Headset Tidak Terdeteksi Di Hp?, Ini 9 Cara Mengatasinya

Kayeols

Headset Tidak Terdeteksi Di Hp?, Ini 9 Cara Mengatasinya – Headset merupakan sebuah perangkat elektronik yang berfungsi untuk menyalurkan suara dari suatu perangkat menuju si pendengar. Di sini sumber suara berasal dari perangkat hp, kemudian akan disalurkan melalui perantara headset dan akan diterima telinga pendengar. Selain sebagai alat penyalur suara, headset juga dapat menjadi mikrofon yang baik.

Headset ini seringkali digunakan ketika seseorang tengah bermain game, walaupun bisa juga digunakan ketika mendengarkan musik. Headset ini bisa digunakan hampir pada seluruh perangkat elektronik seperti laptop, smartphone, radio dan lainnya. Namun, headset ini cenderung digunakan pada laptop dan smartphone, untuk menunjang kegiatan dari kedua perangkat ini.

Walaupun terkesan sederhana, perangkat ini juga tidak luput dari masalah. Permasalahan yang sering dihadapi oleh perangkat ini yaitu headset tidak terdeteksi oleh perangkat laptop atau pun smartphone. Hal ini terjadi ketika anda menyambungkan headset ke laptop, namun tiba – tiba tidak terdengar suara.

Ya, meskipun terdengar cukup serius, permasalahan seperti ini tetap saja ada solusinya. Masalah ini bisa saja penyebabnya bersumber dari headsetnya atau pun dari sumber suara entah itu laptop atau pun smartphone. Apabila anda sekarang memiliki masalah headset yang tidak terdeteksi di hp, berikut beberapa solusinya.

Headset Tidak Terdeteksi Di Hp, Berikut Solusinya

1. Pastikan Headset Tidak Rusak

Cara pertama yang bisa anda lakukan ketika headset tidak terdeteksi di hp adalah dengan memastikan bahwa headset anda tidak rusak.

Baca Juga:  Cara Top Up OVO Lewat ATM Mandiri, Mandiri Online, & Mandiri Internet

Kerusakan pada perangkat headset entah itu dibagian mana, kemungkinan besar yang menyebabkan headset tidak terdeteksi. Kerusakan bisa berada di konektor atau bagian komponen. Lalu, bagaimana cara mengecek apakah headset mengalami kerusakan atau tidak?.

Cara paling mudah adalah dengan mencoba menyambungkan 1 headset ke beberapa perangkat hp secara bergantian. Contoh anda menyambungkan headset ke hp pertama, dan hasilnya headset tidak terdeteksi. Sedangkan ketika disambungkan ke hp kedua ternyata juga tidak terdeteksi. Maka dapat disimpulkan kalau headset yang anda miliki rusak.

2. Mengganti Jack Audio

jack audio

Di dalam headset terdapat komponen yang memiliki sifat yang elastis, komponen tersebut adalah Jack audio. Audio Jack ini terletak di bagian konektor atau penghubung, sehingga apabila ada masalah pada konektor otomatis headset tidak akan terdeteksi oleh perangkat apapun entah itu laptop atau hp. Apabila ada terjadi kesalahan pada Jack audio bagaimana cara mengatasinya?.

Apabila penyebab tidak terdeteksi headset di hp adalah Jack audio, maka solusinya adalah menggantinya. Sebab Jack audio lama sudah tidak memiliki sensor yang baik. Dengan menggantinya, maka kemungkinan Jack audio akan kembali memiliki sensor yang baik.

Untuk menggantinya anda bisa membawanya ke jasa service, jika anda memiliki kemampuan memperbaikinya, coba perbaiki sendiri di rumah.

Baca Juga:  2 Cara Mengetahui Nomor Model iPhone dan Nomor Seri

3. Membersihkan Lubang Jack Audio

Setelah mengatasi Jack audio pada headset yang bermasalah, ada juga solusi dari headset yang tidak bisa terdeteksi di hp. Solusinya adalah dengan membersihkan lubang Jack audio pada hp.

Ya, bisa jadi masalah ini disebabkan oleh kotoran yang menumpuk, sehingga aliran listrik tidak berjalan dengan baik. Untuk itu solusinya hanyalah membersihkannya hingga benar – benar bersih dari debu yang menempel.

Untuk membersihkannya anda bisa menggunakan cotton bad. Lalu, bagaimana cara melakukannya. Caranya sangat mudah, pastikan hp dalam keadaan mati. Lalu, silakan anda berikan Jack audio headset atau pun cotton bad dengan alkohol. Terakhir usap – usap pada lubang Jack audio pada hp anda. Lakukan cara ini hingga benar – benar bersih.

Baca Juga :

4. Cek Dengan Menggnakann Perangkat Lain

Anda juga bisa mengecek rusak atau tidak menggunakan perangkat lain. Artinya, jika anda tidak bisa menggunakan headset di perangkat A, anda bisa mengeceknya dengan menggunakan perangkat B. Ini memastikan headset anda rusak atau tidak.

Jika memang rusak, anda bisa membeli headset yang baru, dan ternyata jika perangkat B bisa menggunkan headset dan perankat A tidak, maka perangkat A yang rusak.

5. Cek Menggunakan Aplikasi SoundsAbout

Anda juga bisa mengecek pengaturan Headset melalui aplikasi SoundsAbout. Pengaturan headset tidak bisa ditemukan pada setiap Smartphone Android. Maka dari itu aplikasi ini bisa membantu anda untuk mengatasi error pada headset. Berikut cara menggunakannya :

  • Silakan instal terlebih dahulu aplikasi SoundsAbout.
  • Buka aplikasinya jika sudah terinstal.
  • Masuk ke menu Connectable Device, lalu buka Wired Headset Settings.soundabout
  • Aktifkan opsi Wired Headset Detection.
Baca Juga:  Nada Dering Al Hijrotu Tiktok Untuk WA Android dan iPhone

Di pengaturan wired detection ini, nanti headset kabel (bukan Bluetooth) yang tidak terdeteksi bisa normal kembali.

Bagi anda yang belum tahu cara kerjanya, sewaktu headset disambung, seharusnya port membaca bahwa ada perangkat yang masuk.

6. Unroot Perangkat Android

unroot android

Anda juga bisa melakukan unroot pada handphone android anda jika setelah melakukan unroot, handphone anda malah error, salah satunya tidak bisa mendeteksi headset yang masuk.

Unroot menggunakan aplikasi root yang anda gunakan, setelah unroot, coba masukkan kembali headset anda, dan tes.

7. Cek Dengan Aplikasi  Lesser AudioSwitch

Aplikasi Lesser AudioSwitch hampir mirip dengan soundsabout, yang berfungsi untuk mengetahui hp sudah terhubung dengan headset atau masuh dengan speaker.

Anda bisa dengan mudah mengetahui headset sudah terdeteksi atau belum pada hp android dengan melihat pada layar bar.

8. Reset Handphone

Jika masih belum bisa, anda bisa melakukan reset atau pengaturan pabrik pada handphone android anda. Ini untuk mengembalikan semua pengaturan awal handphone ke pengaturan awal saat kita membeli handphone android tersebut.

9. Pergi Ke Tukang Servis

Jalan terakhir yang bisa anda lakukan yakni dengan mengantarnya ke tukang servis untuk mendeteksi apakah yang rusak adalah handphone atau headsetnya.

Jangan lakukan sendiri di rumah jika anda tidak memiliki skill servis handphone, karena nantinya justru akan rusak, antarkan saja pada ahlinya.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi headset yang tidak terdeteksi di hp yang bisa anda lakukan. Semoga bermanfaat dan bisa mengatasi keluhan anda semua, sekian, dan terima kasih.

Bagikan:

Tags

Kayeols

Usaha dan Berdoa itu Sangat Penting, Berjuanglah Sekuat Tenaga, Niscaya Perjuanganmu akan membuahkan Hasil Yang Manis.

Tinggalkan komentar