oleh

3 Cara Mengatasi Kecanduan HP Pada Anak Kecil Dengan Mudah

3 Cara Mengatasi Kecanduan HP Pada Anak Kecil Dengan Mudah – Seiring perkembangan zaman, smartphone kini sudah menjadi barang yang harus dimiliki oleh setiap kalangan mulai dari anak-anak, remaja, dewasa dan orang tua.

Pada era digital seperti ini memang hampir setiap kegiatan harus menggunakan hp, karena memang memudahkan pekerjaan manusia. Selain membantu pekerjaan manusia , hp atau ponsel ini juga dapat membuat otak semakin fresh karena bisa mendapatkan hiburan entah itu bermain game dan menonton film.

Namun disamping memberikan manfaat serta bisa juga memberikan hiburan seperti game, banyak anak kecil jaman sekarang yang terlalu kecanduan bermain HP. Memang pada umumnya masa anak-anak merupakan masa bermain akan tetapi yang dimaksudkan bukan bermain game, namun lebih tepat bermain bersama teman-teman.

Apabila terdapat anak-anak yang sudah kecanduan berat terhadap gadget akan terasa lebih sulit lagi untuk diatur dan dididik. Biasanya ketika anak sudah kecanduan, dampak yang paling besar yaitu malas untuk belajar dan makan pun juga enggan. Maka dari itu peran anda sebagai orang tua ataupun saudara sangatlah besar agar sang anak tidak kecanduan bermain hp lagi.

Lantas bagaimana cara agar anak tidak kecanduan bermain hp lagi?. Apakah terdapat cara dan tips yang menarik agar anak bisa tidak kecanduan bermain Hp?. Tentu saja ada, berikut ulasan mengenai tips tips agar anak tidak kecanduan hp, simak dengan seksama.

Cara Mengatasi Anak Agar Tidak Kecanduan Main Hp

1. Ajak Anak Bermain

Memang apabila sang buah hati sudah kecanduan berat suka bermain hp akan lebih sulit untuk menghilangkan kecanduan tersebut. Namun bukan berarti anda tidak bisa mengatasi kecanduan tersebut. Seperti salah satunya caranya yaitu dengan mengajak anak bermain.

Nah jadi anda sebagai orang tua memiliki perang yang sangat penting untuk sang anak agar tidak kecanduan lagi. Coba ketika waktu senggang ajaklah anak anda keluar bermain melihat dunia luar agar tidak cuman di rumah main hp aja.

Sempatkanlah sedikit waktu untuk bermain bersama anak walaupun sebentar, sesibuk-sibuknya anda maka sempatkanlah bermain bersama anak kesayangan anda tersebut agar waktu kecil sang anak tidak dihabiskan hanya dengan bermain hp saja.

Baca Juga : Cara Mengatasi Mata Lelah Karena Terlalu Lama Melihat Layar Komputer.

2. Coba Beri Tantangan Dan Jika Berhasil Beri Hadiah

memberi hadiah ke anak

Apabila cara yang pertama tidak berhasil, maka coba cara yang ini. Sebagai orang tua/saudara coba berikan lah sebuah tantangan kepada sang buah hati yaitu apabila tidak bermain hp nanti akan diberikan hadiah apa yang sedang di inginkan oleh sang anak, selain itu ketika anda ingin menjalankan tantangan ini, pastikan usia anak anda juga sudah lumayan besar agar paham maksud anda. Hal tersebut sangat membantu sekali dalam mengatasi kecanduan bermain game / hp.

3. Cara Mengatasi Kecanduan HP Dengan Mengajak Belajar Mengenai Hal Baru

Untuk bagian ini yang diperlukan yaitu “Waktu Luang”. Memang meluangkan waktu untuk belajar bersama anak sangatlah penting, jadi anda harus bisa memanagemen waktu anda sendiri. Nah untuk cara mengatasinya pada hal ini, yaitu coba ajak belajar anak untuk mengenal suatu hal hal yang baru, dan pastikan sang anak belum mengetahui hal ini. Karena sifat yang paling dimunculkan oleh anak anak yaitu mengenal hal baru serta suka kepo dengan apa yang belum pernah dilihatnya.

Seperti mengajak ke tempat bersejarah, barang unik dan menarik serta masih banyak lagi lainya. Secara otomatis nantinya sang buah hati akan tidak tertarik dengan hp, dan lebih memilih dengan belajar bersama sang orang tua untuk mengenal hal yang baru.

Jadi itulah mengenai cara bagaimana mengatasi anak yang kecanduan bermain hp dengan mudah dan dijamin berhasil. Semoga bermanfaat untuk anda para orang tua yang memiliki anak suka bermain smartphone android/iphone, sekian dan terima kasih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *