Cara Mengatasi Tidak Bisa Membuka DVD ROM Dan CD ROM

Kayeols

Cara Mengatasi Tidak Bisa Membuka DVD Rom Dan CD Rom – DVD atau CD pada laptop ataupun komputer memang memiliki peran penting dalam berbagai macam hal. Entah itu untuk menginstal sistem operasi, menginstal game ataupun hanya sekedar burning file saja.

Memang jika diperhatikan saat ini penggunaan DVD ataupun CD mulai menurun, dikarenakan menggunakan flashdisk saat ini lebih simpel dan efisien. Mulai dari ukurannya yang kecil dan mudah dibawa kemana mana serta memiliki ukuran hingga beratus-ratus gigabytes.

Walaupun begitu masih ada kok segelintir orang yang menggunakan DVD ataupun CD. Dan menemukan satu masalah baru yakni dimana dvd ataupun cd pada laptop tidak mau dibuka. Tentu saja jika tidak bisa dibuka maka kita akan tidak bisa memasukkan cd ataupun dvd yang berisi tugas ataupun hanya untuk burning dan sebagainya.

Kita sebenarnya bisa menggunakan dvd rom ataupun cd rom eksternal, namun itu akan memakan biaya tambahan. Maka dari itu kita harus menggunakan dvd ataupun cd player bawaan laptop.

Baca Juga:  10 Tema Windows Keren dan Ringan Gratis, Updated!

Akan tetapi ditekankan sekali lagi mengenai masalahnya yakni malah tidak bisa dibuka dvd ataupun cd romnya. Masalah ini sebenarnya sudah wajar muncul, dan dikarenakan jarang digunakan sehingga tidak pernah dibersihkan.

Debu dan kotoran yang menumpuk merupakan penyebab utama masalah ini. Nah, untuk mengatasi dvd rom ataupun cd rom yang tidak bisa dibuka sebenarnya sangat mudah. Anda tidak perlu membawa ke tukang service komputer, karena anda bisa memperbaiki sendiri.

Walaupun anda awam di bidang komputer dan teknologi, tetap bisa mengatasi dvd rom ataupun cd rom yang tidak bisa dibuka. Lebih jelasnya silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini!.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Membuka DVD ROM Dan CD ROM

  • Langkah pertama yang harus anda lakukan yaitu silahkan siapkan pinset ataupun peniti, yang memiliki ukuran kecil.peniti
  • Berikutnya pada laptop, perhatikan pada bagian dvd rom ataupun cd rom. Pasti disitu ada lubang kecil dimana berfungsi untuk membuka dvd rom dan cd rom yang tidak mau terbuka.lubang cd rom
  • Selanjutnya masukkan peniti pada lubang tersebut. Tekan secara perlahan, maka secara otomatis dvd rom ataupun cd romnya akan terbuka.
Baca Juga:  Cara Menghapus Virus Svchost Exe Yang Membuat Laptop Lemot

Baca Juga :

Kesimpulan

Jadi cuma seperti itu saja mengenai cara mengatasi dvd rom ataupun cd rom yang tidak bisa dibuka. Ketika sudah bisa terbuka, usahakan anda membersihkan seluruh bagiannya. Hal ini agar CD rom tersebut bersih dari debu dan kotoran. Apabila sudah anda bersihkan, maka kemungkinan macet ataupun tidak bisa dibuka kecil sekali.

Baca Juga:  2 Cara Burning File Ke CD/DVD Dengan Mudah & Cepat

Ketika membersihkannya, anda perlu berhati-hati juga, ingat jangan bersihkan di luar rumah atau terkena paparan sinar matahari langsung, dan jangan bersihkan apabila sedang hujan, karena perangkat elektronik rentan dengan air.

Jika memang cara di atas tidak bisa, Maka anda wajib membawanya ke toko servis komputer terdekat, dan jika teteap tidak bisa, anda bisa membeli dvd rom eksternal ataupun cd rom eksternal.

Perlu anda ketahui juga dalam beberapa kasus kenapa dvd rom ataupun cd rom tidak mau terdeteksi serta tidak mau terbuka dikarenakan driver yang bermasalah. Maka dari itu jangan lupa juga untuk mengecek driver pada komputer ataupun laptop anda secara berkala. Pastikan update driver terbaru.

Semoga bermanfaat untuk anda semua, jika ada yang kurang, anda bisa menuliskannya pada kolom komentar di akhir artikel, terima kasih!.

Bagikan:

Tags

Kayeols

Usaha dan Berdoa itu Sangat Penting, Berjuanglah Sekuat Tenaga, Niscaya Perjuanganmu akan membuahkan Hasil Yang Manis.

Tinggalkan komentar