4 Cara Mengambil Data Dari Hardisk PC Yang Rusak Dengan Mudah

4 Cara Mengambil Data Dari Hardisk PC Yang Rusak Dengan Mudah – Semua barang elektronik pastinya akan mengalami kerusakan, entah itu seperti televisi, peralatan sepeda motor, smartphone, komputer, maupun barang elektronik lainnya.

Entah itu rusak karena umur barang elektronik/pemakaian tersebut maupun rusak akibat kecerobohan dan hal lainnya. Salah satu benda penting yang memiliki resiko rusak tinggi yakni hardisk komputer/laptop/pc. Hardisk bisa dibeli kembali, tetapi kebanyakan seseorang mementingkan data yang ada di dalamnya.

Nah, tahukah anda bahwa data dalam hardisk tersebut masih bisa diselamatkan, tetapi anda juga harus melihat kerusakan yang terjadi. Jika kerusakan yang terjadi ringan, bisa saja data dalam hardisk tersebut kembali, tetapi jika kerusakannya berat, peluang mengambil datanya juga sangat kecil atau bisa saja nihil.

Nah, maka dari itu disini saya akan menjelaskan tentang bagaimana cara mengambil data dalam hardisk yang rusak ke laptop,pc, maupun komputer lain. Perlu diketahui bahwa cara di bawah ini belum tentu berhasil 100%, tapi setidaknya bisa membantu anda. Langsung saja berikut langkah-langkahnya.

Cara Mengambil Data Dari Hardisk PC Yang Rusak

1. Jangan Format Hardisk

Jika hardisk anda rusak ringan, contohnya seperti hardisk terdeteksi tetapi penyimpanan kosong, padahal isinya sangat banyak. Jangan sesekali memformat hardisk tersebut, karena biasanya komputer mendeteksi file tersebut dalam waktu yang lebih lama. Biasanya tergantung kecepatan CPU komputer, pc, maupun laptop anda.

2. Hubungkan Hardisk Ke Komputer/PC Lain

cara hubungkan hardisk ke laptop

Khusus poin kedua ini memang membutuhkan sedikit skill untuk membongkar komponen cpu atau perangkat komputer dengan baik dan benar agar tidak terjadi korsleting atau kabel putus. Jadi, jika anda tidak ahli dalam membongkat, membuka, bahkan tidak bisa sama sekali, anda bisa melewati langkah ini.

Jika memang anda bisa membongkar perangkat komputer, anda bisa menggunakan langkah ini. Caranya mudah, berikut tutorialnya :

  • Bongkar komputer/laptop yang hardisk nya rusak.
  • Kemudian tes hardisk tersebut dengan menyambungkan di slot hardisk komputer lainnya.
  • Cara menyambungkannya yakni dengan menggunakan  SATA/IDE converter dengan bantuan kabel USB. Hardisk yang rusak ini akan menjadi Secondary Hardisk.
  • Setelah tersambung, anda bisa menyalakan komputer tersebut, jika memang terdeteksi, anda bisa mengcopy seluruh file dalam hardisk yang rusak tadi ke komputer tersebut.
  • Selamat, file telah berhasil diselamatkan.

3. Gunakan Software Recovery

Anda juga bisa menggunakan software untuk mengembalikan data dalam hardisk yang rusak. Tetapi itu jika hardisk tersebut terdeteksi di komputer lain, jadi anda wajib menggunakan langkah ketiga. Banyak sekali software recovery yang bisa anda gunakan seperti R-Studio.

4. Bawa Ke Tukang Servis Terbaik Di Kota Anda

tukang servis komputer

Cara terakhir untuk mengambil data dari hardisk komputer anda yang rusak adalah dengan membawanya ke tukang servis. Jadi, jika anda sudah mentok, jangan berbuat hal-hal konyol yang justru bisa membahayakan hardisk anda. Jadi solusi terakhir bawalah ke tukang servis.

Jika kerusakan hardisk anda sangatlah parah, bawalah ke tukang servis terbaik di kota anda. Jangan membawanya ke tukang servis abal-abal, Memang urusan harga berbeda dari tukang servis biasa, tapi jika data dalam hardisk anda berhasil diselamatkan, harga mahal tidaklah masalah.

Baca juga cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk dengan mudah dan cepat.

Itulah beberapa cara mengambil data di hardisk laptop yg rusak, saya sarankaj untuk anda sebaiknya membawa hardisk tersebut ke tukang servis untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Tetapi jika anda sendiri bisa mengatasinya, tidak ada salahnya dicoba.

Sekian artikel mengenai cara mengambil data dari hardisk pc yang rusak, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda semua dan bisa mengatasi solusi dari permasalahan anda. Terima kasih atas kunjungan anda dan jangan lupa berkunjung kembali.

Related Posts

About The Author

Add Comment

error: Content is protected !!