6 Cara Mengatasi Tik Tok Gagal Memainkan, Terbukti Ampuh

Cara Mengatasi Tik Tok Gagal Memainkan, Terbukti Ampuh – Tik Tok atau juga dikenal dengan Douyin merupakan sebuah platform aplikasi video musik. Para penggunanya bebas menggunakan dan mengkreasikan video musik mereka. Jika dilihat-lihat pun pengguna aplikasi Tik Tok semakin bertambah banyak.

Mulai dari rakyat biasa, artis, bahkan pejabat negara pun banyak sekali memainkan Tik Tok. Banyak yang menganggap bahwa Tik Tok wajib banget diinstall dikarenakan asik untuk joget dan melepas penat. Seperti kita ketahui banyak sekali lagu yang viral gara gara aplikasi Tik Tok ini.

Untuk menjadi Tik Tokers, kita dapat melakukannya dengan mudah. Hanya sekedar memiliki gmail saja sudah cukup. Selain itu, apabila ingin membuat video pun kita juga diperkenankan secara bebas dan berkreasi sesukanya. Disamping kita bisa berkreasi di Tik Tok kita juga bisa memainkan video musik orang lain yang pokoknya keren-keren dan unik, bahkan ada yang lucu juga.

Walaupun menyedot kuota data, tapi tetap banyak orang yang bodo amat, yang penting mendapatkan hiburan. Akan tetapi akhir-akhir ini banyak sekali pengguna Tik Tok yang mengalami tidak bisa memainkan video yang ada Tik Tok. Tiba tiba berhenti saja dan tidak mau play, tentu saja hal seperti ini sangat mengganggu. Apalagi saat anda benar benar membutuhkan hiburan.

Namun kalian tidak perlu khawatir karena di bawah ini akan dijelaskan cara mengatasinya. Lebih jelasnya silahkan simak bacaan berikut ini!.

Cara Mengatasi Tik Tok Gagal Memainkan

1. Hapus Cache & Paksa Berhenti

Cara pertama untuk mengatasi permasalahan tersebut yakni silahkan untuk menghapus file cache aplikasi tik tok. File cache sendiri berupa file sementara yang terdapat di suatu aplikasi, apabila sudah menumpuk terlalu banyak maka dapat menyebabkan error ataupun bug. Maka dari itu silahkan bersihkan file cache dengan menghapusnya. Untuk caranya sendiri silahkan simak di bawah ini:

  • Masuk ke Pengaturan
  • Berikutnya masuk ke menu Aplikasi
  • Pilih aplikasi Terinstall
  • Selanjutnya pilih Tik Tok
  • Lalu scroll ke bawah
  • Pilih saja Hapus Cache & Paksa Berhenticlear cache tik tok
  • Ini merupakan cara simpel bagi anda yang tidak ingin uninstal aplikasi, tapi ingin merefresh aplikasi jadi seperti baru lagi.

2. Restart Smartphone

Cara selanjutnya yang bisa kalian coba yakni silahkan untuk restart smartphone. Jadi, apabila anda sudah menghapus file cachenya, maka tinggal restart ponsel kalian. Yang namanya restart, maka akan membersihkan dan restart segala-galanya, misalnya dari yang lemot menjadi cepat, sistem handphone jadi fresh, semua aplikasi latar belakang yang terbuka, setelah direstart maka hilang semua, dan yang error pun akan pulih juga.

3. Cara Mengatasi Tik Tok Gagal Memainkan Dengan Cek Sinyal

sinyal lemah

Mengecek sinyal juga merupakan salah satu langkah untuk mengetahui kira kira penyebab gagal memainkan video di Tik Tok. Karena bisa saja sinyal yang jelek lah menjadi biang utama kenapa gagal memainkan video di tik tok. Apabila benar karena sinyal, maka solusinya cukup ganti sinyal yang bagus dan lebih stabil, anda bisa menggunakan jaringan wifi. Karena jaringan wifi biasanya sinyal stabil dan kencang.

Baca Juga :

4. Hapus Data Aplikasi

Untuk point nomer 4 ini hapus data aplikasi. Jadi, jika pada poin pertama tadi hapus cache dan paksa henti, untuk poin ini anda coba hapus datanya. Berikut cara-caranya :

  • Masuk ke Pengaturan
  • Masuk ke menu Aplikasi
  • Pada aplikasi terinstal, cari dan klik Tik Tok.
  • Gulir ke bawah, nanti ada pilihan Hapus Cache, Paksa Berhenti dan Hapus Data, klik Hapus Data.

5. Gunakan Tik Tok Lite

tiktok lite

Nah, saya juga menemukan perbedaan kecepatan disini. Saat menggunakan aplikasi tik tok biasa, agak lemot karena memakan banyak kuota, sedangkan saat menggunakan aplikasi tik tok lite, lebih mudah digunakan dan video bisa diputar dengan cepat. Seperti halnya facebook, saat menggunakan facebook biasa, maka akan terasa lemot, sedangkan menggunakan facebook lite sangat lemot.

6. Update Aplikasi

Memang beberapa aplikasi tidak bisa digunakan saat ada versi barunya. Mungkin tiktok tidak bisa digunakan pada saat update, jadi sebaiknya anda update aplikasi tik tok ke versi terbarunya. Jadi, jika saat ada pembaruan dan ternyata anda tidak memperbaruinya, jangan salahkan jika aplikasi tersebut error dan lag.

Jadi, periksa terlebih dahulu aplikasinya error atau tidak, ada pembaruan, dan semacamnya. Jika teliti, pasti anda mengetahui penyebabnya, hehehe. Oke, mungkin itu saja cara mengatasi tik tok gagal memainkan. Jika ada pertanyaan atau ada yang kurang, anda bisa memasukkannya di kolom komentar di bawah. Sekian, terima kasih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *