Cara Menjalankan Aplikasi 64 Bit Di 32 Bit, Terbukti Ampuh!

Cara Menjalankan Aplikasi 64 Bit Di 32 Bit, Terbukti Ampuh! – Pernah mengalami install software tapi tidak berhasil dan ada pesan error yang ternyata setelah diselidiki permasalahannya ada pada perbedaan bit, bisa jadi software yang kamu instal basisnya 64 bit namun windows yang kamu pakai ternyata basisnya 32 bit atau sebaliknya.

Dari kasus ini perlu kamu ketahui bahwa pada dasarnya jika ada perbedaan bit maka software atau program yang akan di instal tidak akan berhasil.

Nah, pertanyaan apakah ada solusi untuk masalah ini agar dapat menjalankan aplikasi pada windows 64 bit di 32 bit atau sebaliknya.

Jika pertanyaanya seperti itu maka jawabannya ada. Kamu bisa menggunakan beberapa cara untuk permasalahan ini diantaranya kamu bisa memakai emulator. Berikut simak panduannya.

Cara Menjalankan Software 64 Bit Pada 32 Bit

Sudah saya singgung di atas bahwa kamu bisa menggunakan beberapa cara atau solusi untuk menginstall software 64 bit di windows yang berbasis 32 bit. Cara cara tersebut yang diantaraya:

  • Download software sesuai dengan bitnya
  • Install ulang windows
  • Menjalankan menggunakan emulator
  • Setting pada settingan windows

Oke, ada 4 solusi yang memang benar-benar bisa kamu coba. Berikut penjelasan lebih lengkapnya:

1. Download Software Sesuai Dengan Bit-nya

bit 32 dan 64

Oke, cara pertama yang bisa kamu gunakan dan benar-benar memberikan solusi yakni kamu bisa mendownload ulang software yang ingin kamu install dengan menyesuaikan bit windows yang kamu gunakan.

Walaupun mungkin cara ini bisa tergolong lama apa lagi yang file programnya sampai bergiga-giga tapi dengan cara ini pasti kamu bisa menemukan solusi yang benar-benar memberikan solusi.

Karena pada dasarnya setiap program pasti sudah disedikana untuk versi bit nya masing-masing. Misal yang menggunakan windows 7,8,10 dengan bit 32 ya download program nya yang spport untuk di bit 32 jangan malah yang 64.

2. Instal Ulang Windows

Untuk cara selanjutnya yang benar benar memberikan solusi dan bisa saya jamin yakni dengan cara instal ulang windows.

Cara ini mungkin bisa dibilang tambah repot dan menyebalkan, tapi jika memang program yang kamu download benar-benar tidak ada untuk versi bit yang kamu instal ya mau tidak mau harus instal ulang sistem operasi.

Misalkan kasusnya kamu membeli program dengan harga 100$, ternyata setelah membeli program tersebut kamu baru jika programnya tidak bisa jalan di windows yang bit nya 64, jadi hanya bisa di 32 bit dan pihak develop tidak membuat untuk versi 64 bitnya.

Jika kasusnya seperti itu mau tidak mau kamu harus instal ualng windows dan menyamakan bitnya. Dengan begitu kamu bisa menjalankan aplikasinya.

3. Menjalankan Menggunakan Emulator

Cara yang ketiga kamu bisa menggunakan emulator. Jadi fungsi emulator ini sebagai program yang bisa menjalankan windows dalam windows.

Loh terus gimana itu?, ya intinya nanti kamu menginstal lagi windows di dalam emualtor ini. Setelah nanti windowsnya terinstal, kemudian kamu bisa install software yang tidak bisa kamu instal. Pastikan perhatikan 64 bit atau 32 bit ya.

Baca Juga :

4. Setting Pada Windows

Cara yang terakhir kamu bisa menyeting pada menu setting yang ada pada laptop atau komputer mu. Untuk cara yang ini saya tidak bisa menjamin berhasil atau tidak. Yang pasti tidak ada salahnya untuk mencoba.

  • Pertama buka menu windows dan cari Windows Feature di kolom komentar
  • Setelah itu akan muncul control panel bagian Turn windows feature On or OFF kemudian klikcara menjalankan aplikasi 64 bit di 32 bit Turn windows feature On or OFF
  • Selanjutnya kamu bisa cari opsi Internet Information Service (IIS) dan klik ok
  • Tunggu prosesnya sampai selesai
  • Seteleh selesai kemudian cari lagi di pencarian Internet Information Service (IIS) dan klik
  • Kemudian pada menu di samping kiri akan ada nama komputer mu, setelah itu klik menu drop down dengan cara klik anak panah yang ada di sampingnya
  • Setelah itu klik Application Pools dan setelah itu klik kanan pada DefaultAppPoolsdefault app pools
  • Selanjutnya pilih Advanced Setting 
  • Setelah klik advanced setting maka akan muncul menu setting lagi, kemudian ganti opsi dari False ke True pada menu Enable 32-Bit Application dan klik OKEnable 32 Bit Application
  • Setelah itu restat komputer
  • Selesai

Itu tadi cara menjalankan aplikasi 32 bit pada windows 64 bit atau sebaliknya. Sedikit rumit juga caranya tapi patut kamu coba, karena tidak perlu install ulang windows atau download ulang programnya.

Itulah tadi beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk memberikan solusi agar kamu tetap bisa menjalankan software walaupun beda bitnya. Misalkan software 64 bit dijalakan pada windows 32 bit.

Dari beberapa cara di atas, saya sarankan kamu untuk menggunan cara nomor 1 & 2. Karena dengan cara nomor 1 dan 2 sudah pasti bisa meberikan solusi.

Tapi perlu diingat kembali, jika ingin install ulang windows silahkan perhatikan dulu hardware yang digunakan dan pikirkan untuk kedepannya juga, misal salah satunya dari segi software, jadi tidak sembarangan install ulang windowsnya.

Itu saja pembahasan artikel pada kali ini, semoga bermanfaat dan jangan lupa baca artikel lainnya juga. Terima kasih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *