6 Tips Merawat Keyboard Laptop Agar Awet & Tidak Mudah Rusak

Kayeols

3 Tips Merawat Keyboard Laptop Agar Awet & Tidak Mudah Rusak – Menjaga keyboard laptop agar tetap bagus dan tidak mudah rusak memang diinginkan oleh banyak orang. Namun akhir akhir ini masih sering ditemukan orang orang yang tidak bisa merawat keyboard laptop sehingga kebanyakan keyboard mereka jadi rusak dan tidak bisa dioperasionalkan.

Tentu saja jika sudah tidak bisa dioperasionalkan sangat menggangu sekali, apalagi keyboard  merupakan komponen paling penting pada laptop, jika keyboard rusak dan tidak berfungsi maka sama saja 100% laptop tidak ada fungsinya. dan tentu saja anda tidak ingin mengalami hal tersebut, apalagi jika ada deadline tugas yang harus dikerjakan ataupun hal lainya yang harus menggunakan fungsi keyboard, pasti akan kacau.

Maka dari itu jangan sampai terjadi hal tersebut dan anda harus memperhatikan cara cara agar laptop pada keyboard tidak mudah rusak. Mungkin anda ingin mengetahui tips dan trik agar keyboard tetap awet dan tidak mudah rusak?. berikut di bawah ini tips cara merawat keyboards laptop agar awet dan tidak mudah rusak.

Tips Merawat Keyboard Laptop Agar Awet & Tidak Cepat Rusak

1. Bersihkan Selalu Keyboard Laptop

Tips pertama agar keyboard anda tetap awet dan tidak mudah rusak yaitu selalu membersihkan keyboard pada laptop. Seperti kita ketahui saat ini masih banyak orang-orang yang menggunakan laptop akan tetapi malas untuk membersihkan keyboard. Hal tersebut dapat membuat debu menumpuk, dan yang paling fatal yaitu keyboard tidak berfungsi.

Baca Juga:  2 Cara Aktivasi Windows 10 Pro Offline Dan Online (Permanen)

Maka dari itu anda harus membersihkan keyboard laptop paling tidak yaitu 1 minggu sekali. Anda bisa membersihkan dengan kuas kecil atau jika punya mini vacuum cleaner khusus keyboard atau alat elektronik yang bisa anda beli di toko elektronik. Jika anda sudah membersihkan secara rutin, anda bisa menambahkan pelindung keyboards yang lentur dan fleksible agar keyboard tidak kotor.

2. Tips Merawat Keyboard Laptop – Jauhkan Dari Makanan & Minuman

jauhkan dari makanan dan minuman

Tips selanjutnya yaitu coba anda jauhkan keyboards laptop dari makanan dan minuman. Memang sangat nikmat sekali jika mengerjakan tugas atau sedang nonton film, dan didampingi dengan makanan cemilan yang mengandung minyak ataupun minuman bersoda atapun lainya. Hal tersebut sangatlah berbahaya sekali untuk laptop anda.

Baca Juga:  2 Cara Burning File Ke CD/DVD Dengan Mudah & Cepat

Maka dari itu anda harus menjauhkan hal tersebut pada keyboards anda. Hal tersebut untuk mengantisipasi, jika ada suatu minyak ataupun air yang tidak sengaja masuk ke dalam keyboards. Apabila sudah masuk tentu dapat membuat keyboards anda akan rusak dengan cepat. Seperti anda ketahui bahwa suatu barang elektronik tidak tahan sekali dengan namanya minyak dan air, maka harus menjauhkannya.

Baca Juga :

3. Jauhkan Dari Anak Kecil

Setelah menjauhkan dari makanan dan minuman, maka selanjutnya yaitu dengan cara menjauhkan dari anak kecil. Mungkin jika di rumah anda atau kawasan anda terdapat banyak anak kecil, maka jangan sampai anda meninggalkan laptop anda walaupun hanya sebentar. Seperti kita ketahui bahwa anak kecil memang sangat kepo sekali dengan hal baru.

Baca Juga:  √ 3 Cara Memberi Password Pada Folder Pada Laptop, Mudah Banget!

Misalnya saja ada laptop anda yang sedang nganggur serta nyala, pastinya secara otomatis akan datang untuk melihat-lihat laptop, setelah itu pasti akan memencet tombol-tombol yang terdapat pada keyboards. Biasanya kalau anak kecil akan menekan dengan keras dan asal-asalan. Hal tersebut dapat membuat keyboards menjadi cepat rusak dan tidak awet.

4. Jangan Menekan Terlalu Kencang

Dengan anda menekan keyboard terlalu kencang maka bisa menyebabkan keyboard laptop menjadi cepat rusak fleksibilitasnsya menurun. Ini dapat dihindari jika kalian menekan keyboard dengan normal dan tidak berlebihan

5. Gunakan Keyboard Eksternal

keyboard eksternal

Menurut saya, ini adalah jalan terbaik, karena dengan menggunakan keyboard eksternal, keyboard internal anda akan lebih tahan lama, karena tidak sering digunakan.

Apalagi jika anda menggunakannya untuk mengetik makalah dan skripsi yang sangat panjang, maka saya rasa penggunaan keyboard eksternal ini wajib, untuk menjaga keyboard internal tetap awet.

6. Gunakan Joystick Sendiri Khusus Untuk Bermain Game

Tujuannya disini untuk menjaga keyboard internal tetap terjaga. Caranya yakni dengan membeli joystick khusus untuk bermain game, seperti joystick playstation.

Dengan begini, penggunaan keyboard untuk gaming bisa diminimalkan. Para gamers, saya sarankan gunakan keyboard eksternal atau joystick khusus untuk main game ya!.

Itulah tips menjaga keyboard laptop agar tetap awet dan tidak mudah cepat rusak, semoga bermanfaat ya!. Jika ada masukan dan kritikan, anda bisa menuliskannya pada kolom komentar.

Bagikan:

Tags

Kayeols

Usaha dan Berdoa itu Sangat Penting, Berjuanglah Sekuat Tenaga, Niscaya Perjuanganmu akan membuahkan Hasil Yang Manis.

Tinggalkan komentar