10 Cara Mengatasi Laptop Macet Total, Hang, Dan Not Responding

10 Cara Mengatasi Laptop Macet Total, Hang, Dan Not Responding – Anda mungkin setuju bila laptop merupakan barang elektronik yang tergolong mahal, iya memang benar laptop harganya mahal. Tapi jika ada suatu hal yang menyebabkan laptop rusak atau error bagaimana perasaan anda?.

Saya yakin jika anda pasti kesal, apalagi jika anda tidak pernah melakukan sesuatu yang membuat laptop dalam bahaya seperti terkena air dan terbentur namun laptop tersebut tetap saja rusak. Banyak hal yang dapat menyebabkan kerusakan pada laptop selain terbentur dan terkena air.

Hal-hal Yang Dapat Menyebabkan Kerusakan Tersebut Yakni :

  • Umur laptop.
  • Aus pada mesin karena sudah terlalu lama dipakai.
  • Kotor pada bagian hardware (mesin).
  • Pemakaian yang tidak wajar (kasar).
  • Kerusakan pada software.
  • Dan masih banyak hal lainnya.

Memang selain hardware (mesin), salah satu hal yang menyebabkan kerusakan pada laptop yakni software (operasi sistem contohnya windows) yang terdapat dalam laptop. Melihat laptop merupakan suatu alat elektronik yang bisa digunakan karena adanya perpaduan antara hardware dan software.

Jadi, jika terjadi kerusakan pada laptop anda jangan terlalu cepat menyimpulkan yang rusak apakah software atau hardware nya. Karena jika anda terlalu cepat mengambil kesimpulan maka bisa saja akan berakibat fatal seperti biaya servis yang dikeluarkan tidak sepadan dengan kerusakan yang terjadi.

Contoh, anda adalah orang awam di dunia komputer. Suatu ketika laptop anda hang/macet, kemudian laptop tersebut anda bawa ke tukang servis untuk di servis. Tukang servis berkata bahwa kerusakan yang terjadi cukup parah sehingga perlu biaya servis yang mahal, padahal sebenarnya kerusakan yang terjadi tidak begitu fatal.

Nah, yang awalnya kerusakan laptop dapat anda tangani sendiri dan bahkan tidak memerlukan biaya justru kenyataanya malah sebaliknya. Nah, untuk mencegah terjadinya hal tersebut, saya disini menuliskan beberapa hal untuk mengatasi permasalahan laptop rusak/error.

Banyak sekali kerusakan pada laptop yang seharusnya dapat anda bedakan melalui gejala-gejalanya seperti laptop macet/ngelag, not responding/tidak merespon, hang, dan masih banyak lagi. Berikut penjelaskan jenis kerusakan laptop dan cara mengatasinya.

Cara Mengatasi Laptop Macet, Hang, Dan Not Responding

1. Menghentikan Progam Yang Macet Dengan Task Manager

Ini merupakan salah satu cara mengatasi laptop hang paling mudah menurut saya, jika ada software yang macet biasanya memori RAM akan penuh. Namun kita masih bisa membuka task manager dengan cara klik Ctrl+Alt+Del kemudian pilih Task Manager.

Jika sudah masuk task manager, cari program yang membuat laptop kita lelet. Caranya mudah, pada gambar yang saya kasih tanda panah hijau itu adalah banyaknya RAM yang terpakai oleh sebuah software . Jadi cukup simpel, pilih saja software yang paling banyak memakan RAM kemudian klik pada End Program.

task manager

Tunggu beberapa saat sampai program dihentikan oleh task manager, lihat RAM yang tadinya penuh sudah berkurang. Setelah itu coba anda buat laptop apakah sudah tidak macet lagi atau masih macet. Saya jamin laptop anda pasti tidak macet lagi.

2. Matikan Laptop Secara Paksa

Jika memang laptop anda macet dan tidak ada respon sama sekali, bahkan task manager pun tidak dapat dibuka, maka tidak ada cara lain selain mematikan laptop secara paksa. Secara paksa disini bukan seperti mencabut baterai laptop ketika masih dalam keadaan menyala.

Cara mengatasi laptop macet dengan ini cukup mudah. Cukup tekan tombol power laptop sampai laptop tersebut mati. Memang cara ini tidak dianjurkan, kecuali jika dalam keadaan mendesak mama wajib anda gunakan. Setelah laptop mati, maka anda bisa menyalakan kembali laptop tersebut seperti biasanya.

3. Masuk Ke Safe Mode

Untuk masuk ke safe mode ini sangat mudah, tentunya anda harus mematikan laptop terlebih dahulu atau laptop sudah dalam keadaan mati. Dengan masuk ke safe mode maka anda akan dibawa ke sistem operasi dasar windows dimana semua program pihak ketiga dan software lainnya tidak dapat digunakan.

Cara masuk ke safe mode cukup mudah, yakni nyalakan laptop anda kemudian tekan F8. Pada masing-masing merk laptop biasanya cara masuk ke safe mode berbeda namun perbedaannya hanya pada cara masuknya. Bisa saja menggunakan tombol F1 sampai F12.

4. Sesuaikan Pengaturan BIOS

Untuk pengaturan BIOS ini saya yakin setiap merk laptop memiliki tampilan yang berbeda satu dengan yang lainnya. Disini saya mengasih contoh menggunakan laptop dell. Caranya yakni nyalakan laptop, kemudian masuk ke BIOS menggunakan F2.

Setelah masuk BIOS, pilih Advance BIOS Featured atau fitur lanjutan dari BIOS. Cari tulisan Cache BIOS, jika sudah ketemu kemudian nonaktifkan atau Disable. Terakhir simpan pengaturan menggunakan F10. Itulah cara mengatasi laptop macet menggunakan pengaturan BIOS.

5. Pasang Anti Malware Dan Antivirus

antivirus

Menurut saya pemasangan anti malware dan antivirus merupakan salah satu penanganan awal untuk mencegah terjadinya kerusakan pada laptop. Anti malware dan antivirus ini bertugas untuk mengontrol segala hal yang berbau malware dan virus pada laptop, hal ini berguna untuk mencegah terjadinya kerusakan software.

6. Uninstal Program Yang Membuat Laptop Error Seperti Software Berukuran Besar

Jika anda hobi main game, dulu waktu membeli laptop sebaiknya anda memilih laptop dengan RAM dan VGA yang besar. Namun jika laptop anda mempunyai spesifikasi dibawah rata-rata ya mungkin bila anda gunakan untuk bermain game akan terasa lemot, ngelag, not responding, bahkan hang.

Maka dari itu solusi saya, uninstal game dan software yang berukuran besar yang tidak cocok dengan spesifikasi laptop anda. Instal dan mainkan game yang mempunyai spesifikasi kecil, ini juga demi kebaikan laptop anda sendiri.

7. Restore Windows

Cara mengatasi laptop macet selanjutnya yakni menggunakan restore windows. Langkah ini sebenarnya sama saja dengan instal ulang sistem, cara ini dapat anda gunakan bilamana antivirus dan antimalware tidak bekerja dengan maksimal memantau laptop anda. Cara nya yakni tekan Windows + R, nanti akan muncul jendela Run.

Pada jendela Run, tekan rstrui kemudian enter. Maka akan muncul kotak dialog Restore Poin. Klik Next > Pilih Waktu restore kemudian tekan next lagi. Maka proses restore akan berjalan. Tunggu proses restore sampai selesai dan lihat perbedaannya.

8. Perbarui Driver

Memang driver merupakan salah satu komponen penting yang terdapat dalam laptop. Tanpa adanya driver maka laptop anda tidak akan dapat melakukan apapun. Sama seperti aplikasi dalam handphone, driver laptop disini berfungsi seperti halnya OS yang wajib diperbaharui.

Jika ada suatu masalah seperti laptop sering hang maka salah satu masalahnya bisa saja terdapat pada driver nya. Coba cek apakah driver laptop anda sudah ada versi terbarunya atau belum dengan menggunakan software driver booster.

9. Instal Ulang OS Laptop

instal ulang windows

Jika memang segala cara diatas sudah dilakukan namun laptop masih saja hang, macet atau tidak ada respon solusi terakhir yakni menginstal ulang laptop. Ini merupakan solusi terbaik jika anda tidak mau repot-repot menggunakan 9 cara sebelumnya.

Memang semua software yang terinstal akan ikut terhapus semua, dan laptop anda akan kembali seperti baru kembali dalam arti sistem operasi masih fresh. Keuntungan dari instal ulang ini semua virus, malware, dan sistem yang rusak akan ikut terhapus saat proses instal ulang.

Baca juga cara instal ulang laptop semua windows 100% work.

10. Cek Kondisi Hardware (RAM, Hardisk, Kipas Angin, Dan Komponen Lainnya)

Jika setelah di instal ulang namun masih terjadi kendala pada laptop anda, berarti pertanda ada mesin/hardware yang berkondisi kurang optimal seperti kotor, korosif, berdebu, bahkan rusak. Untuk langkah ini sebaiknya anda membawanya ke tukang reparasi komputer terbaik di dekat tempat tinggal anda.

Itulah beberapa cara mengatasi laptop macet total, hang, not responding, dan kerusakan lainnya. Memang semua alat elektronik memiliki batas umur pemakaian, jika anda ingin bisa terus menggunakannya maka rawatlah laptop anda sebaik mungkin.

Anda bisa membersihkan komponen laptop seperti kipas, hardware, hardisk, dan komponen lainnya yang kotor untuk mengurangi terjadinya kerusakan. Sekian artikel ini, semoga bermanfaat bagi anda yang memiliki laptop dan komputer yang sering rusak.

Terima kasih atas kunjungannya, semoga anda betah di dewa ilmu. Jika ada hal yang tidak dimengerti seputar postingan ini anda bisa menanyakannya pada kolom komentar.

Add Comment

UA-101858990-1
error: Content is protected !!