Cara Mengetik Dengan 10 Jari Yang Harus Anda Pelajari!!!

Kayeols

Cara Mengetik Dengan 10 Jari Yang Harus Anda Pelajari!!! – Kecepatan merupakan hal yang paling utama di masa sekarang, entah dari pola pikir internet maupun yang lainnya, tak terkecuali dengan kecepatan mengetik seseorang.

Di era modern ini banyak orang yang membutuhkan penulis atau “tukang ngetik” sebagai salah satu acuan dalam memilih seorang pekerja. Semakin cepat dan akurat ia mengerjakan ketikanya maka pekerjaan yang ia lakukan akan semakin cepat selesai.

Bagi pemula, mengetik menggunakan 10 jari yang berirama sangatlah susah dilakukan, banyak yang menggunakan hanya 2 jari atau bahkan satu jari dalam mengetik sebuah tulisan. Meskipun bisa namun hal tersebut kurang efektif kalau dilakukkan secara berkala, karena  jari tangan seseorang yang bergerak hanya salah satu jari saja.

Pertanyaanya, bagaimana cara memanfaatkan semua jari seseorang untuk melakukan pengetikan?. Ada banyak cara mengoptimalkan semua jari tangan manusia. Hal itu bertujuan agar semua jari bisa difungsikan bersama. Kecepatan dan keakuratan pengetikan mejadi pokok bahasan kali ini, sehingga mampu meminimalisir kemumkinan kesalahan pada saat melakukan pengetikan.

Sebelum seseorang melakukan pengetikan Anda perlu mengetahui teknik dasar dari pengetikan itu sendiri, dan yang kami maksudkan  ini adalah teknik dalam mengetik. Untuk lebih jelasnya, kami sudah merangkumnya dalam tata cara mengetik yang baik dan benar di bawah ini.

Dalam mempraktekkan cara mengetik menggunakan 10 jari, kurangi terlebih dahulu kebiasaan buruk dalam mengetik, yaitu mengetik dengan mengandalkan salah satu jari saja. Umumnya, kebiasan buruk tersebut timbul pada saat seseorang baru pertama kali mengetik dan terbawa hingga ia terbiasa. Untuk itu kami akan sedikit menginformasikan tata cara mengetik secara benar dan mudah.

Cara Mengetik Dengan 10 Jari Yang Harus Anda Pelajari!!!

A. Tata Cara Mengetik Yang Baik Dan Benar

Untuk mengetahui cara mengetik yang baik dan benar, seseorang perlu mengingat 3 aspek dasar yang ada dalam mengetik yaitu, posisi, penempatan, dan pelatihan. Ketiga hal tersebut akan memberikan penerapan yang benar dalam mengetik. Berikut ulasan lengkapnya.

Baca Juga:  6 Cara Merawat Earphone Agar Tidak Cepat Rusak

1. Posisi Duduk Saat Mengetik

posisi duduk saat menggunakan komputer

Meskipun tidak ada hubunganya dengan cara mengetik, namun posisi duduk masuk dalam aspek dasar yang harus di ingat seseorang. Posisi duduk yang benar akan sangat berpengaruh dengan performa seseorang saat melakukan pengetikan.

Secara teknik dan kesehatan, posisi duduk yang benar adalah seperti saat seseorang sedang duduk dibangku kelas pada saat pelajaran di mulai. Dengan hal tersebut akan meminimalisir terjadinya pegal-pegal pada tulang belakang seseorang, apalagi hal tersebut di lakukan dalam jangka waktu yang lama.

2. Penempatan Jari Pada Keyboard Laptop/Komputer

Suatu hal yang vital dalam dunia pengetikan adalah penempatan jari pada keyboard seseorang. Jika seseorang hanya  melakukan pengetikan dengan 2 jari maka hal itu kurang optimal untuk di lakukan. Penempatan jari pada keyboard adalah hal dasar yang harus diketahui setiap orang, baik yang sudah ahli dalam mengetik maupun seorang pemula.

Oleh sebab itu, kami akan memberikan informasi tentang penempatan posisi jari yang benar dalam teknik mengetik.

  • Penempatan Jari Kiri
    • Ibu jari : Spacebar
    • Jari telunjuk : R, F, V, T, G, B, dan angka 4, 5
    • Jari tengah : E, D, C, dan angka 3
    • Jari manis : W, S, X, serta angka 2
    • Jari Kelingking : Sisa tombol keyboard pada bagian kiri, yaitu Q, A, Z, dan angka 1, Tab, Fn,  Caps Lock, Shift, Ctrl, Windows, dan Alt.
  • Posisi jari kanan
    • Ibu jari : Spacebar
    • Jari telunjuk : Y, H, N, U, J, M, dan angka 6, 7
    • Jari tengah : I, K, tanda koma (,) simbol lebih kecil (<), dan angka 8
    • Jari mani s: O, L, tanda titik (.), kurung buka ( ( ), simbol lebih besar (>), Alt, angka 9
    • Jari kelingking : Sisa tombol keyboard pada bagian kanan, yaitu P, tanda tanya (?), garis miring (?), Backspace, Enter, Shift, CTRL, angka 0, dan lain-lain.
Baca Juga:  Cara Menarik Uang dari Paypal ke Bank Lokal Tanpa Kartu Kredit

Semua penempatan di atas, pada intinya jari kanan maupun kiri tidak saling bersilang posisi, dan setiap jari sudah mempunyai garis wilayah masing-masing.

Sebagai catatan kesalahan awal pemula dalam mengetik ialah, ia selalu mengandalkan jari telunjuk pada saat mengetik, serta mempelebar jarak antar jari. Kurangilah hal tersebut untuk hal yang lebih baik di lain hari.

Baca Juga :

3. Latihan Menggunakan Teks Penguji Mengetik 10 jari

latihan mengetik dengan 10 jari

Setelah kita mengetahui tentang penempatan duduk dan menentukan posisi jari pada keyboard yang benar, maka tahap selanjutnya adalah memulai latihan menguji akurasi dan ketepatan dalam memposisikan jari pada keyboard. Ada sebuah contoh teks yang biasa di gunakan oleh seseorang untuk uji coba ketepatan seseorang dalam mengetik. Berikut contoh teks tersebut.

  • The quick browns fox jum over the lazy dog
  • Blowzy red vixens fight for a quick jump
  • THE QUICK BROWNS FOX JUM OVER THE LAZY DOG
  • BLOWZY RED VIXENS FIGHT FOR A QUICK JUMP
  • The Quick Browns Fox Jum Over The Lazy Dog
  • Blowzy Red Vixens Fight For A Quick Jump
  • tHE qUICK bROWNS fOX jUM oVER tHE lAZY dOG
  • bLOWZY rED vIXENS fIGHT fOR a qUICK jUMP
Baca Juga:  5 Tips Belajar Matematika Yang Efektif Dan Praktis

Itulah kalimat yang biasa digunakan untuk mengukur akurasi jari pada keyboard pada saat Anda melakukan pengetikan. Hal tersebut biasa di ukur dengan ketepatan dan durasi waktu mengetik satu kalimat.

Jika Anda merasa kesusahan dengan cara di atas, kami juga merekomendasikan beberapa aplikasi yang dapat membantu pengguna dalam proses belajar mengetik yang baik dan benar. Ada dua aplikasi yang kami gunakan sebagai pelatihan, yaitu TypeRacer dan 10fastfinger, untuk informasi lengkapnya, silahkan lihat di bawah ini.

B. Cara Mengetik Dengan 10 Jari Dengan Aplikasi Belajar Mengetik 10 Jari

1. 10fastfinger

Aplikasi pertama ini memungkinkan pengguna melatih skill Anda dalam 2 tahap, yaitu tes mengetik biasa dan kompetisi mengetik se-Indonesia atau negara lainya. Pengguna bisa melatih ketepatan dan keakuratan dalam mengetik menggunakan aplikasi ini, di samping tampilan yang baik, kecepatan data juga disesuaikan dengan kecepatan mengetik jari Anda, menarik bukan?.

2. TypeRacer

typeracer

Selanjutnya terdapat aplikasi mainan mobil, selain lucu aplikasi ini juga sangat kami sarankan untuk Anda gunakan. Di dalam aplikasi, akan ada sebuah mobil yang akan bergerak seiring dengan ketikan yang Anda lakukan.

Tidak hanya itu saja, pengguna juga diberikan soal berupa lirik lagu yang harus kalian ketik ulang, hal ini di tujukan untuk melatih ketepatan dan kecepatan pengetik. Siapa yang paling cepat menyelesaikan, maka dialah yang jadi juaranya.

Itulah cara mengetik 10 jari yang benar untuk di lakukan. Mulai dari posisi duduk, penempatan jari dan latihan secara berkala merupakan hal dasar yang perlu Anda lakukan agar seseorag bisa lebih cepat dalam mengetik, akurat, dan terlihat profesional dalam bekerja.  Sekian dan semoga bermanfaat.

Bagikan:

Tags

Kayeols

Usaha dan Berdoa itu Sangat Penting, Berjuanglah Sekuat Tenaga, Niscaya Perjuanganmu akan membuahkan Hasil Yang Manis.

3 pemikiran pada “Cara Mengetik Dengan 10 Jari Yang Harus Anda Pelajari!!!”

  1. Memang harus dibiasakan, hindari kebiasaan buruk mengetik dengan 2 jari.
    Selain lama juga tidak efisien

Tinggalkan komentar