atas maka untuk kedepan sebaiknya agar lebih waspada dan hati-hati sebelum login atau memberikan informasi dalam sebuah situs web, Semoga informasi ini bermanfaat dan membantu. Terima kasih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 comments