oleh

Mengatasi Komputer Restart Sendiri Dengan Cepat

Cara Mengatasi Komputer Restart SendiriAda yang pernah mengalami Komputer Restart Tanpa Peringatan dan Anda tidak tahu? Pastinya itu membuat kesal kan ? Apalagi pada saat sudah mengerjakan pekerjaan yang berlum disimpan. Pastinya sangat membuat kesal hati. Oleh karena itu, pada artikel ini, saya akan membagikan satu tips Mengatasi Komputer Restart Tanpa Peringatan. 

Sebenarnya Ada banyak alasan kenapa komputer bisa restart secara otomatis tanpa pemberitahuan atau peringatan. Bisa jadi itu karena kesalahan hardware, overheat, Windows Update atau menghentikan error system. Dan semua itu, anda harus mengerti kenapa Komputer anda Restart Tanpa Peringatan. Apa karena komputer kamu baru saja update driver? Atau komputer Windows kamu baru saja update? Jika ada salah satu kasus yang kamu alami seperti halnya di atas, kamu bisa memperbaiki komputer dengan mudah.

Dan berikut adalah Cara Mengatasi Komputer Restart Sendiri.

– Restart Setelah BSOD Atau Menghentikan Error System

Hal yang harus anda perhatikan setelah menghentikan error system adalah lakukan cara ini untuk membaca error code, yang mana cara ini dapat digunakan untuk menghentikan masalah diatas.

Mengatasi Komputer Restart Sendiri Untuk Windows 7 dan 8

  • Tekan Win + Pause/Break
  • Lalu pilih Advanced System Setting
  • Tab Advanced
  • Klik Settting Pada Menu Startup & Recovery
  • Hilangkan Centang Pada Menu Automatically Restart

Jika Windows anda Crash atau menghentikan Error, Komputer tidak akan restart dengan sendirinya dan akan memberikan pesan error yang akan membantu anda untuk mengetahui masalah diatas.

Mengatasi Komputer Restart Sendiri Ketika Hardware Failure

Hardware Failure atau ketidakstabilan system juga dapat menyebabkan komputer restart dengan sendirinya. Biasanya masalah ini menyangkut RAM, Hardisk, Power Supply, atau bisa jadi overheat atau masalah BIOS.

RAM : Untuk Mengecek RAM yang rusak bisa menggunakan ISO Memtest86+

  • Burn dalam CD dan booting dari komputer anda.
  • Kemudian jalankan Memory Diagnostic untuk 8/9 passes,
  • Jika ada salah satu RAM atau slot DIMM yang rusak, anda bisa menjalankan memtest dengan satu RAM atau satu slot.
  • Periksa manual Motherboard untuk melihat voltase dan timing yang tepat di BIOS.
  • Periksa juga apa RAM tersebut cocok dengan motherboard.

Hardisk : Untuk mengecek Hardisk,

  • Coba cari merek hardisk yang anda gunakan lalu pergilah ke situs perusahaan tersebut. Rata rata perusahaan itu akan memiliki tools diagnostic.
  • Kemudian jika sudah ketemu, Jalankan tools tersebut untuk memeriksa keadaan hardisk.
  • Jika anda menemukan banyak bad sector atau error, segera backup data anda.
  • Kemudian jalankan chkdsk juga untuk melihat apakah masalah tersebut bisa diperbaiki.

BIOS : Kadang-kadang merubah pengaturan BIOS, seperti overcloking RAM atau processor juga bisa menyebabkan ketidakstabilan system. Dalam kasus tersebut, kamu bisa reset BIOS ke pengaturan default atau atur ulang dengan melepas baterai CMOS beberapa menit dan pasang kembali.

Mengatasi Komputer Restart Sendiri Ketika ada Masalah dengan Driver

Selanjutnya, jika anda baru saja menginstal sebuah driver, namun setelah itu komputer anda restart tanpa peringatan segera unistall driver tersebut lewat Safe Mode. Jika tidak juga berhasil, silahkan anda Downgrade driver ke versi yang sebelumnya komputer anda baik baik saja.

– Lakukan Scan Bila Terdapat Malware

Yang terakhir, bila cara diatas masih tidak bisa menyelesaikan masalah diatas, lakukan scan bila komputer anda terdapat Malware yang bisa membuat komputer anda restart tanpa ada notifikasi. Selain bisa menyebabkan masalah diatas, Malware juga bisa merusak data data anda. Banyak sekali para kelompok hacker menyisipkan malware pada sebuah situs atau lainya yang bisa merusak data data anda.

Mungkin hanya itu saja mengenai Mengatasi Komputer Restart Sendiri yang bisa saya bagikan pada artikel ini, semoga bisa bermanfaat.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

6 comments

  1. jadi ini cara ngatasinnya. dicari-cari ternyata ada disini. thanks gan info mengatasi pc restart tanpa notice, lanjutkan gan