7 Cara Mengatasi Delay Touch di Android Terbukti Ampuh

Cara Mengatasi Delay Touch di Android Terbukti Ampuh – Delay touch atau dalam artian sentuhan yang tertunda, hal ini sering dialami sebagian pengguna smartphone, terutama android.

Jika anda belum tahu apa itu delay touch, hal ini terjadi ketika anda ingin membuka suatu menu atau file di hp android, namun tidak terbuka saat itu juga, melainkan 2 sampai 5 detik setelahnya.

Hal ini memang sangat mengganggu, dan banyak ditemui pada ponsel dengan spesifikasi rendah. Namun, tidak menutup kemungkinan, ponsel dengan spesifikasi tinggi mengalaminya.

Lantas bagaimana cara mengatasi hal ini?. Pada artikel ini, saya akan mengulas tutorialnya, simak sampai selesai ya!.

Cara Mengatasi Delay Touch di Android

1. Hapus Aplikasi yang Tidak Terpakai

Jika anda memiliki banyak aplikasi yang tidak terpakai, maka hapus saja aplikasi tersebut. Kasus ini banyak terjadi pada ponsel baru.

Dengan menghapus aplikasi yang tidak terpakai, anda bisa mengurangi penggunaan memori dan RAM. Ponsel anda bisa semakin cepat digunakan, dan layar sentuh yang delay tadi bisa hilang.

2. Ganti Tempered Glass, Jika Menggunakannya

Apabila ponsel anda menggunakan tempered glass atau TG, dan rusak, maka segera ganti. Mungkin penyebab ponsel anda mengalami delay touch adalah tg yang sudah usang.

3. Jangan Gunakan Ponsel sampai Overheat

Tidak terkecuali untuk ponsel dengan spesifikasi rendah, delay touch juga bisa terjadi pada ponsel android berspesifikasi tinggi jika sering digunakan sampai overheat atau panas berlebihan.

Untuk mengatasi permasalahan ini, jangan gunakan ponsel anda berlebihan, terutama bermain game HD. Hal ini sangat menguras penggunaan baterai, dan mengakibatkan ponsel cepat panas.

Dari overheat itulah kemungkinan terjadinya error sangat besar, salah satunya layar sentuh yang terlambat merespon.

4. Update OS

update android

Apabila OS anda belum update, segera update ke versi terbaru untuk mencegah dan menghilangkan bug, seperti sistem layar sentuh yang terlambat.

Baca Juga :

5. Lakukan Kalibrasi Layar

Untuk memastikan layar sentuh anda rusak atau tidak, anda bisa melakukan kalibrasi layar android. Jika memang terdapat error dalam proses tersebut, mungkin itulah penyebab terjadinya jeda saat melakukan klik pada layar.

Jika tidak ada kendala saat kalibrasi layar, kemungkinan ada masalah lain yang menyebabkan layar sentuh ponsel anda delay.

6. Factory Reset

Tips selanjutnya, anda bisa mengatasi permasalahan ini dengan melakukan factory reset. Artinya mereset semua pengaturan dan isi ponsel ke awal ketika anda membeli ponsel.

Dengan begini, seluruh sistem akan fresh, dan kemungkinan besar permasalahan layar sentuh yang lambat merespon ini hilang.

7. Ganti Touchscreen

Tips terakhir, anda bisa mengganti touchscreen ke gerai servis ponsel terdekat. Jika sudah seperti ini, dijamin kendala layar sentuh delay akan hilang.

Namun banyak juga pengguna ponsel android justru mengalami error yang lebih parah setelah mengganti layar sentuhnya. Untuk masalah ini, anda bisa mengklaim garansi servis, jika toko tersebut menyediakannya.

Sudah paham kan?, jadi itulah beberapa cara mengatasi delay touch di android semua brand dan model. Semoga tutorial ini bermanfaat untuk semua pengguna android.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.